Cara Memperbaiki HP Mati Total Baterai Tanam Secara Mandiri!

Halo, sobat Diringkas! Apakah kamu pernah mengalami masalah hp mati total baterai tanam? Jika iya, kamu tidak sendirian. Banyak pengguna hp yang mengeluhkan hal ini, terutama yang menggunakan hp dengan baterai non-removable. Baterai tanam memang memiliki kelebihan, seperti lebih awet, lebih tipis, dan lebih aman. Namun, baterai tanam juga memiliki kelemahan, yaitu sulit diganti jika rusak atau habis dayanya.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki hp mati total baterai tanam? Apakah ada solusi yang bisa dilakukan sendiri di rumah? Atau harus dibawa ke service center? Tenang, sobat Diringkas. Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini. Simak baik-baik ya!

Penyebab HP Mati Total Baterai Tanam

Sebelum kita membahas cara memperbaiki hp mati total baterai tanam, ada baiknya kita mengetahui apa saja penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan hp mati total baterai tanam:

  • Baterai habis daya. Ini adalah penyebab yang paling umum dan mudah diatasi. Jika hp kamu mati total karena baterai habis daya, kamu hanya perlu mengisi ulang baterainya dengan charger yang sesuai. Biasanya, hp akan menunjukkan tanda-tanda seperti lampu LED menyala atau logo baterai muncul saat di-charge.
  • Baterai rusak. Ini adalah penyebab yang lebih serius dan membutuhkan perbaikan atau penggantian baterai. Baterai bisa rusak karena berbagai hal, seperti overcharging, overheating, short circuit, atau usia pakai yang terlalu lama. Jika baterai rusak, biasanya hp tidak akan bisa dihidupkan sama sekali atau hanya hidup sebentar lalu mati lagi. Untuk memastikan apakah baterai rusak atau tidak, kamu bisa mencoba mengganti charger atau kabel USB dengan yang lain. Jika tetap tidak bisa di-charge, kemungkinan besar baterainya rusak.
  • Software error. Ini adalah penyebab yang jarang terjadi tapi bisa menyebabkan hp mati total baterai tanam. Software error bisa disebabkan oleh virus, malware, bug, atau kesalahan sistem operasi. Jika software error, biasanya hp akan mengalami bootloop (terus-menerus restart), hang (macet), atau stuck (terjebak) di logo atau layar tertentu. Untuk mengatasi software error, kamu bisa mencoba melakukan hard reset (mengembalikan pengaturan pabrik) atau flashing (memasang ulang sistem operasi).
Baca Juga  Cara Mendapatkan HP dengan Harga Murah

Cara Memperbaiki HP Mati Total Baterai Tanam

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kita akan membahas cara memperbaiki hp mati total baterai tanam. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu coba:

  • Cek kondisi charger dan kabel USB. Pastikan charger dan kabel USB yang kamu gunakan tidak rusak atau kotor. Coba bersihkan port charger dan kabel USB dengan kuas halus atau cotton bud yang dibasahi sedikit alkohol. Jika perlu, ganti dengan charger dan kabel USB yang lain.
  • Coba charge dengan power bank. Jika charger dan kabel USB tidak ada masalah, coba charge hp kamu dengan power bank. Power bank biasanya memiliki arus listrik yang lebih stabil dan kuat daripada charger biasa. Jika hp kamu bisa di-charge dengan power bank, berarti ada kemungkinan charger atau sumber listrik yang kamu gunakan bermasalah.
  • Coba charge dengan komputer. Jika power bank juga tidak berhasil, coba charge hp kamu dengan komputer menggunakan kabel USB. Komputer biasanya memiliki arus listrik yang lebih rendah daripada charger atau power bank. Jika hp kamu bisa di-charge dengan komputer, berarti ada kemungkinan baterainya overcharged atau overheated dan perlu didinginkan terlebih dahulu.
  • Coba charge dengan metode lain. Jika komputer juga tidak berhasil, coba charge hp kamu dengan metode lain, seperti wireless charging, solar charging, atau battery case. Metode-metode ini mungkin tidak seefektif charger biasa, tapi bisa menjadi alternatif jika tidak ada pilihan lain.
  • Coba tekan tombol power dan volume. Jika hp kamu sudah terisi daya tapi tetap tidak bisa dihidupkan, coba tekan tombol power dan volume secara bersamaan selama beberapa detik. Ini bisa membantu hp kamu keluar dari mode sleep atau deep sleep yang mungkin menyebabkan hp tidak merespon. Jika berhasil, hp kamu akan menampilkan menu recovery atau fastboot yang bisa kamu gunakan untuk melakukan hard reset atau flashing.
  • Coba bongkar hp dan lepas baterai. Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba bongkar hp kamu dan lepas baterai. Ini adalah langkah yang paling berisiko dan harus dilakukan dengan hati-hati. Kamu bisa menggunakan obeng, pinset, atau alat lain yang sesuai untuk membuka casing dan melepas baterai. Setelah itu, coba charge baterai secara langsung dengan charger eksternal atau jumper. Jika baterai bisa di-charge, berarti ada kemungkinan ada masalah pada konektor atau komponen lain di dalam hp. Jika baterai tidak bisa di-charge, berarti baterainya rusak dan perlu diganti.
Baca Juga  Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Hiren

Kesimpulan dan Penutup

Itulah beberapa cara memperbaiki hp mati total baterai tanam yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu mengatasi masalah ini. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau pengalaman terkait topik ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Kami akan senang mendengar dari kamu. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya sobat Diringkas!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments