Toyota Yaris Cross 2023, Mobil SUV Keren Terbaru Buatan Toyota!

Halo sobat Diringkas! Kali ini kita akan membahas tentang Toyota Yaris Cross 2023, mobil SUV yang sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta otomotif. Apa sih yang membuat mobil ini begitu menarik? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Toyota Yaris Cross 2023: SUV Hybrid Pertama di Segmen B

Toyota Yaris Cross 2023 adalah SUV hybrid pertama di segmen B yang diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada bulan Mei 2023. Mobil ini merupakan hasil dari penelitian, pengembangan, dan inovasi selama bertahun-tahun oleh Toyota untuk menghadirkan ever-better cars yang sanggup memenuhi tuntutan pengemudi modern yang terus berkembang.

Toyota Yaris Cross 2023 memiliki konsep “Solid & Dynamic”, dengan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm. Mobil ini juga memiliki ground clearance 150 mm, yang cocok untuk melibas berbagai medan jalan.

Mobil ini tersedia dalam dua varian, yaitu varian bensin dan varian hybrid. Varian bensin menggunakan mesin 1.500 cc Dual VVT-i dengan transmisi CVT yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 107 PS dan torsi maksimal 140 Nm. Sedangkan varian hybrid menggunakan mesin 1.500 cc Atkinson Cycle dengan transmisi e-CVT yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 116 PS dan torsi maksimal 120 Nm.

Salah satu keunggulan Toyota Yaris Cross 2023 adalah teknologi hybrid yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Teknologi hybrid adalah teknologi yang menggabungkan mesin bensin dan motor listrik sebagai sumber tenaga. Dengan teknologi ini, mobil dapat berjalan dengan menggunakan tenaga listrik saja, tenaga bensin saja, atau kombinasi keduanya.

Teknologi hybrid juga memiliki sistem regenerative braking, yaitu sistem yang dapat mengubah energi kinetik yang terbuang saat pengereman menjadi energi listrik yang disimpan di baterai. Dengan begitu, baterai tidak perlu diisi ulang secara eksternal, melainkan dapat terisi secara otomatis saat berkendara.

Berikut adalah tabel perbandingan konsumsi bahan bakar antara varian bensin dan varian hybrid Toyota Yaris Cross 2023:

VarianKonsumsi Bahan Bakar (km/liter)
Bensin18,5
Hybrid28

Dari tabel di atas, kita bisa melihat bahwa varian hybrid memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit daripada varian bensin, yaitu sekitar 28 km/liter. Ini berarti bahwa dengan menggunakan varian hybrid, kita bisa menghemat biaya bahan bakar sekaligus mengurangi emisi gas buang yang berdampak pada lingkungan.

Fitur Unggulan Toyota Yaris Cross 2023

Toyota Yaris Cross 2023 tidak hanya menawarkan performa berkendara yang fun to drive, tetapi juga fitur-fitur unggulan yang meningkatkan kenyamanan, fungsionalitas, dan keselamatan pengemudi dan penumpang. Berikut adalah beberapa fitur unggulan Toyota Yaris Cross 2023:

  • Smart Entry & Start System: fitur ini memungkinkan pengemudi untuk membuka dan menutup pintu serta menyalakan mesin tanpa harus menggunakan kunci fisik, melainkan hanya dengan menggunakan kunci pintar (smart key) yang dapat dikenali oleh sensor pada mobil.
  • Digital Inner Mirror: fitur ini memungkinkan pengemudi untuk melihat kondisi di belakang mobil melalui layar LCD yang terpasang di tempat kaca spion dalam. Fitur ini berguna untuk menghindari blind spot dan meningkatkan visibilitas saat berkendara di malam hari atau saat cuaca buruk.
  • Panoramic View Monitor: fitur ini memungkinkan pengemudi untuk melihat kondisi di sekitar mobil melalui empat kamera yang terpasang di depan, belakang, dan samping mobil. Fitur ini berguna untuk membantu pengemudi saat parkir atau bermanuver di tempat sempit.
  • Toyota Safety Sense: fitur ini merupakan paket fitur keselamatan aktif yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Fitur-fitur ini bekerja secara otomatis untuk mencegah atau mengurangi risiko kecelakaan dengan mendeteksi adanya kendaraan, pejalan kaki, atau rintangan lain di depan mobil dan memberikan peringatan atau intervensi kepada pengemudi.
  • 7 SRS Airbags: fitur ini merupakan fitur keselamatan pasif yang terdiri dari tujuh kantong udara yang terpasang di depan, samping, dan atas mobil. Fitur ini berguna untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan keras saat terjadi kecelakaan.

Harga dan Pilihan Warna Toyota Yaris Cross 2023

Toyota Yaris Cross 2023 dijual dengan rentang harga Rp 300 juta sampai Rp 400 juta (OTR Jakarta), tergantung dari varian dan tipe yang dipilih. Berikut adalah daftar harga Toyota Yaris Cross 2023:

VarianTipeHarga (Rp)
BensinG351.000.000
BensinV381.000.000
HybridG440.600.000
HybridV470.600.000

Toyota Yaris Cross 2023 tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu:

  • Attitude Black Mica
  • Silver Metallic
  • Dark Blue Mica Metallic
  • Red Mica Metallic
  • Platinum White Pearl
  • Graphite Metallic

Kesimpulan

Toyota Yaris Cross 2023 adalah SUV hybrid pertama di segmen B yang menawarkan performa berkendara yang fun to drive, teknologi hybrid yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, serta fitur-fitur unggulan yang meningkatkan kenyamanan, fungsionalitas, dan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Mobil ini cocok untuk masyarakat perkotaan yang dinamis dan berjiwa petualang, yang menginginkan SUV yang high performance, fuel efficient, serta diperkuat oleh kenyamanan dan fungsionalitas terbaik di kelasnya.

Demikian ulasan lengkap tentang Toyota Yaris Cross 2023. Semoga bermanfaat bagi sobat Diringkas yang sedang mencari informasi tentang mobil SUV terbaru dari Toyota. Jika ada pertanyaan atau feedback mengenai artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments