Tips Bermain Valorant yang Bisa Meningkatkan Skill dan Rank Anda

Halo sobat Diringkas! Apakah Anda salah satu penggemar game FPS (First Person Shooter) yang sedang hype saat ini, yaitu Valorant? Jika iya, maka artikel ini cocok untuk Anda. Karena di sini kami akan memberikan beberapa tips bermain Valorant yang bisa meningkatkan skill dan rank Anda di game ini.

Apa itu Valorant?

Valorant adalah game FPS yang dikembangkan oleh Riot Games, yang juga terkenal dengan game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) mereka, yaitu League of Legends, berikut adalah website resminya VALORANT: game tembak-menembak taktis berbasis karakter 5v5 yang kompetitif dari Riot Games (playvalorant.com). Valorant menggabungkan unsur-unsur FPS klasik seperti Counter Strike dengan unsur-unsur hero shooter seperti Overwatch. Dalam Valorant, Anda bisa memilih salah satu dari 16 karakter yang disebut agent, yang memiliki kemampuan unik yang bisa membantu tim Anda dalam pertempuran.

Valorant memiliki mode permainan utama yang disebut unrated, di mana Anda bisa bermain dengan 9 pemain lain secara acak dalam pertandingan 5 vs 5. Tujuan dari mode ini adalah untuk menanam atau menonaktifkan spike, yaitu sebuah benda yang bisa meledak dan menghancurkan situs A atau B. Tim yang menanam spike disebut attacker, sedangkan tim yang menonaktifkan spike disebut defender. Setiap pertandingan terdiri dari 24 ronde, dan tim yang menang adalah tim yang berhasil memenangkan 13 ronde terlebih dahulu.

Selain mode unrated, Valorant juga memiliki mode permainan lain yang disebut competitive, di mana Anda bisa bermain dengan pemain lain yang memiliki rank yang sama atau berdekatan dengan Anda. Rank di Valorant ada 9 tingkatan, yaitu Iron, Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, Ascendand, Immortal, dan Radiant. Untuk bisa bermain di mode competitive, Anda harus terlebih dahulu memiliki level setidaknya 20. Rank Anda bisa naik atau turun setiap kali Anda menang atau kalah di mode competitive.

Nah, bagi Anda yang ingin meningkatkan skill dan rank Anda di Valorant, berikut adalah beberapa tips bermain Valorant yang bisa kami bagikan:

1. Pilih agent yang sesuai dengan gaya bermain dan peran Anda

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Valorant memiliki 16 agent yang memiliki kemampuan unik. Agent-agent ini dibagi menjadi 4 kategori, yaitu Duelist, Initiator, Controller, dan Sentinel. Duelist adalah agent yang bertugas untuk membuka jalan dan mengeliminasi musuh dengan kemampuan ofensif mereka. Contoh agent Duelist adalah Jett, Reyna, Phoenix, Raze, dan Yoru. Initiator adalah agent yang bertugas untuk menciptakan peluang dan mengganggu musuh dengan kemampuan utilitas mereka. Contoh agent Initiator adalah Sova, Breach, Skye, dan Kay/O. Controller adalah agent yang bertugas untuk mengontrol area dan memotong visi musuh dengan kemampuan asap dan dinding mereka. Contoh agent Controller adalah Omen, Brimstone, Viper, dan Astra. Sentinel adalah agent yang bertugas untuk melindungi situs dan tim mereka dengan kemampuan defensif dan penyembuhan mereka. Contoh agent Sentinel adalah Sage, Cypher, Killjoy, dan KAY/O.

Pilihlah agent yang sesuai dengan gaya bermain dan peran Anda di tim. Jika Anda suka bermain agresif dan mencari kill, maka Duelist mungkin cocok untuk Anda. Jika Anda suka bermain strategis dan mendukung tim Anda dengan informasi dan utilitas, maka Initiator atau Controller mungkin cocok untuk Anda. Jika Anda suka bermain pasif dan menjaga situs atau tim Anda dari serangan musuh, maka Sentinel mungkin cocok untuk Anda.

2. Pelajari cara menggunakan kemampuan agent Anda dengan efektif

Setiap agent memiliki 4 kemampuan unik yang bisa digunakan dalam pertempuran. Kemampuan ini biasanya membutuhkan credit (uang) untuk dibeli di awal ronde atau setelah mati. Kemampuan ini juga memiliki cooldown (waktu tunggu) yang berbeda-beda. Ada kemampuan yang bisa digunakan setiap ronde, ada yang harus menunggu beberapa ronde, dan ada yang harus mengisi meteran dengan mendapatkan kill atau assist.

Pelajarilah cara menggunakan kemampuan agent Anda dengan efektif. Jangan hanya mengandalkan senjata Anda, karena kemampuan agent Anda bisa membuat perbedaan besar dalam pertempuran. Misalnya, jika Anda bermain sebagai Sova, Anda bisa menggunakan kemampuan Shock Bolt untuk memberikan damage kepada musuh yang bersembunyi di belakang tembok atau kotak. Anda juga bisa menggunakan kemampuan Recon Bolt untuk mengungkap posisi musuh yang berada di dekat Anda. Anda juga bisa menggunakan kemampuan Drone untuk memeriksa area yang berbahaya tanpa harus mengekspos diri Anda. Dan Anda juga bisa menggunakan kemampuan Hunter’s Fury untuk menembakkan 3 tembakan laser yang bisa menembus tembok dan mengenai musuh yang berada di jarak jauh.

3. Latihlah aim dan recoil control Anda

Aim dan recoil control adalah dua hal penting yang harus Anda kuasai jika ingin bermain Valorant dengan baik. Aim adalah kemampuan untuk menargetkan dan menembak musuh dengan akurat. Recoil control adalah kemampuan untuk mengontrol gerakan senjata Anda saat menembak, karena setiap senjata memiliki pola recoil (lonjakan) yang berbeda-beda.

Latihlah aim dan recoil control Anda dengan sering bermain di mode practice atau deathmatch. Di mode practice, Anda bisa berlatih menembak target-target yang muncul secara acak dengan berbagai senjata. Di mode deathmatch, Anda bisa berlatih menembak pemain lain tanpa harus khawatir tentang spike atau tim. Cobalah untuk selalu menargetkan kepala musuh, karena itu adalah cara tercepat untuk mengeliminasi mereka. Juga cobalah untuk mengontrol recoil senjata Anda dengan menyesuaikan gerakan mouse Anda saat menembak.

4. Komunikasikan dengan tim Anda

Valorant adalah game tim, bukan game solo. Oleh karena itu, komunikasi dengan tim Anda adalah hal yang sangat penting untuk memenangkan pertandingan. Komunikasi dengan tim Anda bisa membantu Anda untuk memberikan atau mendapatkan informasi tentang posisi musuh, strategi tim, atau hal-hal lain yang berguna.

Komunikasikan dengan tim Anda dengan menggunakan voice chat atau chat teks. Jika Anda menggunakan voice chat, pastikan Anda memiliki mikrofon yang bagus dan jelas. Jika Anda menggunakan chat teks, pastikan Anda mengetik dengan cepat dan singkat. Gunakan bahasa yang sopan dan jelas, dan hindari kata-kata kasar atau toxic (menyebalkan). Juga gunakan ping (tanda) untuk menandai area atau objek tertentu di peta.

5. Pelajari peta-peta dan sudut-sudut di Valorant

Valorant memiliki 9 peta yang bisa dimainkan, yaitu Bind, Pearl, Lotus, Haven, Split, Ascent, Icebox, Breeze, dan Fracture. Setiap peta memiliki desain dan fitur yang unik, seperti teleporter, pintu, tali, lubang udara, dll. Setiap peta juga memiliki banyak sudut-sudut yang bisa digunakan untuk bersembunyi atau mengintai musuh.

Pelajarilah peta-peta dan sudut-sudut di Valorant dengan sering bermain di mode unrated atau custom. Cobalah untuk menghafal nama-nama area atau lokasi di setiap peta, seperti A short, B long, mid window, elbow, hookah, garden, dll. Ini akan memudahkan Anda untuk memberikan atau mendapatkan informasi tentang posisi musuh atau teman. Cobalah juga untuk mencari sudut-sudut yang bagus untuk bersembunyi atau mengintai musuh, seperti di belakang kotak, di atas tembok, di bawah jembatan, dll. Ini akan memberikan Anda keuntungan dalam pertempuran.

Secara umum ada beberapa Callout yang perlu dihafalkan yang selalu ada di setiap map, berikut adalah Callout umum yang ada di setiap map:

  • A,B,C Site
  • (Site) Short: Rute pendek untuk menuju ke site.
  • (Site) Long: Rute panjang untuk menuju ke site.
  • (Site) Main: Area terdekat dari sisi attacker menuju site.
  • Mid: Bagian tengah dari map.
  • Heaven: Mengacu pada artian surga, heaven selalu dikaitkan dengan posisi teratas pada setiap lokasi di sebuah site.
  • Hell: Berlawanan dengan heaven, hell adalah di bawah heaven.
  • CT/Tero: CT adalah tempat spawn defender, Tero adalah tempat spawn penyerang. Kenapa di sebut CT dan Tero? Istilah ini dibawa oleh pemain CS(Counter Strike) untuk memudahkan komunikasi seperti biasanya.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips bermain Valorant yang bisa kami bagikan kepada sobat Diringkas. Semoga tips-tips ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan skill dan rank Anda di game ini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau feedback tentang artikel ini, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Kami akan senang mendengar pendapat

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
วิธีเล่นพนันบอล
วิธีเล่นพนันบอล
7 months ago

This is my first time pay a quick visit at here and i am really happy to read everthing at one place