Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia

Halo Sobat Diringkas! Apakah Anda suka mengetahui hal-hal yang tidak biasa dan menarik tentang dunia ini? Jika ya, maka artikel ini cocok untuk Anda. Kali ini kami akan membahas 10 fakta mengejutkan yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Siap-siap terkejut dan terpesona dengan fakta-fakta berikut ini.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia

Ada lebih banyak bakteri di mulut Anda daripada manusia di bumi.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 2

Anda mungkin sudah tahu bahwa mulut Anda adalah tempat yang penuh dengan mikroorganisme, tetapi tahukah Anda bahwa jumlahnya sangat banyak? Menurut penelitian, ada sekitar 100 triliun bakteri di mulut Anda, sedangkan jumlah manusia di bumi hanya sekitar 7,8 miliar. Itu berarti ada sekitar 12.800 kali lebih banyak bakteri di mulut Anda daripada manusia di bumi. Jadi, jangan lupa untuk menyikat gigi dan berkumur setiap hari ya!

Bumi tidak bulat sempurna, melainkan agak gepeng di kutub.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 3

Banyak orang mengira bahwa bumi adalah bola yang bulat sempurna, tetapi sebenarnya tidak. Bumi memiliki bentuk yang disebut geoid, yaitu bentuk yang mirip dengan bola tetapi agak gepeng di kutub utara dan selatan. Hal ini disebabkan oleh gaya sentrifugal akibat rotasi bumi yang membuat bumi membengkak di khatulistiwa. Perbedaan diameter bumi antara khatulistiwa dan kutub adalah sekitar 43 km.

Ada planet yang hujan batu permata.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 4

Jika Anda berpikir bahwa hujan di bumi sudah cukup aneh, tunggu sampai Anda mendengar tentang planet lain yang hujan batu permata. Planet tersebut adalah Neptunus dan Uranus, dua planet raksasa gas di tata surya kita. Kedua planet ini memiliki atmosfer yang kaya akan metana, sebuah gas yang dapat membentuk kristal karbon (diamon) ketika terkena tekanan dan suhu tinggi. Para ilmuwan percaya bahwa ada hujan diamon yang turun dari langit di kedua planet ini, dan mungkin juga ada lautan diamon di dalamnya.

Ada hewan yang bisa hidup tanpa oksigen.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 5

Oksigen adalah salah satu unsur penting untuk kehidupan, tetapi ternyata ada hewan yang bisa hidup tanpa oksigen sama sekali. Hewan tersebut adalah Monocercomonoides, sebuah mikroba bersel tunggal yang hidup di usus cacing tanah. Hewan ini tidak memiliki mitokondria, organel sel yang bertanggung jawab untuk menghasilkan energi dari oksigen. Sebagai gantinya, hewan ini menggunakan enzim lain untuk memecah molekul organik tanpa oksigen.

Ada sungai di bawah laut.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 6

Anda mungkin berpikir bahwa air adalah zat yang homogen dan tidak bisa terpisah menjadi lapisan-lapisan berbeda, tetapi ternyata ada sungai di bawah laut. Sungai tersebut adalah Cenote Angelita, sebuah fenomena alam yang terletak di dekat kota Tulum, Meksiko. Sungai ini terbentuk karena adanya perbedaan kadar garam antara air laut dan air tawar yang berasal dari gua-gua bawah tanah. Air tawar yang lebih ringan mengapung di atas air laut yang lebih berat, membentuk lapisan yang terlihat seperti sungai. Sungai ini bahkan memiliki tepi, pohon-pohon, dan dedaunan yang terbawa oleh air tawar.

Ada gunung api di bawah es.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 7

Gunung api adalah salah satu fenomena alam yang paling panas dan menghancurkan, tetapi tahukah Anda bahwa ada gunung api di bawah es? Gunung api tersebut adalah Mount Erebus, sebuah gunung api aktif yang terletak di Antartika. Gunung ini memiliki ketinggian 3.794 meter dan merupakan gunung api tertinggi kedua di benua es. Gunung ini memiliki danau lava yang terus-menerus memancarkan gas dan abu vulkanik. Meskipun dikelilingi oleh es, gunung ini tetap panas dan bisa melelehkan es di sekitarnya.

Ada hutan yang bisa berjalan.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 8

Hutan adalah salah satu ekosistem yang paling kaya dan beragam di bumi, tetapi tahukah Anda bahwa ada hutan yang bisa berjalan? Hutan tersebut adalah Hutan Berjalan di Pulau Socotra, Yaman. Hutan ini terdiri dari pohon-pohon yang disebut Pohon Darah Naga, yang memiliki bentuk yang unik dan eksotis. Pohon-pohon ini memiliki akar yang panjang dan kuat yang bisa menembus tanah dan bergerak secara perlahan. Hal ini memungkinkan pohon-pohon ini untuk mencari air dan nutrisi di tempat yang lebih baik.

Ada pulau yang berubah-ubah bentuknya.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 9

Pulau adalah sebuah daratan yang dikelilingi oleh air, tetapi tahukah Anda bahwa ada pulau yang berubah-ubah bentuknya? Pulau tersebut adalah Pulau Surtsey, sebuah pulau vulkanik yang terletak di lepas pantai Islandia. Pulau ini terbentuk pada tahun 1963 akibat letusan gunung api bawah laut yang menyemburkan lava dan abu ke permukaan air. Sejak itu, pulau ini terus berubah bentuk karena erosi angin, air, dan es, serta aktivitas vulkanik yang masih berlangsung.

Ada binatang yang bisa beregenerasi.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 10

Binatang adalah makhluk hidup yang memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang, tetapi tahukah Anda bahwa ada binatang yang bisa beregenerasi? Binatang tersebut adalah Planaria, sebuah cacing pipih yang hidup di air tawar. Binatang ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri sendiri bahkan jika dipotong menjadi beberapa bagian. Setiap bagian yang dipotong akan tumbuh menjadi cacing baru dengan kepala, otak, dan organ lainnya. Binatang ini bahkan bisa mengubah bentuk dan ukurannya sesuai dengan lingkungan.

Ada bunga yang berbau seperti bangkai.

Fakta Mengejutkan, 10 Hal yang Tidak Anda Ketahui Tentang Dunia 11

Bunga adalah salah satu tanaman yang paling indah dan harum di bumi, tetapi tahukah Anda bahwa ada bunga yang berbau seperti bangkai? Bunga tersebut adalah Bunga Bangkai, sebuah bunga raksasa yang berasal dari hutan hujan tropis Indonesia. Bunga ini memiliki diameter sekitar 1 meter dan tinggi sekitar 3 meter. Bunga ini mengeluarkan bau busuk seperti daging busuk untuk menarik serangga pembawa serbuk sari, seperti lalat dan kumbang. Bunga ini juga memiliki suhu yang lebih tinggi daripada udara sekitarnya untuk meningkatkan intensitas baunya.

Itulah 10 fakta mengejutkan yang tidak Anda ketahui tentang dunia. Semoga artikel ini bisa memberikan Anda wawasan baru dan menambah pengetahuan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawabnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments