Mengapa Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan?

Halo sobat Diringkas! Kali ini kita akan membahas tentang mengapa tim sepak bola disebut kesebelasan. Apakah kamu sudah tahu alasan di balik istilah ini? Yuk simak artikel berikut ini sampai habis!

Mengapa Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan?

Sepak bola adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Hampir setiap negara memiliki tim nasional dan liga profesional yang berkompetisi di berbagai turnamen dan kejuaraan. Sepak bola juga memiliki jutaan penggemar yang setia menyaksikan pertandingan-pertandingan seru dan mendukung tim favorit mereka.

Namun, tahukah kamu bahwa ada istilah khusus untuk menyebut tim sepak bola? Ya, istilah tersebut adalah kesebelasan. Istilah ini sering digunakan oleh para komentator, media, maupun penggemar sepak bola untuk menyebut tim atau regu yang bertanding di lapangan.

Lantas, apa sih alasan mengapa tim sepak bola disebut kesebelasan? Apa arti dan makna di balik istilah ini? Mari kita cari tahu jawabannya di artikel ini!

Alasan Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan

Mengapa Tim Sepak Bola Disebut Kesebelasan 2

Alasan utama mengapa tim sepak bola disebut kesebelasan adalah karena jumlah pemain dalam satu tim berjumlah 11 orang . Hal ini berdasarkan ketentuan atau peraturan dari FIFA sebagai Asosiasi sepak bola dunia yang sudah diakui secara global. Jadi total pemain yang bertanding ada 22 orang.

Angka 11 ini bukanlah angka sembarangan, melainkan angka yang sudah ditetapkan sejak awal sejarah sepak bola modern. Pada tahun 1863, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengeluarkan peraturan pertama tentang sepak bola yang disebut Laws of the Game. Dalam peraturan tersebut, ditulis bahwa “setiap klub harus memiliki 11 pemain dalam satu tim” .

Peraturan ini kemudian diadopsi oleh FIFA pada tahun 1904 saat organisasi tersebut didirikan. Hingga saat ini, peraturan tentang jumlah pemain dalam satu tim tidak mengalami perubahan signifikan, meskipun ada beberapa penyesuaian terkait dengan pergantian pemain dan jumlah pemain cadangan.

Jumlah pemain dalam satu tim tidak boleh lebih dari 11 orang, tetapi bisa kurang dari itu jika ada hal-hal tertentu yang terjadi, seperti:

  • Pemain terkena kartu merah dan harus keluar dari lapangan
  • Pemain mengalami cedera dan tidak bisa diganti karena jatah pergantian sudah habis
  • Pemain melakukan pelanggaran berat atau tidak sportif yang membuat wasit mengeluarkannya dari pertandingan

Namun, jumlah minimum pemain dalam satu tim juga dibatasi oleh FIFA. Pertandingan hanya bisa dilanjutkan jika setiap tim memiliki sekurang-kurangnya 7 pemain di lapangan . Jika kurang dari itu, maka tim tersebut akan didiskualifikasi dan tim lawan akan dinyatakan menang secara otomatis.

Posisi dan Peran Pemain dalam Kesebelasan

Meskipun jumlah pemain dalam satu tim adalah 11 orang, bukan berarti semua pemain memiliki posisi dan peran yang sama. Setiap pemain memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda sesuai dengan posisi mereka di lapangan.

Secara umum, ada empat posisi utama dalam sepak bola, yaitu:

  • Kiper
  • Pemain bertahan
  • Gelandang
  • Penyerang

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing posisi tersebut:

Kiper

Kiper atau penjaga gawang adalah pemain yang bertugas untuk menjaga gawang agar tidak kemasukan bola. Kiper adalah satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangan untuk menangkap atau menepis bola, asalkan berada di dalam kotak penalti.

Selain itu, kiper juga memiliki peran lain, yaitu:

  • Mengarahkan pemain bertahan dalam membentuk formasi dan strategi
  • Mendistribusikan bola ke depan dengan melempar, menendang, atau mengoper bola
  • Mengantisipasi serangan lawan dengan keluar dari gawang jika diperlukan
  • Menyelamatkan tim dari situasi-situasi kritis, seperti tendangan penalti atau tendangan bebas

Pemain Bertahan

Pemain bertahan adalah pemain yang bertugas untuk melindungi gawang dari serangan lawan. Pemain bertahan biasanya berada di depan kiper dan berusaha untuk merebut, menghalau, atau mengintersep bola yang dimiliki oleh lawan.

Selain itu, pemain bertahan juga memiliki peran lain, yaitu:

  • Membantu kiper dalam menjaga gawang dengan melakukan blokade, tekel, atau sundulan
  • Membangun serangan dari belakang dengan mengoper bola ke gelandang atau penyerang
  • Mencetak gol jika mendapat kesempatan, seperti saat tendangan sudut atau tendangan bebas

Gelandang

Gelandang adalah pemain yang bertugas untuk menghubungkan antara lini pertahanan dan lini penyerangan. Gelandang biasanya berada di tengah lapangan dan berusaha untuk menguasai bola serta mengatur aliran permainan.

Selain itu, gelandang juga memiliki peran lain, yaitu:

  • Membantu pemain bertahan dalam merebut bola dari lawan
  • Membantu penyerang dalam menciptakan peluang gol dengan memberikan umpan, crossing, atau dribel
  • Mencetak gol jika mendapat kesempatan, seperti saat tembakan jarak jauh atau tendangan bebas

Penyerang

Penyerang adalah pemain yang bertugas untuk mencetak gol ke gawang lawan. Penyerang biasanya berada di depan lapangan dan berusaha untuk menerima bola dari gelandang atau pemain lain.

Selain itu, penyerang juga memiliki peran lain, yaitu:

  • Membuat ruang bagi rekan satu tim dengan bergerak atau berlari di sekitar area penalti lawan
  • Mengganggu konsentrasi pemain bertahan dan kiper lawan dengan melakukan tekanan atau provokasi
  • Membantu gelandang dan pemain bertahan dalam merebut bola jika diperlukan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa:

  • Tim sepak bola disebut kesebelasan karena jumlah pemain dalam satu tim berjumlah 11 orang sesuai dengan peraturan FIFA
  • Setiap pemain dalam kesebelasan memiliki posisi dan peran yang berbeda-beda sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka di lapangan
  • Posisi utama dalam sepak bola adalah kiper, pemain bertahan, gelandang, dan penyerang

Demikian artikel tentang mengapa tim sepak bola disebut kesebelasan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang sepak bola. Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau komentar tentang artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments