fbpx

Introvert Artinya Apa? Beberapa Tipe Introvert

Mengenal Introvert

 

Introvert artinya secara singkat adalah sebuah personalitas orang yang lebih nyaman sendiri atau berada di lingkup kecilnya, mereka lebih menyukai bersosialisasi dengan sedikit teman.

Tanda-tanda Introverttanda introvert

Walaupun ada beberapa tipe, tapi secara umum introvert memiliki beberapa persamaan, yaitu:

  • Merasa nyaman saat sendirian
  • Lebih suka menulis daripada berbicara (Lebih memilih chat daripada telfon)
  • Tidak terlalu suka dengan kerja kelompok
  • Punya temen dikit, tapi bisa dibilang sangat akrab dengan mereka
  • Merasa capek di keramaian
  • Butuh ketenangan untuk konsentrasi

Beberapa Tipe Introvert

Ternyata introvertpun memiliki beberapa tipe lho, mungkin istilah si paling introvert akan bisa dipakai setelah mengetahui ini xixixixi, beberapa orang memang bisa dibilang lebih introvert daripada introvert lainnya. Berikut beberapa tipe introvert:

Introvert sosial: Menyukai kelompok kecilnya sendiri yang sepi ketimbang keramaian.

Introvert pemikir: Tipe introvert ini adalah orang-orang pemimpi. Mereka menghabiskan waktunya di pikirannya sendiri dan tergolong memiliki kreatifitas imajinasi yang tinggi.

Anxious introvert: Introvert tipe ini merasa canggung, cemas, gelisah dan malu di sekitar orang banyak, jadi mereka sangat menyukai menghabiskan waktu sendirian.

Introvert tenang: Mereka lebih berfikir dalam melakukan sesuatu, tidak buru-buru dan biasanya lebih lama dalam mengambil keputusan.

Introvert bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu, tergantung lingkungan dan kepada siapa mereka berbicara dalam kehidupan yang dijalani, tapi sangat langka atau bahkan tidak mungkin seorang introvert berubah menjadi ekstrovert(kebalikan dari introvert).

Mitos dan Kesalahpahaman

Beberapa mitos dan kesalahpaham orang-orang terhadap para introvert pun ditemui di kehidupan sehari hari. Kebanyakan menganggap bahwa introvert sudah pasti pemalu padahal tidak begitu, introvert adalah sebuah personalitas sedangkan malu adalah sebuah emosi, sudah jelas berbeda ya kawan-kawan.

Baca Juga  Kumpulan RPC Metamask Terupdate!

Mereka juga lebih memilih untuk tidak datang ke acara yang melibatkan banyak orang, mereka melakukannya bukan karena memiliki sentimen terhadap salah satu atau beberapa orang disitu, tetapi memang karena mereka merasa sangat tidak nyaman dan apabila datangpun akan lebih memilih untuk sendiri di pojokan atau bersama teman terdekatnya, jadi apabila terdesak untuk datang ke sebuah acara sosial lebih baik bawa teman yang bisa diajak ngobrol ya!

Ada juga mitos tentang introvert yang katanya tidak ramah ke orang lain, tidak bisa menjadi pemimpin dan susah dikenal. Sebenarnya hal tersebut tidak benar, stereotip tidak ramah terjadi karena memang mereka(introvert) tidak suka berada di kelompok yang besar. Untuk menjadi leader? BISA, mereka lebih pemikir dan lebih memikirkan jangka panjangnya. Mereka bukannya susah dikenal, tapi mereka hanya akan membuka diri kepada orang terdekat dengan mereka saja.

Untuk lebih detail tentang Introvert bisa kalian baca lengkapnya di Extraversion and introversion – Wikipedia.

Terima kasih bagi yang sudah membaca sejauh ini, semoga artikel ini membantu kalian mengetahui lebih dalam tentang apa itu artinya introvert. 😀

Langganan
Beritahu dari
guest
2 Comments
tertua
Terbaru Suara Terbanyak
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar
Yoshua
4 months ago

insight yang bagus!

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
id_IDIndonesian