Cara Menghilangkan Tulisan Produced by Autodesk di Autocad

Autocad adalah perangkat lunak yang sangat populer di kalangan arsitek, insinyur, dan desainer. Namun, penggunaan Autocad juga sering kali dihadapkan pada masalah seperti munculnya tulisan Autodesk pada gambar atau file Autocad yang dibuat. Hal ini tentu bisa mengganggu kualitas gambar yang dihasilkan, terutama jika digunakan untuk keperluan profesional.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tulisan Produced by Autodesk di Autocad. Kami akan membagikan beberapa cara yang mudah dan cepat untuk mengatasi masalah ini.

Note: Selalu gunakan backup sebelum mencoba!


1. Menggunakan Perintah WIPEOUT

Cara Menghilangkan Tulisan Autodesk di Autocad

Perintah WIPEOUT adalah salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan tulisan Autodesk pada Autocad. Perintah ini akan menghilangkan sebagian gambar yang terlihat seperti layer, sehingga tulisan Autodesk yang terdapat di dalam layer tersebut akan hilang.

Cara menggunakan perintah WIPEOUT adalah sebagai berikut:

  • Pilih objek yang ingin dihilangkan tulisan Autodesk-nya.
  • Ketikkan perintah WIPEOUT pada command line.
  • Tekan enter.
  • Perintah WIPEOUT akan meminta kamu untuk memilih objek mana yang ingin dihilangkan tulisan Autodesk-nya. Pilih objek tersebut dan tekan enter.

Setelah itu, tulisan Autodesk yang terdapat pada layer tersebut akan hilang dan gambar akan terlihat lebih bersih.

2. Menggunakan Perintah DRAWORDER

Perintah DRAWORDER adalah salah satu cara lain untuk menghilangkan tulisan Autodesk pada Autocad. Perintah ini akan mengatur urutan gambar pada layer sehingga tulisan Autodesk yang terdapat pada layer tersebut akan tertutupi oleh gambar lain yang ada di atasnya.

Cara menggunakan perintah DRAWORDER adalah sebagai berikut:

  • Pilih objek yang ingin diatur urutan gambar pada layer-nya.
  • Ketikkan perintah DRAWORDER pada command line.
  • Tekan enter.
  • Perintah DRAWORDER akan menampilkan daftar layer yang ada pada gambar. Pilih layer yang mengandung tulisan Autodesk dan geser ke bawah lalu tekan enter.
  • Objek yang telah diatur urutan gambar pada layer-nya akan tertutupi oleh gambar lain dan tulisan Autodesk tidak akan terlihat lagi.

3. Menggunakan Perintah EXPORT

Perintah EXPORT adalah cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan tulisan Autodesk pada Autocad. Perintah ini akan menghasilkan gambar baru dalam format yang berbeda tanpa tulisan Autodesk yang terdapat pada gambar sebelumnya.

Cara menggunakan perintah EXPORT adalah sebagai berikut:

  • Pilih objek yang ingin diekspor ke dalam format lain.
  • Ketikkan perintah EXPORT pada command line.
  • Tekan enter.
  • Pilih format ekspor yang diinginkan, seperti JPEG atau PNG.
  • Setelah itu, tulisan Autodesk yang terdapat pada gambar sebelumnya tidak akan terlihat lagi pada gambar yang baru.

4. Menggunakan Perintah XREFOVERRIDE

Perintah XREFOVERRIDE adalah cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan tulisan Autodesk pada Autocad. Perintah ini akan meng-override pengaturan default dari layer yang terdapat pada file rujukan (reference file) sehingga kamu dapat mengubah tampilan layer dari rujukan tersebut.

Cara menggunakan perintah XREFOVERRIDE adalah sebagai berikut:

  1. Pilih objek pada layer yang ingin diubah tampilannya.
  2. Ketikkan perintah XREFOVERRIDE pada baris perintah.
  3. Klik pada objek yang ingin diubah pada layer yang terdapat pada file rujukan.
  4. Pilih opsi “Yes” pada pesan konfirmasi.

Setelah itu, tulisan Autodesk pada layer rujukan tersebut akan hilang. Namun, kamu harus ingat bahwa menggunakan perintah ini akan mengubah tampilan layer pada semua objek yang terdapat pada file rujukan tersebut.

5. Menggunakan Perintah PURGE

Perintah PURGE pada Autocad dapat digunakan untuk membersihkan file dari objek yang tidak terpakai sehingga dapat mempercepat kinerja aplikasi dan mengurangi ukuran file. Selain itu, perintah ini juga dapat membantu kamu menghilangkan tulisan Produced by Autodesk pada Autocad.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan perintah PURGE:

  1. Ketikkan perintah PURGE pada baris perintah.
  2. Pilih opsi “Regapps” dan “All” untuk membersihkan objek yang tidak terpakai.
  3. Klik tombol “Purge All”.

Setelah itu, Autocad akan membersihkan objek yang tidak terpakai dan tulisan Autodesk pada Autocad kamu akan hilang. Namun, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan perintah PURGE karena dapat menghapus objek yang masih diperlukan pada file kamu.

6. Menggunakan Perintah -DWGUNITS

Perintah -DWGUNITS dapat digunakan untuk mengubah pengaturan unit pada file Autocad. Salah satu pengaturan unit pada Autocad adalah “Insertion Scale”. Jika pengaturan ini tidak sesuai dengan kebutuhan, maka tulisan Autodesk pada Autocad dapat muncul.

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan perintah -DWGUNITS:

  1. Ketikkan perintah -DWGUNITS pada baris perintah.
  2. Pilih opsi “Inches” atau “Millimeters” sesuai dengan kebutuhan.
  3. Klik tombol “OK”.

Setelah itu, pengaturan unit pada file Autocad kamu akan berubah dan tulisan Produced by Autodesk pada Autocad akan hilang.

Kesimpulan

Menghilangkan tulisan Autodesk pada Autocad memang dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan perintah WIPEOUT, DRAWORDER, EXPORT, XREFOVERRIDE, PURGE, dan -DWGUNITS. Namun, sebaiknya kamu selalu berhati-hati dalam melakukan perubahan pada file Autocad kamu karena dapat berdampak pada kinerja dan keselamatan file tersebut. Selain itu, pastikan bahwa kamu memiliki izin dari pemilik file Autocad tersebut sebelum melakukan perubahan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami masalah dengan tulisan Autodesk pada Autocad.

Langganan
Beritahu dari
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar