fbpx

Menghadapi Teman yang Suka Marah-Marah

Mungkin kamu sedang gundah gulana karena menghadapi teman yang suka marah-marah gajelas? Disini saya akan membagikan bagaimana sih cara menanggapi teman yang marah mulu.

Kenali Penyebab Marahnya

Mengenali penyebab marah teman kamu cukup penting, karena dengan mengetahui penyebabnya kamu bisa klarifikasi atau berusaha menenangkannya dengan sesuatu yang relavan.

Penyebab marah yang umum adalah merasa diremehkan, disakiti, frustasi, tidak berdaya, ijin jemput ayah padahal masih main dan memberikan bukti, backseating temen 24/7, dan putus asa.

Langkah yang harus dilakukan ketika teman marah-marah

  • Tetap tenang, kamu mungkin juga merasa tidak nyaman dengan situasi seperti itu, tapi cobalah tetap tenang karena api melawan api tidak akan memadamkan apapun.
  • Berikan mereka waktu, meluapkan amarah juga termasuk membakar energinya, berikan waktu untuk mereka agar tetap tenang dan berfikir, cara memberikan waktu untuk mereka berfikir salah satunya adalah dengan diam, kalau diomongin mulu nanti gak kelar-kelar lho marahnya hihi.
  • Jaga jarak dengannya, menjaga jarak dengan orang yang sedang marah-marah adalah hal yang penting, apalagi apabila kemarahannya sudah di tahap yang sudah tidak masuk akal. Kalau kamu merasa dia marahnya sudah keterlaluan, maka mending hindarin saja dia dulu, tunggu kemarahannya reda.
  • Bantu menyelesaikan masalah yang mentrigger kemarahannya, ketika situasi sudah mereda ada baiknya kamu membantunya untuk segera menyelesaikan masalahnya agar tidak berlarut larut ya..
  • Ajak dia ke orang yang lebih ahli, contoh mengajaknya ke dokter atau minimal bujuk agar mau mencoba konsultasi di halodoc deh.

Trus gimana kalau orangnya udah kelewatan banget sampai abusif?

  • Jangan dilawan ketika orang sedang marah dan bersikap agresif, tunggu sampai situasinya reda dulu.
  • Gunakan rencana ke 2 yaitu panggil pihak yang berwajib, gunakan cara ini ketika memang dia marahnya mengakibatkan kamu bisa berpotensi kekerasan yang membahayakan kamu dan sekitar.

Gimana kalau mereka gak merasa kalau yang mereka lakukan salah?

menghadapi teman yang suka marah

Mungkin setelah melakukan identifikasi masalah yang terjadi dia tetap tidak merasa atau tidak tau apa yang membuat mereka marah, jadi bener-bener gakjelas gitu, ada baiknya kamu mendukung dia agar mau ke dokter untuk minta bantuan.

Normal bagi manusia biasa untuk merasa frustasi, stres, dan lemah yang bisa mengakibatkan ini. Tapi ingat seseorang punya batasnya masing-masing, ada orang yang dihina orang tuanya langsung marah, ada yang cuman dikatain dikit langsung marah, tapi ada juga yang tipe orang bahkan dikatain semua-semuanya bahkan kamu sampai capek gimana tuh orang sampai gak bisa marah.

Konklusi

Menghadapi teman yang suka marah memanglah menguras energi kita, tapi alangkah baiknya kita menjaga energi positif yang kita punya agar teman kita yang marah-marah terpengaruhi juga oleh energi positif.

Terkadang orang marah-marah itu cuman karena capek dan perlu didengarkan kok, sama seperti curhat, cobalah nasehati dan diiringi candaan misal seperti “Marah-marah bikin cepat tua lho!” haha.

Semoga postingan saya membantu bagi kalian yang sedang menghadapi teman yang suka marah-marah!

Baca Juga  Introvert Artinya Apa? Beberapa Tipe Introvert
Langganan
Beritahu dari
guest
7 Comments
tertua
Terbaru Suara Terbanyak
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar
Faishal Arsal
Faishal Arsal
2 months ago

mantap teman

Yoshua
2 months ago

hmmm (merasa tersindir tersundur)

Muhammad Bariq
Muhammad Bariq
2 months ago

Sangat Membantu

Yoshua Marchiano
Yoshua Marchiano
2 months ago

Setuju sama Faishal

7
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
id_IDIndonesian