Tips Perawatan Motor yang Jarang Dipakai

Halo sobat Diringkas! Apakah kamu termasuk orang yang jarang menggunakan motor? Mungkin karena sibuk bekerja di rumah, atau lebih suka naik transportasi umum. Jika iya, kamu harus tahu bagaimana tips perawatan motor yang jarang dipakai agar tetap awet dan berumur panjang.

Motor yang jarang dipakai juga membutuhkan perhatian khusus, karena jika dibiarkan begitu saja tanpa perawatan, kondisinya bisa menurun dan bahkan rusak. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika motor kamu tidak sering digunakan, seperti baterai, ban, bahan bakar, dan lain-lain.

Tips Perawatan Motor yang Jarang Dipakai

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan motor yang jarang dipakai yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Panaskan Mesin Motor Setiap Hari

Tips Perawatan Motor yang Jarang Dipakai 2

Meskipun tidak digunakan, mesin motor tetap perlu dipanaskan setiap hari agar oli mesin bersirkulasi dengan baik dan mencegah karat. Kamu bisa memanaskan mesin motor selama 5-10 menit setiap pagi hari sebelum beraktivitas.

Panaskan mesin motor dengan cara menyalakan kontak dan membiarkan mesin berputar tanpa menekan gas. Jangan lupa untuk menggunakan standar dua agar motor tetap stabil dan tidak jatuh.

2. Isi Bahan Bakar Secukupnya

Tips Perawatan Motor yang Jarang Dipakai 3

Bahan bakar yang terlalu banyak atau terlalu sedikit di tangki bisa menyebabkan masalah pada motor yang jarang dipakai. Bahan bakar yang terlalu banyak bisa mengendap dan mengurangi kualitasnya, sedangkan bahan bakar yang terlalu sedikit bisa menyebabkan karat pada tangki.

Oleh karena itu, isi bahan bakar secukupnya saja, sekitar setengah tangki atau sesuai dengan kapasitas maksimal tangki. Jika kamu ingin mengisi bahan bakar penuh, pastikan untuk menggunakannya dalam waktu dekat agar tidak sia-sia.

3. Periksa Kondisi Ban

Tips Perawatan Motor yang Jarang Dipakai 4

Ban adalah salah satu komponen penting pada motor yang harus selalu dalam kondisi baik. Ban yang jarang digunakan bisa mengalami penurunan tekanan angin atau bahkan bocor. Selain itu, ban juga bisa kehilangan bentuknya jika terus-menerus menanggung beban motor.

Untuk itu, periksa kondisi ban secara rutin dan pastikan tekanan anginnya sesuai dengan standar pabrik. Jika ban sudah mulai aus atau retak, segera ganti dengan yang baru. Kamu juga bisa menggunakan standar dua atau menggantung ban agar tidak terbebani oleh berat motor.

4. Bersihkan Motor Secara Berkala

Tips Perawatan Motor yang Jarang Dipakai 5

Motor yang jarang dipakai juga perlu dibersihkan secara berkala agar tetap kinclong dan bebas dari debu atau kotoran. Kamu bisa membersihkan motor dengan cara menyeka bodi motor dengan kain lembut atau kanebo yang basah.

Hindari menggunakan air bertekanan atau semprotan untuk membersihkan motor, karena bisa merusak komponen kelistrikan atau elektronik pada motor. Jika ada bagian yang sulit dibersihkan, kamu bisa menggunakan sikat gigi atau cotton bud untuk membersihkannya.

5. Simpan Motor di Tempat yang Aman

Tips Perawatan Motor yang Jarang Dipakai 6

Tempat penyimpanan motor juga berpengaruh pada kondisi motor yang jarang dipakai. Kamu harus menyimpan motor di tempat yang aman dari paparan sinar matahari langsung atau air hujan, karena bisa membuat cat cover atau kaca speedometer retak atau kusam.

Selain itu, simpan motor di tempat yang jauh dari serangga atau tikus, karena bisa menjadi sarang mereka dan merusak kabel atau komponen lainnya. Kamu juga bisa menggunakan sarung motor untuk melindungi motor dari debu atau kotoran.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips perawatan motor yang jarang dipakai yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dengan melakukan perawatan motor secara rutin, kamu bisa menjaga kondisi motor tetap prima dan siap digunakan kapan saja.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat Diringkas. Jika kamu punya pertanyaan atau feedback mengenai tips perawatan motor ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Slug:
Meta deskripsi: Artikel ini berisi tips perawatan motor yang jarang dipakai agar tetap awet dan berumur panjang. Simak tipsnya di sini!
Tag: perawatan motor, tips merawat motor, cara merawat motor

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments