Rasa Kopi dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba

Halo sobat Diringkas! Apakah kamu termasuk penggemar kopi? Jika iya, pasti kamu sudah tahu bahwa kopi memiliki berbagai jenis dan rasa yang berbeda-beda di setiap negara. Kopi tidak hanya sekadar minuman berkafein yang dapat meningkatkan energi dan fokus, tetapi juga memiliki cita rasa dan aroma yang khas dan menggugah selera.

Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang rasa kopi dari berbagai negara yang wajib kamu coba. Siapa tahu, kamu menemukan kopi favorit baru yang cocok dengan seleramu. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Rasa Kopi dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba

1. Caife Gaelach (Irlandia)

Rasa Kopi dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba 2

Caife Gaelach atau Irish coffee adalah salah satu kopi ikonik dari Irlandia yang cocok diseruput di sore hari atau saat bersantai. Kopi ini terdiri dari gula merah, krim kocok, wiski Irlandia, dan kopi hitam yang baru diseduh. Rasanya manis, gurih, dan hangat dengan sedikit sensasi pedas dari wiski.

Caife Gaelach pertama kali dibuat oleh seorang koki bernama Joe Sheridan yang bekerja di sebuah restoran di bandara Foynes Port, Irlandia. Racikan Sheridan ini disukai banyak orang dan menjadi menu populer di bandara tersebut.

2. Cortado (Spanyol)

Rasa Kopi dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba 3

Cortado adalah perpaduan antara espresso dan susu yang dikukus dengan uap (steamed milk). Susu akan membuat rasa espresso tidak terlalu kuat, namun tidak menghilangkan nuansa dari espresso itu sendiri. Cortado diambil dari kata kerja dalam bahasa Spanyol, cortar, yang artinya memotong. Ini merujuk pada susu yang mengurangi ketajaman rasa kopi.

Dalam membuat minuman ini, umumnya susu dan espresso dicampurkan dengan rasio satu banding satu. Cortado sangat populer di Spanyol dan negara-negara Amerika Latin lainnya.

3. Eiskaffee (Jerman)

Rasa Kopi dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba 4

Eiskaffee adalah kopi dingin ala Jerman yang sangat menyegarkan di musim panas. Kopi ini terbuat dari kopi dan es krim, serta tambahan lain seperti susu evaporasi, taburan cokelat, dan krim kocok. Eiskaffee biasanya disajikan di dalam gelas berukuran tinggi dan diminum dengan sedotan.

Eiskaffee berbeda dengan iced coffee atau cold brew yang biasa kita kenal. Eiskaffee lebih mirip dengan affogato atau es krim yang dituangi espresso panas.

4. Wiener Melange (Austria)

Rasa Kopi dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba 5

Wiener Melange adalah kopi Austria yang mirip dengan cappuccino. Bedanya, kopi yang digunakan lebih halus dan lebih ringan. Resep klasik wiener melange memerlukan setengah cangkir kopi yang diseduh dengan setengah cangkir krim dan bagian atasnya ditambahkan busa susu.

Tidak jarang, barista di Austria memasukkan krim kocok dan bubuk kakao ke dalam minuman tersebut. Wiener melange artinya campuran Wina, karena minuman ini berasal dari ibu kota Austria tersebut.

5. Yuanyuang (Hong Kong)

Rasa Kopi dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba 6

Yuanyuang adalah minuman unik dari Hong Kong yang merupakan campuran antara kopi tetes, susu, gula, dan teh Ceylon. Nama yuanyuang berasal dari burung mandarin yang hidup berpasangan seumur hidup. Minuman ini melambangkan harmoni antara dua bahan yang berbeda.

Rasa yuanyuang terbilang lembut dan manis, serta dapat diseduh panas atau dingin. Awalnya yuanyuang disajikan di tempat makanan terbuka di pinggir jalan Hong Kong, namun sekarang banyak kafe dan restoran yang juga menyediakan minuman tersebut.

6. Turk Kahvesi (Turki)

Rasa Kopi dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba 7

Turk kahvesi atau kopi Turki adalah salah satu kopi tertua di dunia yang memiliki konsistensi dan cita rasa yang kuat. Kopi ini dibuat dengan cara menyeduh bubuk kopi yang sangat halus dengan air dan gula di dalam sebuah cezve, yaitu alat masak berbentuk seperti teko kecil yang terbuat dari tembaga atau kuningan.

Kopi Turki biasanya disajikan setelah makan dengan menambahkan busa di atasnya. Kopi ini juga sering dikaitkan dengan ramalan nasib, karena bekas bubuk kopi di dasar cangkir dapat membentuk pola yang diartikan sebagai simbol-simbol tertentu.

7. Kopi Luwak (Indonesia)

Rasa Kopi dari Berbagai Negara yang Wajib Kamu Coba 8

Kopi luwak adalah salah satu kopi termahal dan paling langka di dunia yang berasal dari Indonesia. Kopi ini dibuat dari biji kopi yang telah dimakan dan dikeluarkan oleh luwak, yaitu hewan sejenis musang yang hidup di hutan tropis.

Proses pencernaan luwak akan mengubah struktur kimia biji kopi dan menghasilkan rasa yang lebih halus dan kurang pahit. Biji kopi luwak kemudian dikumpulkan, dicuci, dikeringkan, dan disangrai sebelum diseduh menjadi minuman.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa rasa kopi dari berbagai negara yang wajib kamu coba. Setiap negara memiliki cara tersendiri dalam menyajikan kopi sesuai dengan budaya dan selera mereka. Dengan mencicipi berbagai jenis kopi, kita dapat menikmati kekayaan rasa dan aroma yang berbeda-beda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang dunia kopi. Jika kamu memiliki pertanyaan atau feedback mengenai artikel ini, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments