fbpx

Tips Bermain Valorant Biar Gak Jadi Beban!

Tips bermain Valorant, siapa sih yang gak tau game FPS besutan Riot ini? Mungkin diantara kamu ada yang merasa menjadi beban atau ingin menjadi lebih lebih baik lagi.

Disini saya akan memberikan tips&tricks agar bermain lebih baik di valorant dan memberikan impact di setiap match terutama mode competitive.

Apa hal penting untuk memberikan impact di Valorant?

Beberapa hal penting untuk memberikan impact di setiap match bisa dilihat dari beberapa faktor, contoh dari beberapa hal yang penting adalah:

  1. Kill & Assist.
  2. Penggunaan Util/skill agent.
  3. Pahami mekanik dan teknikal Valorant.
  4. Map awareness.
  5. Komunikasi.
  6. Game sense.

Kill&Assist

tips bermain valorant

Kill dan assist sudah pasti memberikan impact yang nyata dan dapat di lihat di “Tab” untuk memperlihatkan skor dari masing-masing pemain.

Selalu lakukan trading kill apabila salah satu tim kamu ada yang mati ketika sedang kontak dengan tim musuh, hal ini dilakukan agar kematiannya tidak menjadi sia-sia.

Tapi perlu diingat bahwa kill dan assist bukan jaminan mutlak kamu akan memenangkan match itu, jadi kill banyak bisa jadi tidak berimpact terhadap sebuah game apabila kill yang didapatkan hanya didapatkan pada saat momen yang tidak jelas.

Penggunaan Utility yang tepat

Setiap agent di Valorant memiliki skill atau utility yang berbeda-beda, penggunaan skill di waktu yang tepat akan membuat perbedaan yang cukup signifikan bagi sebuah team.

Sudah banyak tutorial yang beredar tentang penggunaan skill agent yang tepat di luar sana, kamu bisa menemukannya di youtube atau di platform video lainnya, agar lebih mudah mempelajari hal ini lebih baik secara visual, atau mungkin melihat pertandingan pro

Baca Juga  Apakah Mir4 Layak dimainkan? 2022

Apabila kamu ingin menaikkan rank saya sarankan agar mempelajari 1 atau 2 agent saja secara mendalam, hal ini agar kamu tidak terdistraksi oleh penggunaan skill yang bermacam-macam di setiap match.

Mekanik dan Teknikal Valorant

Salah satu faktor agar kamu tidak beban adalah dengan cara memahami mekanik dan teknik yang ada di game Valorant.

Saya tidak akan memberikan detail yang mendalam dari tips yang satu ini, karena hal ini cukup kompleks jika hanya di jelaskan dengan tulisan.

Tapi saya akan merekomendasi channel youtube tentang valorant yang sering membahas teknikal dan mekaniknya. Jollztv – YouTube pemilik channel itu sangat membantu saya dalam memahami game satu ini, rank dia Radiant jadi tidak usah diragukan lagi skillnya guys.

Map awareness

Map awareness adalah faktor krusial yang bisa membantumu mengetahui posisi lawan dan untuk memperkirakan kapan dan dimana mereka akan muncul.

Selalu lihat map ketika ada kejadian penting yang terjadi, contoh adanya kill, kontak dengan musuh (saling menembak), atau bahkan memberikan tanda dengan cara membuka map agar teman 1 team kamu mengetahui ada musuh di sekitar situ.

Lalu hafalkan callouts di setiap map, maksudnya ini seperti “B hall, mid, back site, dll”. Mengetahui dan menghafalkan callouts akan sangat membantu ketika ada info atau memberikan info.

Untuk map awareness ini harus dipelajari secara pelan-pelan ya, soalnya memang kalau tidak biasa malah akan menimbulkan distraksi dan membuat kamu blunder saat bermain :D.

Apakah komunikasi team Valorant itu penting?

Jawaban dari pertanyaan itu adalah SANGAT PENTING.

Komunikasi menggunakan mikrofon akan sangat membantu daripada sebuah ketikan, jadi saya menyarankan agar kamu lebih condong menggunakan suara untuk berkomunikasi.

Baca Juga  Skin Stumble Guys Terbaik dan Terlangka!

Hal-hal yang perlu dikomunikasikan contohnya seperti posisi terakhir musuh, suara langkah kaki ada dimana, suara musuh memasang bom dan mendefuse bom, menginfokan adanya lurking atau tidak, atau bahkan sekedar memberikan positif vibe agar team lebih semangat ketika sedang kalah.

Game sense

tips bermain valorant

Mungkin game sense bukan sebuah tips bermain valorant, karena game sense biasanya didapatkan dari lamanya pengalaman bermain game.

Tapi game sense itu apa sih?

Game sense itu kata lainnya adalah intuisi dari pemain untuk mengerti tentang kondisi game yang sedang dimainkan, pengambilan keputusan yang tepat juga termasuk game sense.

Banyak player yang masih bingung dan struggle ketika harus mengambil keputusan, contohnya ketika misal kita ada di site A, lalu seorang dari team kita memberikan info bahwa ada 4 orang yang datang ke site B, maka otak kita perlu berfikir bahwa masih ada 1 orang yang hilang, entah itu dia lurking atau mungkin malah menjadikan temannya umpan agar dirinya bisa memasang di site A.

Dari contoh diatas akan ada perdebatan, keputusan apa yang tepat untuk dilakukan? Kalau saya, saya akan melakukan rotate secara perlahan sampai mid map, lalu mencoba menunggu info orang yang hilang itu keluar, atau mungkin malah bertemu dengan dia saat sedang lurking. Beda ketika musuh 4 orang dan sudah melakukan planting, ketika sudah planting maka keputusan yang akan saya ambil adalah regrup dengan tim dan melakukan retake.

Game sense adalah hal yang bisa dibilang paling rumit untuk di asah, tapi seiring dengan berjalannya waktu kamu pasti bisa menguasainya.

Penutup

Valorant memang game yang FPS yang cukup kompleks dalam segi strategi sebuah tim untuk mendapatkan kemenangan, jadi perlu waktu agar dapat menguasai permainan itu.

Baca Juga  Cara Mengirimkan File Besar di Discord Tanpa Nitro!

Tips bermain Valorant yang saya berikan berdasarkan dari sepengalaman saya bermain game FPS sejak 2010, jadi saya pastikan bahwa sebagian besar tips tersebut valid.

Mungkin kamu ingin bertanya seputar Valorant, kamu bisa komen dibawah ya :D.

Semoga tips bermain valorant ini membantu kamu agar tidak menjadi beban xixixi.

Langganan
Beritahu dari
guest
1 Comment
tertua
Terbaru Suara Terbanyak
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar
trackback
2 months ago

[…] bahasa, kalian bisa mulai mempelajari bahasa Inggris yang sederhana atau bahkan menghafal call-out map […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
id_IDIndonesian