6 Masjid Terbesar di Dunia yang Menakjubkan

Halo Sobat Diringkas! Apakah kamu tahu bahwa ada beberapa masjid yang sangat besar dan indah di dunia? Masjid adalah tempat ibadah umat Islam yang juga memiliki nilai sejarah dan kebudayaan. Beberapa masjid bahkan menjadi situs suci dan tujuan wisata bagi jutaan orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas 6 masjid terbesar di dunia yang menakjubkan, salah satunya ada di Indonesia!

6 Masjid Terbesar di Dunia yang Menakjubkan

1. Masjidil Haram

6 Masjid Terbesar di Dunia yang Menakjubkan 2

Masjidil Haram atau Masjid Agung Mekah adalah masjid terbesar di dunia yang juga merupakan tempat paling suci bagi umat Islam. Di dalam masjid ini terdapat Ka’bah, bangunan berbentuk kubus yang menjadi arah kiblat shalat bagi seluruh muslim di dunia. Masjid ini juga menjadi tempat pelaksanaan ibadah haji, salah satu rukun Islam yang kelima.

Masjidil Haram memiliki luas sekitar 4 juta meter persegi dan mampu menampung sekitar 4 juta jamaah sekaligus. Masjid ini terus diperluas dan direnovasi untuk meningkatkan kapasitas dan fasilitasnya. Di dalam kompleks masjid ini juga terdapat situs-situs suci lainnya seperti Hajar Aswad, Sumur Zamzam, serta Bukit Shafa dan Marwah.

2. Masjid Nabawi

6 Masjid Terbesar di Dunia yang Menakjubkan 3

Masjid Nabawi atau Masjid Nabi adalah masjid terbesar kedua di dunia yang juga memiliki nilai sejarah tinggi bagi umat Islam. Masjid ini didirikan dan dibangun oleh Nabi Muhammad SAW sendiri di kota Madinah, Arab Saudi. Di dalam masjid ini terdapat makam Nabi Muhammad SAW dan dua sahabatnya, yaitu Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Masjid Nabawi memiliki luas sekitar 1,7 juta meter persegi dan mampu menampung sekitar 1,5 juta jamaah sekaligus. Masjid ini juga terus diperluas dan direnovasi untuk meningkatkan kapasitas dan fasilitasnya. Salah satu ciri khas masjid ini adalah adanya kubah hijau yang menjadi lambang masjid ini.

3. Masjid Imam Ali

6 Masjid Terbesar di Dunia yang Menakjubkan 4

Masjid Imam Ali adalah masjid terbesar ketiga di dunia yang juga merupakan tempat suci bagi umat Syiah. Masjid ini terletak di kota Najaf, Irak, dan menjadi tempat peristirahatan terakhir dari Imam Ali bin Abi Thalib, sepupu dan menantu Nabi Muhammad SAW yang juga merupakan imam pertama bagi Syiah.

Masjid Imam Ali memiliki luas sekitar 600 ribu meter persegi dan mampu menampung sekitar 800 ribu jamaah sekaligus. Masjid ini juga menjadi tujuan ziarah bagi jutaan peziarah setiap tahunnya, terutama pada hari-hari besar seperti Asyura dan Arba’in. Salah satu ciri khas masjid ini adalah adanya kubah emas yang mengkilap.

4. Masjid Imam Reza

6 Masjid Terbesar di Dunia yang Menakjubkan 5

Masjid Imam Reza adalah masjid terbesar keempat di dunia yang juga merupakan tempat suci bagi umat Syiah. Masjid ini terletak di kota Mashhad, Iran, dan menjadi tempat peristirahatan terakhir dari Imam Reza, cucu Nabi Muhammad SAW yang juga merupakan imam kedelapan bagi Syiah.

Masjid Imam Reza memiliki luas sekitar 598 ribu meter persegi dan mampu menampung sekitar 700 ribu jamaah sekaligus. Masjid ini juga menjadi tujuan ziarah bagi jutaan peziarah setiap tahunnya, terutama pada bulan Ramadhan dan Muharram. Salah satu ciri khas masjid ini adalah adanya arsitektur Persia yang megah dan indah.

5. Bara Imambara

6 Masjid Terbesar di Dunia yang Menakjubkan 6

Bara Imambara adalah masjid terbesar kelima di dunia yang juga merupakan tempat suci bagi umat Syiah. Masjid ini terletak di kota Lucknow, India, dan dibangun oleh Asaf-ud-Daula, Nawab dari Awadh, pada abad ke-18. Masjid ini juga dikenal sebagai Asafi Imambara atau Bhulbhulaiya.

Bara Imambara memiliki luas sekitar 500 ribu meter persegi dan mampu menampung sekitar 350 ribu jamaah sekaligus. Masjid ini juga menjadi tempat peringatan bagi Syiah pada bulan Muharram. Salah satu ciri khas masjid ini adalah adanya labyrinth atau labirin yang rumit dan menantang.

6. Masjid Istiqlal

6 Masjid Terbesar di Dunia yang Menakjubkan 7

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar keenam di dunia yang juga merupakan masjid nasional Indonesia. Masjid ini terletak di kota Jakarta, Indonesia, dan dibangun oleh Soekarno, Presiden pertama Indonesia, pada tahun 1961. Nama masjid ini berasal dari kata Arab yang berarti kemerdekaan.

Masjid Istiqlal memiliki luas sekitar 95 ribu meter persegi dan mampu menampung sekitar 200 ribu jamaah sekaligus. Masjid ini juga menjadi tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri dan Idul Adha yang dihadiri oleh Presiden dan pejabat negara. Salah satu ciri khas masjid ini adalah adanya desain minimalis yang modern dan elegan.

Kesimpulan

Itulah 6 masjid terbesar di dunia yang menakjubkan yang bisa kita ketahui. Masjid-masjid ini tidak hanya memiliki ukuran yang besar, tetapi juga memiliki nilai sejarah, kebudayaan, dan keindahan yang tinggi. Masjid-masjid ini juga menjadi tempat ibadah dan ziarah bagi jutaan umat Islam di seluruh dunia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang masjid-masjid terbesar di dunia. Jika kamu punya pertanyaan atau komentar tentang artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments