Seberapa Cepat Sebuah Mobil Bisa Melaju?

Halo sobat Diringkas! Apakah kalian pernah penasaran seberapa cepat sebuah mobil bisa melaju? Mungkin kalian sering melihat mobil-mobil balap yang berkecepatan tinggi di film-film atau di lintasan sirkuit. Tapi tahukah kalian bahwa ada beberapa mobil yang bisa melampaui kecepatan suara? Ya, itu benar. Ada mobil yang bisa bergerak lebih cepat dari bunyi. Bagaimana bisa? Mari kita simak penjelasannya di artikel ini.

Apa itu kecepatan suara?

Sebelum kita membahas tentang mobil-mobil super cepat, kita perlu tahu dulu apa itu kecepatan suara. Kecepatan suara adalah kecepatan maksimum yang bisa dicapai oleh gelombang suara di udara. Kecepatan suara bergantung pada suhu dan tekanan udara, tetapi secara umum, kecepatan suara di udara adalah sekitar 340 meter per detik atau 1225 kilometer per jam. Jadi, jika ada benda yang bergerak lebih cepat dari itu, maka benda tersebut akan melampaui kecepatan suara.

Apa yang terjadi jika benda melampaui kecepatan suara?

Jika ada benda yang bergerak lebih cepat dari kecepatan suara, maka benda tersebut akan menciptakan gelombang kejut yang disebut sonic boom. Sonic boom adalah bunyi keras yang terdengar ketika benda tersebut melewati pengamat. Sonic boom terjadi karena benda tersebut mendorong udara di depannya dengan sangat cepat sehingga udara tidak punya waktu untuk mengalir keluar dari jalan benda tersebut. Akibatnya, udara di depan benda tersebut menumpuk dan membentuk gelombang tekanan tinggi yang menyebar ke segala arah. Ketika gelombang ini mencapai telinga pengamat, kita mendengar bunyi sonic boom. Untuk contoh bagaimana sih suara sonic boom itu? bisa lihat video dibawah ini.

Apa saja mobil yang bisa melampaui kecepatan suara?

Ada beberapa mobil yang dirancang khusus untuk mencoba memecahkan rekor kecepatan darat dan melampaui kecepatan suara. Salah satu contohnya adalah Thrust SSC, sebuah mobil jet yang dikendarai oleh Andy Green pada tahun 1997. Mobil ini berhasil mencatatkan rekor kecepatan darat sebesar 1228 kilometer per jam atau 1,02 kali kecepatan suara. Mobil ini memiliki dua mesin jet Rolls-Royce Spey yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 ribu kuda. Mobil ini juga memiliki roda khusus yang dibuat dari paduan aluminium dan titanium untuk menahan tekanan dan panas yang tinggi.

Selain Thrust SSC, ada juga proyek Bloodhound LSR, sebuah mobil jet yang masih dalam pengembangan dan ditargetkan untuk mencapai kecepatan 1600 kilometer per jam atau 1,4 kali kecepatan suara. Mobil ini juga menggunakan mesin jet Rolls-Royce EJ200 yang biasa digunakan pada pesawat tempur Eurofighter Typhoon. Mobil ini juga dilengkapi dengan roket tambahan untuk memberikan dorongan ekstra. Proyek ini dipimpin oleh Richard Noble, yang juga merupakan mantan pemegang rekor kecepatan darat sebelum Andy Green.

Kesimpulan

Dari artikel ini, kita bisa mengetahui bahwa ada beberapa mobil yang bisa melaju lebih cepat dari kecepatan suara dan menciptakan sonic boom. Mobil-mobil ini dirancang dengan teknologi canggih dan memiliki mesin jet yang sangat kuat. Namun, mobil-mobil ini bukanlah mobil biasa yang bisa kita gunakan untuk berkendara di jalan raya. Mobil-mobil ini hanya digunakan untuk tujuan penelitian dan rekor.

Demikianlah artikel kali ini tentang seberapa cepat sebuah mobil bisa melaju. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Jika kalian punya pertanyaan atau komentar seputar artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments