WhatsApp Mendukung Layanan Proxy Server!

Pada tanggal 5 januari WhatsApp mengumandangkan bahwa mereka mulai mendukung fitur “Proxy Server“, hal ini dilakukan oleh pihak WhatsApp agar semua orang tidak kehilangan kebebasannya untuk menghubungi orang-orang tersayangnya.

Lebih detailnya lagi dikarenakan masih banyaknya orang yang tidak bisa mengakses WhatsApp dengan internet yang diblokir. Pihak WhatsApp mulai mencetuskan ide ini disebabkan oleh adanya gangguan dari pihak Iran agar masyarakatnya tidak bisa meminta bantuan keluar.

Semura orang sudah bisa mengakses fitur ini di bagian setting setelah mengupdate WhatsApp ke versi yang paling baru!

Lebih lanjutnya lagi mari mengenal apa sih proxy server itu?

Apa itu Proxy Server?

whatsapp proxy server

Proxy server adalah server yang bertindak sebagai perantara antara perangkat komputer dan internet. Ia menerima permintaan dari perangkat komputer, kemudian mengirim permintaan tersebut ke internet dan mengirimkan balik hasilnya ke perangkat komputer.

Tujuan utama dari proxy server adalah untuk menyembunyikan identitas perangkat komputer yang mengakses internet. Dengan menggunakan proxy server, perangkat komputer tidak akan terlihat oleh website yang dikunjungi, melainkan hanya terlihat oleh proxy server itu sendiri.

Proxy server juga bisa digunakan untuk memblokir akses ke website tertentu, menyimpan data yang sering diakses agar lebih cepat diakses kembali, serta meningkatkan keamanan dengan menyaring permintaan yang tidak diinginkan.

Jadi, proxy server merupakan perantara yang bisa membantu perangkat komputer untuk mengakses internet dengan lebih aman dan terlindungi.

Baca juga tentang Cara Kerja Internet!

WhatsApp Proxy Server

Sama halnya dengan penjelasan proxy diatas, WhatsApp menyarankan kepada penggunanya untuk menggunakan Proxy Server JIKA internet tidak dapat mengakses langsung ke WhatsApp.

Untuk melakukan hal ini dibutuhkan orang yang sudah mahir mengakses komputer agar bisa melakukannya, tutorial lengkapnya ada di GitHub bisa link dibawah ini jika kamu setidaknya seorang Tech Savy.

WhatsApp/proxy: This repository contains the WhatsApp proxy implementation for users to host their own proxy infrastructure to connect to WhatsApp for chat (VoIP and media upload/download not currently proxied) (github.com)

Kesimpulan

WhatsApp Proxy server memang tidak terlalu berpengaruh terhadap banyak kalangan, akan tetapi suatu saat apabila terjadi pemblokiran WhatsApp kita tau bahwa pihak WhatsApp memperbolehkan penggunanya untuk menggunakan proxy server untuk mengakses platformnya.

Apabila kamu tidak mengerti bagaimana cara menggunakannya, cukup carilah orang yang mengerti tentang dunia perkode-an, entah itu seorang programmer, atau developer aplikasi, atau bahkan temanmu yang mengerti tentang internet lebih lama.

Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Sumber:
Connecting to WhatsApp by Proxy – WhatsApp Blog
How to set up a proxy server to connect to WhatsApp | WhatsApp Help Center

Langganan
Beritahu dari
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar