Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Hiren

Halo, sobat Diringkas! Apakah kamu pernah mengalami masalah hardisk bad sector? Hardisk bad sector adalah kondisi di mana sebagian area penyimpanan hardisk tidak dapat dibaca atau ditulis oleh sistem operasi. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan data, lambatnya kinerja komputer, atau bahkan kegagalan booting.

Apa itu bad sector?

Hardisk bad sector bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti usia hardisk yang sudah tua, benturan fisik, panas berlebih, virus, atau kesalahan sistem. Ada dua jenis hardisk bad sector, yaitu bad sector fisik dan bad sector logis.

Bad sector fisik adalah kerusakan permanen pada permukaan hardisk yang tidak bisa diperbaiki dengan cara apapun. Bad sector logis adalah kerusakan pada struktur data hardisk yang bisa diperbaiki dengan menggunakan software tertentu.

Cara memperbaiki hardisk bad sector dengan Hiren

Salah satu software yang bisa digunakan untuk memperbaiki hardisk bad sector logis adalah Hiren. Hiren adalah sebuah CD bootable yang berisi berbagai macam tool untuk memperbaiki masalah komputer, termasuk hardisk bad sector. Berikut adalah langkah-langkah cara memperbaiki hardisk bad sector dengan Hiren:

  1. Download file ISO Hiren dari situs resminya di https://www.hirensbootcd.org/download/.
  2. Buat CD bootable dari file ISO Hiren dengan menggunakan software burning seperti Nero, ImgBurn, atau PowerISO.
  3. Masukkan CD Hiren ke dalam drive CD/DVD komputer yang bermasalah dan restart komputer.
  4. Pada saat muncul menu booting, pilih opsi Mini Windows XP dan tekan Enter.
  5. Setelah masuk ke Mini Windows XP, buka menu HBCD Menu di pojok kiri bawah layar dan pilih Programs > Hard Disk/Storage > HDD Regenerator.
  6. HDD Regenerator adalah sebuah tool yang bisa memindai dan memperbaiki hardisk bad sector logis dengan menggunakan algoritma khusus. Pada jendela HDD Regenerator, pilih opsi Scan and Repair dan tekan Enter.
  7. Pilih hardisk yang ingin diperbaiki dan tekan Enter lagi. Proses pemindaian dan perbaikan akan dimulai dan bisa memakan waktu yang cukup lama tergantung pada ukuran dan kondisi hardisk.
  8. Setelah proses selesai, restart komputer dan lepas CD Hiren dari drive CD/DVD. Cek kembali kondisi hardisk dengan menggunakan software lain seperti CrystalDiskInfo atau HD Tune.

Jika hardisk masih menunjukkan adanya bad sector fisik, maka kemungkinan besar hardisk sudah tidak bisa diselamatkan lagi dan harus diganti dengan yang baru. Jika tidak ada bad sector lagi, maka selamat! Kamu berhasil memperbaiki hardisk bad sector dengan Hiren.

Demikianlah panduan lengkap cara memperbaiki hardisk bad sector dengan Hiren untuk sobat Diringkas. Semoga bermanfaat dan membantu mengatasi masalah komputer kamu. Jika ada pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments