Tips & Trick Yang Perlu Diketahui Saat Bermain Tower of God: Great Journey (TOG)

Tower of God: Great Journey atau yang biasa disebut TOG merupakan sebuah game online yang sedang populer di kalangan penggemar game di seluruh dunia. Game ini didasarkan pada webtoon populer berjudul “Tower of God” karya SIU, dan menawarkan petualangan epik dengan berbagai karakter yang menarik.

Namun, seperti kebanyakan game online, TOG memiliki tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh para pemainnya. Untuk itu, saya telah mengumpulkan beberapa tips dan trik yang perlu diketahui oleh para pemain TOG agar dapat memaksimalkan pengalaman bermain dan mencapai level yang lebih tinggi.

Jadi, mari kita mulai dan jelajahi dunia epik Tower of God: Great Journey bersama-sama!

TIPS & Trick Bermain Tower of God: Great Journey

1. Jangan Asal Fusion Ignition Weaponmu

Salah satu kesalahan yang cukup fatal yang saya alami adalah asal menggabungkan Ignition weapon dengan harapan mendapatkan tier yang lebih tinggi. Secara logika memang hal itu lumrah dilakukan, tapi semua berubah ketika saya mengetahui fitur yang bernama Collection Effect.

Fitur ini secara otomatis mengkalkulasi jumlah Ignition Weapon yang sudah diperoleh. Perhatikan progressnya, disitu tertulis 0 Transcended dan 3 Transcended. 0 Transcended berarti adalah base dari Ignition Weapon tersebut, sedangkan 3 Transcended adalah bintang 3 dari Ignition Weapon.

Intinya sebelum weapon biru milikmu belum mencapai bintang 3, jangan di fusion dulu ya! Transcend sampai bintang 3 dulu baru fusion jika diperlukan.

Transcend ini berlaku untuk Ignition Weapon mulai dari Rare hingga Legendary, dibawah itu tidak ada efek transcend di Collection Effectnya

Berbeda dengan Rare, Epic dan Legendary memiliki Collection efek hingga 6 Transcended.

2. Utamakan Craft Mulai dari Senjata

Senjata adalah elemen terpenting dalam game semacam TOG, crafting di Tower of God: Great Journey bisa cukup tricky untuk dilakukan, terlebih apabila kamu adalah seorang newbie. Untuk permulaan jangan craft Gear apapun selain Epic T3.

Saya sangat merekomendasikan untuk membuat senjata bernama Shiny Crystal Wand.

Kenapa senjata Shiny Crystal Wand Epic T3 di rekomendasikan? Alasan mudahnya adalah Atribut tambahan yang di dapat sangat mempengaruhi permainan, Magic DMG Boost sebanyak 4.9%, crit dan Wave Controller’s DMG Boost adalah stats yang sangat cocok untuk karakter utama yaitu Bam.

Selain Bam karakter kuat yang sangat cocok menggunakan senjata ini adalah Sachi Faker, Sachi selalu bisa dipakai dimedan tempur manapun, mulai dari PVP, Rice Field, Admin Trial, Tower Trial dan konten lainnya.

Untuk permulaan agar bisa membeli senjata ini kamu perlu untuk memiliki yang namanya Epic Weapon Recipe, barang itu bisa didapatkan dari Shop > Summon Shop > God’s Breath.

Setiap bulan kamu diberi kesempatan untuk membeli sebanyak 20 buah, jangan khawatir, setelah membeli sebanyak ini kamu tidak perlu membelinya lagi dalam waktu dekat, sebab senjata tersebut bisa dipakai hampir di semua karakter untuk progres Story dan konten lainnya.

3. Selalu Buka Game 2 Jam Sebelum Reset Harian

Alasan yang mendasari dari tips diatas adalah beberapa event terkadang memiliki sebuah anomali, dimana terkadang tiket event diberikan pada 2 jam sebelum reset harian, dan diberikan lagi setelah reset harian, jadi total dalam 1 hari kamu bisa mendapat 4 tiket daripada 2 tiket.

Pada saat ini Event yang dimaksud adalah Research Journal White, sebelumnya pada saat Research Journal Jinsung Ha juga mengalami hal serupa. Jadi jika kamu ingin menyelesaikan dan mengklaim hadiah lebih cepat alangkah baiknya membuka game 2 jam sebelum reset harian.

4. Berikan Gift Fate Kepada Karakter yang Terhubung dengan Revolution Road

Sebagai contoh pada gambar diatas kamu harus memberikan gift Fate ke Horyang untuk mendapatkan hadiah berupa FUG Expert Skill Book. Penggunaan Starlight yang optimal sangat diperlukan untuk menghindari kekurangan bahan.

Mengingat Starlight yang diperlukan untuk upgrade ke Affinity 3 adalah 10 Starlight maka sangat direkomendasikan untuk berhati-hati dalam memberikan gift ke karakter.

Starlight sendiri adalah item yang langka, jadi ketika item tersebut tersedia di event shop/exchange shop saya sangat merekomendasikan untuk memprioritaskan item tersebut.

5. Kejar Ranker Wars Peringkat Minimal Rank 71-100

Ranker Wars atau PVP adalah salah satu konten utama yang dikejar oleh beberapa player, lalu kenapa harus minimal rank 71-100? Alasannya adalah reward harian yang diberikan cukup signifikan.

Disitu terlihat bahwa chest berwarna biru hanya didapat ketika sudah menyentuh minimal Rank 71-100. Perbandingan hadiah yang didapat yakni chest biru berkesempatan mendapatkan item dengan grade Epic.

Gambar diatas adalah isi dari chest biru, sedangkan chest hijau maksimal hanya bisa mendapatkan item grade Rare.

Tips tambahan untuk konten Ranker Wars, Ranker Wars selalu reset pada hari sabtu dan bisa diakses pada jam 7 malam (GMT +7). Gunakan momen ini untuk push rank setinggi mungkin, alasannya adalah rank tertinggi pasti masih dihuni oleh bot (bernama Ranker_xxxx).

Hadiah yang diapat untuk mengejar peringkat pada awal reset bisa cukup mantap untuk dinikmati. Hadiah bisa di cek pada menu Ranker Wars > Claim > First Achievement Reward, disitu akan terlihat hadiah yang diberikan apa saja.

6. Jangan Transcend Epic Gear Kalau Tidak T3

Bahan yang diperlukan untuk transcend yakni Epic Weapon Transcend Stone dan Epic Armor Transcend Stone cukup susah untuk didapatkan pada early game, jadi jangan sia-siakan untuk upgrade selain gear Epic utamamu yang T3.

Kesalahan kecil ini akan cukup menghambat progres perjalanan bermainmu, jadi sangat dianjurkan untuk berhati-hati. Berikut adalah gambaran base atribut tambahan dan atribut tambahan transcend 3.

Sangat signifikan bukan?

7. Fokuskan God’s Inventory ke Pocket untuk Early Game

God’s Inventory menaruh peran yang lumayan penting dalam progres melanjutkan konten game.

Collection Effect yang didapatkan untuk menyelesaikan versi Pocket ini sangat membantu Tower Climber untuk melanjutkan progress, Bam sebagai karakter utama memiliki atribut Tower Climber, dan beberapa karakter vital lainnya juga beratribut Tower Climber.

Jika kamu memiliki karakter White, saya sarankan untuk mengupgrade Thorn juga setelah Tower Climber.

Karena White adalah FUG dan Thorn memberikan efek tambahan pada class FUG, maka God inventory cukup berimbas di karakter itu.

8. Upgrade Skill Sesuai Prioritas

Saat mengupgrade skill cukup penting memprioritaskan mana saja yang perlu di upgrade duluan, oleh karena itu baiknya berikut adalah skill prioritas yang perlu di upgrade duluan.

Merah = Prioritas utama
Orange = Prioritas kedua
Yellow = Prioritas ketiga
Abu-abu = Tidak diupgrade tidak apa-apa

sumber: https://www.toggw.gg/

9. Perhatikan Damage Faction

Damage faction juga berpengaruh di game ini gambarannya seperti gambar dibawah.

Tower Climber sangat kuat melawan Freedom Dreamer, namum lemah melawan Great Family. Aturan ini berlaku di semua faction jadi terkadang kalau tidak kuat melawan musuh di konten tertentu bisa pertimbangkan lingkaran kelemahan dan kekuatan diatas.

10. Jangan Remehkan Karakter Epic

Terkadang dengan memiliki banyak karakter grade Legendary membuat kita terlena dan lupa akan keberadaan karakter Epic. Hal ini bisa berdampak pada terhambatnya progres, sebab beberapa karakter Epic bisa berdampak sangat besar di konten story, tower dan story hard.

Beberapa karakter Epic yang bisa dipakai pada kondisi tertentu adalah Horyang, Love, Shibisu, Quant dan Khun AA. Mungkin kita kecualikan Khun AA terlebih dahulu karena memang dia adalah healer yang sangat kuat saat menyentuh Transcend 5.

Selain Khun AA, karakter Epic lainnya itu bisa sangat membantu pada kondisi tertentu, contohnya Horyang dengan skill knockbacknya yang dapat menyelamatkan tim karena membatalkan serangan skill lawan.

Love transcend 4 dapat membuat lawan terdekat stun selama 3 detik, sangat membantu ditambah skillnya yang Taunt.

Shibisu, walaupun karakter ini terlihat aneh namun skillnya tergolong sangat kuat, taunt selama 8 detik.

Quant memiliki skill untuk pergi ke belakang lawan, skill ini sangat bagus digunakan ketika musuh memiliki serangan area kedepan yang besar, ditambah dengan dia memberikan efek knockback ke lawan sehingga dapat membatalkan serangan skill lawan.

Tips tambahan, terkadang jika kamu melawan karakter yang kuat dan Bam sering mati duluan, coba gunakan viole dibarisan belakang, terkadang yang dibutuhkan hanya skill crowd control untuk mencegah lawan melakukan 1 hit KO.

Penutup

Itu dia 10 Tips and trick yang bisa diaplikasikan ke game Tower of God Great Journey, terlebih jika kamu seorang newbie.

Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut bisa komen dibawah ya, dan jika ingin punya komunitas untuk perihal info dan bertanya tanya bisa gabung ke Family ThalathRiah~

Semoga info yang saya berikan membantu, selamat bersenang senang!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments