Mungkinkah Melakukan Penyadapan dari HP? Ini Faktanya!

Halo, sobat Diringkas! Apakah kalian pernah merasa khawatir bahwa HP kalian disadap oleh orang lain? Atau mungkin kalian ingin tahu bagaimana cara menyadap HP orang lain? Jika ya, maka artikel ini cocok untuk kalian baca. Karena di sini, kita akan membahas tentang penyadapan HP, apa saja yang bisa dilakukan dengan penyadapan, bagaimana cara melakukannya, dan bagaimana cara mencegahnya. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Penyadapan HP?

Penyadapan HP adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk mengakses informasi pribadi atau rahasia yang tersimpan di dalam HP seseorang tanpa sepengetahuan atau izin dari pemiliknya. Informasi yang bisa disadap antara lain adalah:

  • Pesan teks, WhatsApp, Telegram, dan aplikasi chatting lainnya
  • Panggilan telepon, termasuk rekaman suara dan nomor yang dihubungi
  • Foto, video, musik, dan file lainnya yang ada di galeri atau penyimpanan HP
  • Lokasi GPS, termasuk riwayat perjalanan dan tempat yang sering dikunjungi
  • Data aplikasi lainnya, seperti email, media sosial, perbankan, dan sebagainya

Penyadapan HP bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Beberapa metode penyadapan yang umum digunakan adalah:

  • Menggunakan aplikasi penyadap. Aplikasi ini biasanya harus diinstal secara diam-diam di HP target dengan cara meminjamnya sebentar atau mengirimkan link unduhan yang menyamar sebagai sesuatu yang lain. Setelah terinstal, aplikasi penyadap akan mengirimkan data-data dari HP target ke HP penyadap melalui internet.
  • Menggunakan perangkat lunak mata-mata. Perangkat lunak ini biasanya harus diinstal di komputer atau laptop yang terhubung dengan HP target melalui kabel USB atau Bluetooth. Setelah terinstal, perangkat lunak mata-mata akan menyalin data-data dari HP target ke komputer atau laptop penyadap.
  • Menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman bisa dimanfaatkan oleh penyadap untuk mengintip data-data yang dikirimkan atau diterima oleh HP target melalui internet. Caranya adalah dengan menggunakan alat khusus yang disebut sniffer untuk menangkap paket-paket data yang lewat di jaringan Wi-Fi tersebut.
  • Menggunakan kartu SIM ganda. Kartu SIM ganda adalah kartu SIM yang memiliki dua nomor telepon dalam satu chip. Kartu SIM ini bisa digunakan oleh penyadap untuk menyadap panggilan telepon dan pesan teks dari HP target dengan cara memasangnya di HP lain yang dimiliki oleh penyadap. Dengan begitu, setiap panggilan atau pesan yang masuk atau keluar dari HP target akan terduplikasi ke HP penyadap.

Contoh Kasus Penyadapan HP

Penyadapan HP bukanlah hal yang asing di Indonesia. Banyak kasus-kasus penyadapan yang terjadi di berbagai bidang, baik itu politik, bisnis, hukum, maupun pribadi. Berikut adalah beberapa contoh kasus penyadapan HP yang sempat menghebohkan masyarakat Indonesia:

  • Kasus penyadapan telepon Presiden Joko Widodo oleh Australia pada tahun 2013. Kasus ini terungkap setelah mantan agen intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, membocorkan dokumen rahasia yang menunjukkan bahwa Australia telah menyadap telepon Presiden Joko Widodo dan beberapa pejabat tinggi Indonesia lainnya.
  • Kasus penyadapan telepon Ketua KPK Abraham Samad oleh Polri pada tahun 2015. Kasus ini terungkap setelah Polri mengumumkan bahwa mereka telah menangkap seorang tersangka kasus korupsi dengan menggunakan bukti rekaman telepon antara Abraham Samad dan seorang pengusaha bernama Andi Narogong.
  • Kasus penyadapan telepon artis Gisella Anastasia oleh orang tak dikenal pada tahun 2020. Kasus ini terungkap setelah video syur yang diduga menampilkan Gisella Anastasia dan seorang pria beredar luas di internet. Gisella Anastasia mengaku bahwa video tersebut adalah hasil rekaman pribadinya yang disadap oleh orang tak dikenal.

Bagaimana Cara Melakukan Penyadapan?

Melakukan penyadapan memerlukan pengetahuan tentang komputer yang cukup dalam, banyak proses yang perlu di lalui untuk men-setup agar virus yang ditanamkan di sebuah aplikasi yang ingin digunakan untuk menyadap bekerja.

Untuk proses garis besarnya kurang lebih seperti ini:

  1. Hacker menentukan aplikasi apa yang akan digunakan untuk melakukan sadap.
  2. Hacker membuat virus dan menyisipkannya ke aplikasi tersebut.
  3. Hacker menyebar luaskan virus dengan berbagai metode, mulai dari social engineering, phising dan metode penyebaran lainnya.
  4. Setelah ada target yang terperangkap, hacker melakukan aksinya dengan cara melakukan remote atau mengirim perintah di HP korban untuk mengirimkan data ke device hacker.

Sebagian besar hacker melakukan penyadapan menggunakan komputer sebagai device utama, IP yang digunakanpun harus sama agar aplikasi yang sudah di tanam virus bisa melakukan kontak sesuai dengan IP yang sudah di tanam. Itu adalah kelemahan dari melakukan hacking remote, mudah dilacak apabila hacker tersebut gegabah.

Untuk cara lengkapnya bisa lihat video dibawah ini, hanya pelajari ini untuk memproteksi diri sendiri, bukan untuk merugikan orang lain.

Bagaimana Cara Mencegah Penyadapan HP?

Penyadapan HP adalah suatu pelanggaran hak privasi yang bisa merugikan kita secara moral, psikologis, bahkan finansial. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dan waspada terhadap kemungkinan penyadapan HP yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyadapan HP:

  • Menggunakan kata sandi atau pola kunci yang kuat untuk mengunci layar HP kita. Jangan menggunakan kata sandi atau pola kunci yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, nama pasangan, atau angka berurutan. Juga, jangan pernah memberitahukan kata sandi atau pola kunci kita kepada siapa pun, termasuk orang terdekat kita.
  • Menghapus data-data penting atau sensitif yang tidak lagi dibutuhkan dari HP kita. Jika kita memiliki foto, video, file, atau data lainnya yang bersifat pribadi atau rahasia, sebaiknya kita hapus dari HP kita setelah kita selesai menggunakannya. Jika perlu, kita bisa menyimpannya di tempat lain yang lebih aman, seperti komputer, laptop, flashdisk, atau cloud storage.
  • Menghindari penggunaan jaringan Wi-Fi publik yang tidak aman untuk mengakses internet dari HP kita. Jika kita harus menggunakan jaringan Wi-Fi publik, sebaiknya kita menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk melindungi data-data kita dari penyadapan. VPN adalah suatu layanan yang bisa mengenkripsi data-data kita sehingga tidak bisa dibaca oleh orang lain yang berada di jaringan yang sama.
  • Menjaga HP kita agar tidak hilang atau dicuri oleh orang lain. Jika HP kita hilang atau dicuri, segera laporkan ke pihak berwenang dan minta untuk memblokir nomor telepon dan kartu SIM kita. Jika perlu, gunakan fitur find my device yang ada di HP kita untuk melacak lokasi HP kita dan menghapus data-data di dalamnya secara jarak jauh.
  • Menginstal aplikasi antivirus atau anti-malware yang terpercaya di HP kita. Aplikasi ini bisa membantu kita untuk mendeteksi dan menghapus aplikasi penyadap atau perangkat lunak mata-mata yang mungkin tersembunyi di HP kita. Selain itu, aplikasi ini juga bisa melindungi HP kita dari virus, malware, atau serangan siber lainnya.

Kesimpulan

Penyadapan HP adalah suatu tindakan yang bisa merugikan kita secara berbagai macam cara. Kita harus waspada dan berhati-hati terhadap kemungkinan penyadapan HP yang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai alasan. Kita juga harus melakukan langkah-langkah pencegahan untuk melindungi privasi dan keamanan data-data kita di HP kita.

Demikianlah artikel tentang penyadapan HP ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan, saran, atau komentar seputar artikel ini, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel dari Diringkas.com!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments