Tips Ampuh Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Halo sobat Diringkas! Kali ini kita akan membahas tentang tips mengatasi kaca mobil berembun saat hujan. Mungkin kamu pernah mengalami hal ini, ketika kaca mobil kamu tiba-tiba menjadi kabur karena embun yang menempel di permukaannya. Hal ini tentu sangat mengganggu pandangan dan keamanan saat berkendara, bukan? Nah, untuk menghindari hal ini, ada beberapa tips yang bisa kamu coba lho. Simak ulasan berikut ini ya!

Tips Ampuh Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Mengapa Kaca Mobil Bisa Berembun?

Sebelum kita membahas cara mengatasi kaca mobil berembun, ada baiknya kita mengetahui dulu penyebabnya. Kaca mobil berembun adalah akibat dari proses kondensasi, yaitu perubahan wujud gas menjadi cair karena adanya perbedaan suhu antara udara di dalam dan di luar mobil.

Ketika udara di dalam mobil lebih hangat daripada udara di luar mobil, maka uap air yang terkandung di dalam udara akan menempel pada permukaan kaca yang lebih dingin. Sebaliknya, ketika udara di luar mobil lebih hangat daripada udara di dalam mobil, maka uap air yang terkandung di udara luar akan menempel pada permukaan kaca bagian luar.

Proses kondensasi ini sering terjadi saat musim hujan atau saat suhu udara turun drastis. Selain itu, faktor lain yang bisa menyebabkan kaca mobil berembun adalah kelembaban udara yang tinggi, jumlah penumpang yang banyak, atau penggunaan AC yang tidak sesuai.

Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

Untuk mengatasi kaca mobil berembun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

Menyalakan AC dan wiper mobil.

Tips Ampuh Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan 2

AC mobil akan membantu menyeimbangkan suhu udara di dalam dan di luar mobil, sehingga embun akan berkurang secara perlahan. Wiper mobil akan membantu membersihkan embun yang menempel pada kaca bagian luar.

Menggunakan fitur defogger.

Tips Ampuh Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan 3

Fitur defogger adalah fitur yang berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca belakang dengan cara memanaskannya. Fitur ini biasanya terletak pada kedua ujung sisi dashboard dan disimbolkan dengan gambar kaca belakang dengan garis-garis horizontal.

Mengaktifkan resirkulasi udara.

Tips Ampuh Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan 4

Resirkulasi udara adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur perputaran sirkulasi udara di dalam mobil. Ketika fitur ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur. Dengan begitu, tidak akan ada perbedaan suhu yang menyebabkan terbentuknya embun.

Menurunkan temperatur AC.

Tips Ampuh Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan 5

Jika suhu AC terlalu dingin, maka bisa menyebabkan embun pada kaca bagian dalam. Untuk mengatasinya, kamu bisa menurunkan temperatur AC agar sesuai dengan suhu udara di luar mobil.

Membuka kaca samping.

Tips Ampuh Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan 6

Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu membutuhkan cara yang cepat untuk menghilangkan embun. Dengan membuka kaca samping, kamu bisa menyeimbangkan suhu udara di dalam dan di luar mobil secara langsung.

Kesimpulan

Kaca mobil berembun adalah hal yang sering terjadi saat musim hujan atau saat suhu udara turun drastis. Hal ini disebabkan oleh proses kondensasi akibat adanya perbedaan suhu antara udara di dalam dan di luar mobil. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyalakan AC dan wiper mobil, menggunakan fitur defogger, mengaktifkan resirkulasi udara, menurunkan temperatur AC, atau membuka kaca samping.

Demikian artikel tentang cara mengatasi kaca mobil berembun saat hujan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu mengatasi masalah ini. Jika kamu punya pertanyaan atau feedback seputar artikel ini, silakan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments