fbpx

Top 10 Kesalahan Pemula Saat Bermain Valorant

Valorant, game First Person Shooter yang sedang ramai dimainkan oleh para gamers pecinta game tembak-tembakan. Game FPS 1 ini membutuhkan strategi tim untuk bisa memenangkan setiap pertandingannya, disini saya akan membagikan top 10 kesalahan yang dilakukan oleh pemain valorant entah itu pemula ataupun yang ada di rank bawah(low elo).

Kesalahan Umum Pemain Valorant Pemula(Low -Elo/Low Rank)

1. Kurang memberikan map pressure

Kesalahan umum yang pertama adalah kurang memberikan tekanan kepada musuh perihal map, contohnya seperti.

Saat posisi menyerang, memberikan ruang yang besar bagi musuh untuk melakukan rotasi dengan cepat. Hal ini bisa dirasakan karena para pemain pemula tidak menyadari bahwa musuh juga melakukan komunikasi, setiap langkah kaki, menjatuhkan spike, menggunakan skill, musuh akan merespon apa yang kalian lakukan, sehingga musuh seperti sudah stack 5 di satu site, padahal aslinya mereka rotasi dari site lain lho.

Cara mengatasinya bisa menggunakan berbagai metode, contohnya seperti memberikan musuh impresi bahwa posisi kalian menyebar, dan menembak dari berbagai sisi, hal ini dapat membuat defender agak kesulitan melakukan rotasi.

Saat posisi bertahan, manfaatkan ruang yang diberikan penyerang saat mereka melakukan penetrasi ke salah satu site, yang perlu ada di mindset kita adalah, jika mereka menggunakan kekuatannya di 1 site maka bagian map dibelakang dan sekitarnya akan bisa dimanfaatkan, untuk berjaga-jaga, ketika mungkin saja mereka akan mundur dan melakukan rotasi, disitu kamu sudah bersiap dan bisa menggagalkan rotasi mereka. Hal itu dapat membuat penyerang berfikir bahwa mereka terjebak.

2. Terlalu lama diam di satu tempat

Disini yang saya maksudkan adalah terlalu lama diam di satu spot bersama tim, hal ini sangat sering terjadi karena biasanya gak ada yang berani maju. Apalagi kalau diam di spot sperti hooka di bind atau b main dan a main ascent terlalu lama, dapat memberikan waktu kepada musuh untuk melakukan rotasi, lagi-lagi seperti melawan 5 vs 5 di satu site.

Manfaatkan posisi sebagai penyerang dan mempunyai mindset bahwa musuh yang ada di site paling cuman 2 atau 3 kok, jadi dengan mindset tersebut penyerang memiliki peluang menang lebih banyak untuk masuk site dengan 5 orang.

Salah satu cara mengatasi terlalu lama diam di satu tempat adalah inisiasi diri sendiri untuk maju, atau komunikasi ke duelist untuk entry ke site. Saat push bersama harus pede ya guys, kadang walaupun pushnya ngaco tapi bisa berhasil kalau dibumbui dengan percaya diri!

Atau alternatifnya misal susah banget masuk site, kalian bisa menyebar dan sisakan beberapa orang untuk stay disitu, hal ini memberikan impresi ke musuh kalau tim kalian sudah rotasi, jadi saat kalian mendengar defender rotasi, itulah waktu kalian untuk masuk!

3. Menggunakan skill di posisi yang terbuka

kesalahan pemula valorant

Memang benar setiap agent di Valorant ada skillnya, tapi bukan berarti bisa asal dipakai ya guys. Contoh agent yang sering seperti ini adalah Raze dan Sova, sebab skill mereka perlu mengarah ke target untuk mengenainya.

Cara mengatasinya bisa dengan cara memantulkannya ke tembok dan mengira-ngira posisi musuh dimana cuy!

BELAJAR LINEUP juga salah satu cara untuk mengatasi hal ini guys (Ebem baca ini ya).

4. Kurang komunikasi

kesalahan low rank valorant

Kurang berkomunikasi adalah penyakit yang menjalar bagi rank mulai dari iron sampai plat, memang benar ga enak misalkan kalian sudah memberikan info tapi pihak lain diem doang, tapi setidaknya kalian harus berfikir positif bahwa meskipun tim kalian enggak ngomong tapi mereka mungkin mendengar kalian juga kok.

Mungkin terdengar aneh ya ngomong sendiri? Yah anggap saja latihan misal nanti kalian di rank atas dikit jadi gak gagu buat komunikasi guys!

Misalkan susah komunikasi karena terbendung bahasa, kalian bisa mulai mempelajari bahasa Inggris yang sederhana atau bahkan menghafal call-out map aja.

5. Crosshair placement yang aneh

Tidak diragukan lagi, ini adalah masalah paling umum yang saya temui di rank bawah, berlatih menggunakan AIMLAB dan berharap bisa flick terus menerus seperti TenZ mungkin adalah yang kalian inginkan, tapi hal ini sebenernya salah guys.

Crosshair placement memegang kunci penting untuk kalian memenangkan gunfight lho, kalau bisa kill tanpa flick, kenapa harus ngeflick? Sebagian besar nanti pas di game juga kemungkinan untuk flick kill juga jauh lebih kecil guys, hidup jadi lebih mudah dan beban pun berkurang, work smarter not harder!

Selalu arahkan crosshair kalian ke arah yang paling mungkin akan dilewati/ada musuhnya, dan selalu prioritaskan crosshair kalian untuk mengarah ke KEPALA biar cepat mati.

Jangan juga mengarahkan crosshair terlalu tipis dengan tembok yang akan dilewati musuh, misal seperti gambar dibawah.

peek angle valorant

Ini tipis banget guys, kalo kamu punya skill dewa mungkin kyk gini bolehlah, atau boleh crosshair placement seperti itu KETIKA musuhnya jiggle peek.

kesalahan pemula valorant

Crosshair placement seperti gambar diatas itu udah paling standar lah ya, selain pas di kepala dia juga gak terlalu mepet dengan tembok, jadi pas musuh lewat kalian punya waktu untuk bereaksi menembak.

Untuk tau musuhnya akan jiggle peek atau swing itu kembali ke feeling-feelingan ya guys, nanti misal sering main jug pasti ngerti kok :D.

6. Tidak melakukan trading kill

Trading kill juga hal yang cukup krusial di salah satu kesalahan pemula bermain Valorant, di low rank biasanya sering ditemui pemain yang misal sedang ada yang gunfight mereka cuman akan nonton doang dan nunggu temennya mati/ngekill, nah ini termasuk kesalahan guys.

Kalian harus bisa baca situasinya, misal temen tim kalian sedang fight kalau bisa bantuin, jadi misal dia mati setidaknya kalian bisa membalas kematian temen kalian. Jangan sampai ada istilah “KOK GW YANG MATI??”, selama ke trade itu sudah nice guys gausah di protes ya.

Misalnya juga pas posisi mau retake, kalian sebisa mungkin jalannya bareng sama tim, biar misal ketemu musuh chance untuk trading kill/menangnya lebih tinggi!

7. Kurang menggunakan skill

Ingat bahwa Valorant adalah game FPS yang bisa menggunakan skill, gunakan skill yang dimiliki oleh agent yang kalian mainkan untuk mendapatkan keuntungan bagi kamu/timmu, skill penting seperti flash dan smoke adalah skill krusial yang perlu dipakai untuk memenangkan pertandingan, jadi misalkan kamu mati dan masih punya skill smoke/flash utuh, maka perlu dipertanyakan juga tuh!

Tapi bukan berarti kamu harus menggunakan semua skill secara langsung ya guys, pokoknya selalu baca situasi dan kondisi yang sedang terjadi, makanya komunikasi sangat penting di game semacam Valorant guys.

8. Menjaga angle lebih dari 1

Menjaga angle lebih dari 1 akan mempersulit diri sendiri lho, jadi fokuskan saja ke 1 angle guys, dan serahkan angle yang lain ke tim kamu, mungkin misalkan tim kamu sudah jaga angle itu, kamu cari angle lain yang berkemungkinan musuh akan ada disitu!

9. Tidak mengambil Orbs

orbs valorant

Setiap agent mempunyai ultimate skill, dan sebagian besar ultimate agent pasti bagus. Jadi selalu ambil orbs ketika ada kesempatan ya! Sering banget di low rank mereka mengabaikan orbs dan jalan begitu aja, padahal orbs dibuat bukan tanpa alasan.

Ingat, ambil ketika ada kesempatan dan kondisinya memungkinkan, semisal kamu dan tim kamu sedang push secara diam-diam, trus kamu malah ambil orbs, itu juga malah giveaway informasi ke musuh bahwa ada yang ambil orbs guys, jadi ambil orbs juga perlu pertimbangan ya.

10. Ngepeek sambil jalan(shift)

Ngintip/ngepeek sambil nekan tombol shift juga ga baik, sebab kamu akan terlihat lebih dulu oleh musuh saat ngepeek. Bagusnya kamu saat peek tekan A/D perlahan-lahan(tap-tap), pastikan gerakan yang kamu lakukan itu gak bersuara ya guys, itu salah satu basic penting dalam pengepeekan loh.

Itu dia TOP 10 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemain pemula Valorant, mungkin kamu mau menambahkan di komen dibawah ya.
Selain kesalahan pemula diatas, baca juga artikel saya tentang Tips bermain Valorant.

Terima kasih sudah membaca!

Langganan
Beritahu dari
guest
5 Comments
tertua
Terbaru Suara Terbanyak
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar
Yoshua
2 months ago

Ebem siapa gan?

Yoshua Marchiano
Yoshua Marchiano
2 months ago

apakah map kontol juga diperlukan bang? mohon bimbingannya saya stuck di bronze 3 (seperti Adam)

Yoshua Marchiano
Yoshua Marchiano
Reply to  Yoshua Marchiano
2 months ago

*map kontrol

5
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
id_IDIndonesian