fbpx

Tutorial Unity 3D Untuk Pemula

Tutorial unity 3d untuk pemula, ketika kalian mencari tau tentang hal ini pasti dipikiran kalian adalah “Mulai dari mana?”.

Hal yang lumrah dipertanyakan bagi orang-orang yang ingin mencoba terjun ke pembuatan game dengan unity3d.

Disini saya akan memberi tau tentang apa saja yang kalian perlukan untuk membuat game.

Pelajari Bahasa Inggris

membuat game dengan unity

Bahasa Inggris sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para pengembang game/aplikasi, dan ketika saya taruh ini di pertama maka ketentuan dari hal ini adalah MUTLAK.

Kalian mau tidak mau harus setidaknya bisa bahasa Inggris entah itu basic atau sepait-paitnya menggunakan google translate.

Kenapa gitu bang? Karena permasalahan yang akan terjadi kedepannya kalian akan memerlukan bahasa Inggris untuk sekedar mencari tau bug ataupun penjelasan fitur di aplikasi Unity.

Tutorial yang beredar juga menggunakan bahasa Inggris, cukup langka untuk mendapatkan tutorial bahasa Indonesia dengan kualitas yang lebih baik dibandingan dengan yang berbahasa Inggris, jadi kalau bisa mendapatkan yang terbaik why not?

Langsung Coba Saja

membuat game dengan unity

Katakanlah kalian sudah menginstall Unity dan mulai membuat game dengan unity, hal selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah coba saja fitur-fitur yang ada disitu dulu, klik apapun yang membuat kalian penasaran.

Lalu apabila bingung dengan fitur tersebut, kalian bisa baca lagi dari dokumentasi Unity tentang fitur tersebut.

Banyak kasus dimana seseorang sudah bertanya tapi ternyata belum pernah mengoperasikan aplikasinya, setidaknya cobalah dulu dan telusuri fitur-fiturnya, ini termasuk ke top 10 kesalahan newbie (belum coba aplikasinya).

Baca Juga  Aplikasi Seperti RedFinger, Ini dia Alternatifnya!

Pelajari Bahasa C#

membuat game dengan unity

 

Pelajari C# sebagai bahasa pemrograman yang akan kalian gunakan ketika menggunakan Unity.

Alur pembelajarannya apa saja dan mulai darimana mungkin yang kalian bingung, saran saya pelajari pemrograman dasar C# terlebih dahulu, mulai dari variabel, pengulangan dan fungsi.

Ketahui Apa Yang Kalian Cari

Ketika kalian sudah bisa bahasa Inggris, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan skill googling kalian untuk mendapat pencerahan tentang masalah yang dihadapi.

Keyword atau kata kunci yang kalian gunakan di google atau search engine lainnya berpengaruh dengan hasil yang kalian inginkan, terkadang perlu beberapa kali mengetik keyword berbeda dengan tujuan yang sama juga lho!

Jika kalian benar-benar dari 0 dan membutuhkan visual sebagai metode pembelajaran, kalian bisa pelajari dari Brackeys – YouTube, salah satu sepuh dalam dunia Unity.

GitHub, Stack Overflow is Your Best Friend (Terkadang Youtube Orang India Juga(Real))

tutorial unity 3d untuk pemula

Apabila kalian memutuskan untuk menjadi programmer, GitHub dan Stack Overflow berperan besar ketika kalian tersesat, bingung, gundah gulana dengan apa yang sedang kalian kerjakan saat itu.

Tentu saja kalian tidak bisa mengambil mentah-mentah solusi dari jawaban yang ada di website itu untuk menyelesaikan masalahnya, kalian juga perlu tau alur dari kodingan yang bermasalah terlebih dahulu.

Baca Dokumentasi Unity

tutorial unity 3d untuk pemula

Unity juga memiliki dokumentasi tentang fitur yang mereka punyai, kalian bisa klik link disamping Unity Scripting API.

Dari situ bisa kalian pelajari dahulu apa saja yang mereka sediakan dan mengerti lebih dalam tentang fitur yang ada.

Sumber Aset Gratis

tutorial unity 3d untuk pemula

Ketika kalian sudah setidaknya mengerti tentang pemrograman, selanjutnya kalian perlu aset untuk items yang ada di unity project kalian.

Baca Juga  Merge Rich Car Review

Disini saya akan memberikan sumber aset gratis yang saya ketahui:

  • Unity Asset Store adalah kumpulan aset lengkap mulai dari project, kodingan, 3d, 2d, particle dan lain-lainnya, aset disitu ada yang berbayar tapi juga banyak kok yang gratis.
  • TurboSquid menyediakan aset 3D berbayar dan gratis.
  • Mixamo platform dari adobe satu ini menyediakan animasi-animasi beserta fitur auto riggingnya yang cukup akurat.
  • freesound untuk mencari sound effect dan music gratis.

Kira-kira diatas adalah sumber aset yang kredibel dan penting untuk kalian ingat, oh ya kalian juga bisa menyewa orang lain untuk membuat aset, tapi tentu saja tidak gratis ya guys haha.

Practice Makes Perfect

tutorial unity 3d untuk pemula

Berlatih dengan cara membuat project berbeda-beda agar skill unity kalian terasah, selalu tambahkan fitur yang belum pernah kalian ulik di setiap project baru yang kalian kerjakan agar menambah wawasan.

Konklusi

Itu dia step-step alur yang sudah saya ringkas agar kalian tidak bingung tutorial unity 3d untuk pemula.

Memang membuat game tidaklah mudah, perlu waktu dan dedikasi yang kuat agar game yang dibuat tidak mengecewakan baik diri sendiri ataupun pemainnya.

Tidak mudah berarti bukan tidak mungkin ya! Kalian pasti bisa kok belajar membuat game dengan unity secara cepat asal telaten dan rajin.

Terima kasih sudah membaca sejauh ini, apabila kalian punya pertanyaan bisa komentar dibawah dan akan saya jawab nanti 😀

Langganan
Beritahu dari
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
id_IDIndonesian