Apa Itu WiFi 7 dan Bagaimana Perbandingan Wifi 6 dengan Wifi 7?

Halo sobat Diringkas! Apakah kamu sudah tahu tentang WiFi 7? WiFi 7 adalah teknologi WiFi terbaru yang akan mulai dirilis tahun depan atau paling lambat 2024. WiFi 7 menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan dengan WiFi 6, salah satunya adalah kecepatan transfer data yang sangat tinggi. Tapi apa sih sebenarnya WiFi 7 itu? Dan bagaimana perbandingan Wifi 6 dengan WiFi 7? Yuk kita simak penjelasannya di artikel ini!

Pengertian WiFi 7

WiFi 7 adalah nama populer untuk standar IEEE 802.11be Extremely High Throughput (EHT). Standar ini merupakan pengembangan dari WiFi 6 (802.11ax) yang sudah ada sejak 2019. Tujuan dari WiFi 7 adalah untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi jaringan WiFi di lingkungan yang padat dan bervariasi, seperti perkantoran, rumah sakit, bandara, stadion, dan sebagainya.

WiFi 7 menghadirkan beberapa fitur baru yang membuatnya lebih unggul dari WiFi 6, antara lain:

  • Ultra-wide bandwidth 320 MHz, yang memungkinkan saluran WiFi lebih lebar dan dapat menampung lebih banyak data.
  • Skema modulasi tingkat tinggi 4096-QAM, yang memungkinkan setiap simbol data membawa lebih banyak bit, sehingga meningkatkan kecepatan transfer data.
  • Multi-RU, yang memungkinkan router WiFi membagi saluran menjadi beberapa unit sumber daya (RU) yang dapat dialokasikan secara dinamis kepada perangkat yang terhubung, sehingga meningkatkan efisiensi spektrum dan kapasitas jaringan.
  • Multi-Link Operation (MLO), yang memungkinkan perangkat WiFi beroperasi pada tiga frekuensi sekaligus (2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz), sehingga memungkinkan perangkat untuk mengirim dan menerima data secara simultan dan bersamaan di berbagai pita frekuensi dan saluran.

Apa Itu WiFi 7 dan Bagaimana Perbandingan Wifi 6 dengan Wifi 7?

Perbandingan WiFi 7 dengan WiFi 6

Berikut ini adalah tabel perbandingan antara WiFi 7 dengan WiFi 6:

FiturWiFi 6WiFi 7
Kecepatan maksimal9,6 Gbps46 Gbps
Bandwidth saluran20, 40, 80, dan 160 MHzHingga 320 MHz
Frekuensi2,4 GHz dan 5 GHz2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz
ModulasiOFDMA dengan 1024-QAMOFDMA dengan ekstensi dan 4096-QAM
MIMOUL/DL MU-MIMO dengan maksimal 8×8 antenaUL/DL MU-MIMO dengan maksimal 16×16 antena
RUMulti-RUMulti-RU

Dari tabel di atas, kita bisa melihat bahwa WiFi 7 memiliki kecepatan transfer data teoritis awal hingga 46 Gbps, sedangkan WiFi 6 memiliki maksimum teoritis hanya 9,6 Gbps. WiFi 7 juga menggandakan bandwidth saluran WiFi 6 dari 160MHz menjadi 320MHz. Ini penting karena saluran yang lebih luas menangani lebih banyak lalu lintas.

Selain itu, WiFi 7 juga mendukung frekuensi 6 GHz, yang merupakan pita frekuensi baru yang lebih bersih dan kurang bising dari frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz. Dengan MLO, WiFi 7 dapat berpindah antara frekuensi dan saluran secara pintar untuk meningkatkan kestabilan koneksi.

WiFi 7 juga menggunakan skema modulasi tingkat tinggi 4096-QAM, yang memungkinkannya untuk membawa 12 bit/symbol yang berarti secara teoritis 20% lebih lebih tinggi dibandingkan 1024-QAM WiFi 6 yang hanya mentok di 10 bit/symbol saja. WiFi 7 juga meningkatkan jumlah antena MIMO dari 8×8 menjadi 16×16, yang berarti dapat melayani lebih banyak perangkat secara bersamaan.

Manfaat WiFi 7 untuk Kebutuhan Masa Depan

Apa Itu WiFi 7 dan Bagaimana Perbandingan Wifi 6 dengan Wifi 7 2

Dengan semua keunggulan yang dimiliki oleh WiFi 7, tentu saja ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan di masa depan. Beberapa manfaat WiFi 7 antara lain adalah:

  • Streaming video 4K/8K tanpa jeda, buffering, atau gangguan kualitas gambar.
  • Memainkan cloud gaming tanpa lag, delay, atau putus-putus.
  • Mengakses konten Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan kualitas tinggi dan imersif.
  • Menunjang berbagai kebutuhan cloud computing, seperti telekonferensi, telemedisin, telekomunikasi, dan sebagainya dengan lancar dan stabil.
  • Mendukung perkembangan Internet of Things (IoT), smart home, smart city, dan teknologi canggih lainnya yang membutuhkan koneksi WiFi yang cepat dan andal.

Kesimpulan

WiFi 7 adalah teknologi WiFi terbaru yang akan segera hadir di tahun depan atau paling lambat 2024. WiFi 7 menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan dengan WiFi 6, seperti kecepatan transfer data yang sangat tinggi, bandwidth saluran yang lebih besar, frekuensi yang lebih banyak, modulasi yang lebih efisien, dan MIMO yang lebih kuat. WiFi 7 juga memberikan banyak manfaat untuk kebutuhan masa depan, seperti streaming video 4K/8K, cloud gaming, AR/VR, cloud computing, IoT, dan sebagainya.

Demikian artikel tentang apa itu WiFi 7 dan bagaimana perbandingannya dengan WiFi 6. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan sobat Diringkas. Jika ada pertanyaan atau feedback mengenai artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih sudah membaca!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments