fbpx

Bagaimana Cara Kerja Internet? Penjelasan Simpel dan Detail

Ketika kamu mengunjungi website ini, kamu sudah melakukan yang namanya menggunakan internet, terbenak di pikiran kita, bagaimana sih cara kerja internet? Disini saya akan menjelaskan secara simpel maupun secara detailnya.

Cara kerja internet

Penjelasan mudahnya

bagaimana cara kerja internet

Skenarionya ketika sedang mengunjungi website, hal yang pertama kamu lakukan adalah membuka browser lalu mengetikkan alamat website yang ingin dituju atau biasanya membuka search engine dan memasukkan pencarian yang sedang ingin dicari, setelah itu mengklik hasil pencarian dan masuklah ke website yang dituju.

Ketika melakukan hal diatas, hal yang terjadi adalah browser sebagai perantara antara kamu dan website untuk menampilkan visual dari website itu, lalu internet sebagai jembatan menuju ke website itu.

Ketika kamu menekan enter setelah mengetikkan kata kunci di search engine, internet mengirimkan permintaan berupa HTTP ke server website itu untuk mengirimkan salinannya ke kamu menggunakan TCP/IP, lalu apabila server tersebut menerima permintaan kamu, dia akan mengirimkan salinan website ke browser kamu.
Setelah browser menerima salinan website, maka browser akan menampilkan halaman yang di minta dari server website tadi.

Simpelnya ketika kita melakukan unduh/download hal yang dilakukan oleh internet adalah Request, sedangkan ketika melakukan unggah/upload internet melakukan Post.

Penjelasan Teknikal

The Internet (or internet) is the global system of interconnected computer networks that uses the Internet protocol suite (TCP/IP) to communicate between networks and devices.

Wikipedia
TCP UDP IP

Dari quote diatas kita mengetahui bahwa internet sendiri adalah kumpulan dari banyak komputer yang terhubung satu sama lain menggunakan protokol TCP/IP untuk berkomunikasi satu sama lain.

Internet sendiri terbagi menjadi beberapa tipe protokol, untuk lengkapnya bisa kamu cek di Protokol Internet. Dari sekian protokol yang ada, yang paling sering kita temui adalah protokol Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP).

Contoh dari protokol TCP adalah HTTP dan FTP, TCP bertugas melakukan negosiasi request dan post antar host.
Aktifitas yang melibatkan TCP antara lain seperti browsing di internet, nonton tiktok, youtube, facebook, download game dll.

Sedangkan UDP adalah protokol yang bertugas melakukan request dan post tanpa melakukan negosiasi, koneksi jenis ini biasanya digunakan di game.

Nah setelah mengetahui secara sederhana tentang TCP dan UDP, maka pertanyaan utamanya adalah bagaimana cara kerja internet?


Internet bekerja menggunakan packet routing network yang mengikuti Internet Protocol (IP) dan TCP.
TCP dan IP bekerja bersama untuk memastikan bahwa request yang dikirimkan oleh pengguna terkirim ke server/host yang dituju dengan koneksi yang aman, tidak peduli perangkat apa yang digunakan dan dimana kamu berada.

Data yang dikirimkan di internet oleh kita, biasanya berbentuk messages dan packets. Data yang dikirim ke internet tadi dinamai messages, akan tetapi sebelum data tersebut dikirimkan ke server/host lain, data tersebut dipotong ke ukuran yang kecil dan data kecil itu dinamai packets.


Internet mengidentifikasikan pengirim data dan host yang dituju menggunakan IP address.
IP address sendiri berupa angka, contohnya: 127.0.0.1 (Local IP address).

Sumber: How does the internet work, Internet Protocol

Mungkin internet kamu bermasalah, coba baca ini Solusi Wifi Lemot.

Itu dia bagaimana cara kerja internet, mungkin kamu bingung dengan penjelasan diatas, silahkan komen dibawah untuk bertanya! Atau mungkin ingin mengoreksi bisa juga dengan cara komen dibawah ini 😀

Terima kasih sudah berkunjung!

Langganan
Beritahu dari
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
id_IDIndonesian