fbpx

Bagaimana Cara Kerja Firewall di Komputer?

Bagaimana cara kerja firewall? Firewall secara garis besar adalah mekanisme pertahanan untuk melindungi pengguna internet dari serangan hacker ataupun dari koneksi yang tidak diinginkan.

Itu secara garis besarnya, tapi bagaimana secara detailnya?

Bagaimana cara kerja firewall?

Firewall itu bekerja sebagai perantara dari kegiatan yang kamu lakukan di Internet, dia berada di tengah sebagai pemfilter mana data internet yang baik dan mana data internet yang buruk.

bagaimana cara kerja firewall

Gambar diatas adalah ilustrasi sederhana dari bagaimana cara kerja firewall, garis biru menandakan bahwa koneksi tersebut didapat dari sumber yang terpercaya, dan garis merah adalah koneksi yang berasal dari hacker.

Karena adanya firewall maka koneksi yang sampai ke kamu adalah koneksi dari sumber yang aman, dan koneksi yang berasal dari hacker tertahan di firewall.

Apakah firewall penting?

Firewall sangat penting bagi kamu yang sering menggunakan internet untuk keperluan sehari-hari, tanpa firewall, tidak menutup kemungkinan kamu akan lebih rentan terkena serangan.

Disini saya katakan bahwa “penting” ini subjektif ya, mungkin bagi kamu yang sudah paham tentang bahaya apa saja di Internet lebih senang mematikan firewall, karena terkadang ada aplikasi yang tidak bisa digunakan karena terhalang firewall.

Apalagi misalkan kamu terkoneksi di wifi publik, misal di bandara, hotel, wifi corner dll. Kemungkinan untuk bertemu orang yang usil dengan koneksi akan lebih besar.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi yang terhalang firewall?

Caranya adalah dengan menambahkan aplikasi yang akan digunakan atau mengubah rules dari aplikasi tersebut di pengaturan firewall, contohnya seperti gambar di bawah.

bagaimana cara kerja firewall

Disitu ditampilkan bahwa saya mengizinkan opera.exe dan Opera Internet Browser untuk bisa diakeses internet, baik itu koneksi private atau public.

Sama halnya dengan ketika kamu ingin mengizinkan sebuah aplikasi yang terhalang oleh firewall, kamu hanya perlu mencari namanya disitu dan centang semuannya(private dan public).

Namun bila aplikasi yang kamu ingin gunakan tidak ada disitu, kamu bisa menambahkan aplikasi itu dengan cara klik “Allow another app” dan arahkan ke folder aplikasi yang ingin kamu gunakan.

Tipe-Tipe Firewall

Umumnya firewall terbagi menjadi 2 tipe, yaitu “Host based firewall” dan “Network based firewall“.

Host based firewall

Tipe ini adalah tipe firewall yang menggunakan aplikasi, jika kamu menggunakan windows, maka firewall pasti sudah terinstall dan menyala secara default.

Host based berarti firewall yang berjalan di komputer kamu hanya akan melindungi komputer itu.

Network based firewall

Network based firewall adalah firewall yang beroperasi bahkan sebelum perangkat router kamu menerima data yang akan dikirimkan ke komputermu, dan juga orang lain yang terkoneksi menggunakan router itu.

Jadi dia bersifat melindungi secara keseluruhan, orang-orang yang terkoneksi di router itu jadi lebih aman. Secara default atau bawaan, router-router yang beredar sudah memiliki built-in firewall, sama seperti komputer yang sudah terinstall OS Windows.

Namun juga ada perangkat hardware yang memang stand-alone untuk firewall, contohnya seperti:

Tapi perlu diingat bahwa harganya tidaklah murah, dan kebanyakan biasanya ditujukan untuk keamanan suatu perusahaan.

Bisakah menggunakan host based dan network based firewall secara bersamaan?

Bisa, dan lebih baik seperti itu, sebab misalkan firewall router ternyata kebobolan, maka kamu masih punya mekanisme keamanan selanjutnya, yaitu yang ada di komputer, sehingga jadi lebih aman.

Biasanya juga firewall di komputer lebih kuat, karena kita bisa dengan spesifik memilah mana yang baik dan mana yang buruk secara manual, sering dijumpai pula aplikasi yang aslinya aman tapi tidak bisa diakses oleh firewall karena di anggap virus, dan sebagian besar hal seperti ini adalah false-positif(bukan virus beneran).

Bagaimana cara kerja firewall untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk?

Firewall menentukan koneksi yang baik dan buruk berdasarkan laporan dari pengguna yang sebelumnya sudah pernah terkena itu lalu memasukkan data laporan tersebut ke database yang dimiliki oleh vendor firewall tersebut, misal firewall bawaan windows berarti database yang digunakan adalah milik windows.

Windows defender atau antivirus bawaan windows terintegrasi dengan firewall bawaan windows, dan keduanya saling berkesinambungan tentang pemilihan mana yang baik dan mana yang buruk, hal ini dijelaskan di website resmi microsoft disini Windows Defender Firewall with Advanced Security (Windows) – Windows security | Microsoft Docs.

Penutup

Keamanan internet memanglah penting bagi para pengguna internet, entah itu download file, atau bahkan sekedar browsing, dengan bantuan firewall kita akan menjadi lebih tenang untuk berselancar di internet.

Pilihlah sumber terpercaya apabila kamu ingin mendownload file, dan kalau bisa hindari menggunakan aplikasi bajakan ya guys! Sebab sebagian besar kasus penyebaran virus yang terjadi adalah karena kesalahan pengguna dalam mendownload aplikasi bajakan.

Bahkan untuk sekedar mendownload diantara kalian pasti masih ada yang menggunakan IDM(Internet Download Manager) bajakan, kenapa pakai bajakan padahal ada aplikasi gratis yang serupa dan bahkan lebih baik? Cobalah FDM, saya sudah pakai bertahun tahun dan hasilnya mantap!

Itu dia artikel tentang bagaimana cara kerja firewall di komputer, kalau kalian punya pertanyaan bisa langsung komentar dibawah dan akan saya jawab, bisa komen menggunakan facebook juga lho 😀

Terima kasih sudah membaca!

Langganan
Beritahu dari
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
id_IDIndonesian