Perputaran Ekonomi Laga Indonesia vs Argentina

Halo sobat Diringkas! Apakah kalian sempat menyaksikan laga persahabatan antara Indonesia vs Argentina yang berlangsung pada tanggal 19 Juni 2023 lalu? Pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta itu berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan Argentina.

Meskipun Indonesia harus mengakui keunggulan Argentina yang merupakan salah satu tim terbaik di dunia, namun laga tersebut tetap memberikan dampak positif bagi Indonesia, khususnya dari segi ekonomi. Menurut hasil riset dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (UI), perputaran uang yang terjadi akibat pertandingan tersebut mencapai hampir Rp 1 triliun!

Perputaran Ekonomi Laga Indonesia vs Argentina

Bagaimana bisa? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Perputaran Uang dari Berbagai Sektor

LPEM UI memproyeksikan bahwa perputaran uang dari laga Indonesia vs Argentina sebesar Rp 965 miliar melibatkan 185 sektor ekonomi. Sektor-sektor yang mendapatkan dampak tertinggi adalah penyediaan makan dan minum, jasa kesenian, hiburan dan rekreasi, serta jasa penyiaran dan pemrograman film.

Perputaran uang tersebut menciptakan nilai tambah ekonomi sebesar Rp 495 miliar, tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp 188 miliar, pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 28 miliar, dan penciptaan kesempatan kerja sekitar 5.719 orang.

Berikut adalah tabel yang menunjukkan rincian perputaran uang dari beberapa sektor terkait:

SektorPerputaran Uang (Rp miliar)
Penyediaan makan dan minum218
Jasa kesenian, hiburan dan rekreasi153
Jasa penyiaran dan pemrograman film129
Perdagangan eceran75
Transportasi darat67
Jasa akomodasi64
Jasa keuangan44
Jasa profesional, ilmiah dan teknis38
Jasa informasi dan komunikasi36
Jasa pendidikan32

Sumber: LPEM UI

Dampak Positif bagi Citra dan Industri Sepak Bola Indonesia

Selain dari sisi ekonomi, LPEM UI juga menilai bahwa pertandingan Indonesia vs Argentina memberikan dampak positif bagi citra Indonesia di mata dunia. Pertandingan tersebut menunjukkan bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan acara olahraga internasional dengan baik dan aman.

Pertandingan tersebut juga menjaga antusiasme masyarakat terhadap sepak bola nasional, yang dapat mendukung pengembangan industri sepak bola di dalam negeri. Dengan adanya pertandingan seperti ini, diharapkan akan ada lebih banyak bakat-bakat muda yang bermunculan dan berprestasi di kancah sepak bola dunia.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa laga Indonesia vs Argentina tidak hanya sekadar pertandingan persahabatan, tetapi juga memiliki manfaat ekonomi dan sosial yang besar bagi Indonesia. Pertandingan tersebut menciptakan perputaran uang hampir Rp 1 triliun, meningkatkan nilai tambah ekonomi, pendapatan pekerja, pendapatan pajak, dan kesempatan kerja.

Pertandingan tersebut juga meningkatkan citra Indonesia sebagai tuan rumah yang baik dan profesional dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional. Pertandingan tersebut juga membangkitkan semangat masyarakat untuk mendukung timnas Indonesia dan industri sepak bola nasional.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan tentang perputaran ekonomi laga Indonesia vs Argentina. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan sobat Diringkas. Jika ada pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments