Mengapa Pengguna iPhone Harus Menahan Diri dari Mengunduh iOS 18 Beta?

Sebagai pengguna iPhone, kita sering kali tergoda untuk mencoba hal-hal baru, terutama ketika ada pembaruan sistem operasi yang diumumkan. iOS 18 Beta, dengan segala fitur dan peningkatannya yang menjanjikan, tentu saja menarik perhatian. Meskipun ada fitur-fitur menarik yang akan memudahkan pengguna, versi beta ini masih penuh dengan masalah. Artikel ini akan membahas mengapa Kamu sebaiknya tidak mengunduh iOS 18 beta dan apa saja risikonya.

iOS 18 Beta

iOS 18 Beta merupakan versi percobaan terbaru dari sistem operasi mobile Apple yang dirancang untuk pengembang dan pengguna awal yang ingin mencoba fitur-fitur baru sebelum diluncurkan secara resmi. Versi Beta ini biasanya hadir dengan berbagai peningkatan dan fitur baru yang belum tersedia di versi publik.

Misalnya, iOS 18 Beta mungkin memperkenalkan antarmuka pengguna yang diperbarui, peningkatan kinerja, dan fitur keamanan yang lebih baik. Pengguna dapat mendaftar untuk program perangkat lunak Beta Apple untuk mengakses versi ini dan memberikan umpan balik kepada Apple tentang pengalaman mereka. Namun penting untuk dicatat bahwa karena ini adalah versi Beta, mungkin terdapat beberapa bug atau masalah yang belum terselesaikan, sehingga pengguna harus berhati-hati saat menginstalnya pada perangkat utama mereka.

Alasan Kuat Sebaiknya Menunggu Sebelum Mengunduh Versi Beta

Berikut alasan kuat mengapa Kamu sebaiknya menunggu sebelum mengunduh versi Beta ini:

Versi Beta Berisiko Tinggi

Versi beta adalah rilis pra-perilisan yang tersedia untuk beberapa pengguna sebelum perangkat lunak secara komersial diluncurkan. Sayangnya, iOS 18 beta masih memiliki banyak masalah. Pengguna yang mengunduhnya berisiko mengalami masalah kinerja, seperti daya baterai yang lebih pendek, masalah pengisian daya, pemberitahuan yang hilang atau tidak terkirim, dan beberapa aplikasi yang tidak berfungsi.

Tidak Cocok untuk Penggunaan Sehari-hari

Ingatlah bahwa versi beta belum dalam bentuk akhir. Jika Kamu hanya memiliki satu iPhone, lebih baik jangan mengunduhnya. Sistem ini masih dalam tahap pengembangan dan mungkin mengalami gangguan saat mencoba menemukan jalannya.

Saran dari Ahli

Penulis teknologi Michael Swengel menyarankan agar Kamu tidak meng-upgrade perangkat utamamu ke versi beta. Ini adalah versi beta publik pertama, dan pasti akan ada masalah. Jika Kamu ingin mencoba versi beta, gunakan perangkat lain jika memungkinkan.

Masalah Yang Ditemukan Oleh Pengembang

Pengembang John Williams Archer menemukan beberapa masalah saat menguji iOS 18 beta pada iPhone 12 Pro Max cadangannya. Perangkat tersebut secara otomatis reboot ketika keluar dari layar kunci. Fitur “Kunci dan Sembunyikan Aplikasi” juga tidak berfungsi dengan baik.

Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengunduh iOS 18 Beta

Syarat dan Risiko Mengunduh iOS 18 Beta

Sebelum mengunduh iOS 18 Beta, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui:

  1. Perangkat yang Didukung: iOS 18 hanya dapat dipasang pada iPhone XS atau seri yang lebih baru. Pastikan perangkatmu termasuk dalam daftar ini agar proses pembaruan berjalan lancar.
  2. Versi iOS Terbaru: Pastikan iPhone Kamu sudah menjalankan iOS 16.4 atau versi yang lebih baru sebelum memperbarui ke iOS 18 Beta.
  3. Backup Data: Sangat disarankan untuk melakukan backup data sebelum memasang iOS 18 Beta. Ini akan mencegah kehilangan data jika terjadi masalah selama pengujian.

Cara Mengunduh dan Memasang iOS 18 Beta:

  1. Buka menu “Settings” di iPhone.
  2. Pilih “General” dan kemudian “Software Update”.
  3. Ketuk opsi “Beta Updates” dan pilih “iOS 18 Developer Beta”.
  4. Ketuk “Update Now”. Proses pengunduhan akan berjalan, dan iPhone akan memasang iOS 18 Beta dalam waktu sekitar 30 menit.

Jadi, apa yang sebaiknya Kamu lakukan? Tunggu. Tunggu sampai versi stabil dari iOS 18 dirilis. Ini mungkin membutuhkan kesabaran, tetapi pada akhirnya, Kamu akan mendapatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik, lebih stabil, dan lebih aman. Jika Kamu benar-benar ingin mencoba fitur baru, pertimbangkan untuk bergabung dengan program Apple Beta Software, tetapi lakukan ini hanya pada perangkat kedua yang tidak Kamu andalkan untuk kegiatan sehari-hari.

Ingat, kesabaran adalah kunci. Dengan menunggu, Kamu tidak hanya menghindari frustrasi dari bug dan masalah lainnya, tetapi Kamu juga membantu komunitas dengan membiarkan pengembang dan pengguna lain menemukan dan melaporkan masalah tersebut. Dengan demikian, ketika Kamu akhirnya mengunduh iOS 18, Kamu akan mendapatkan versi yang lebih matang dan menyenangkan untuk digunakan.

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berguna bagi Kamu, dan selalu ingat untuk berpikir dua kali sebelum mengunduh versi Beta dari sistem operasi apapun. Selamat menunggu dan semoga pengalaman penggunaan iPhone Kamu selalu menyenangkan!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments