Apa Ciri-Ciri Motor Kehabisan Oli?

Halo sobat Diringkas! Kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri motor kehabisan oli. Oli adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk melumasi mesin motor agar tetap awet dan lancar. Namun, seringkali kita lupa untuk mengganti oli secara rutin atau mengecek volume oli yang tersisa di mesin. Padahal, jika motor kehabisan oli, bisa berakibat fatal bagi kinerja dan kesehatan mesin.

Apa Ciri-Ciri Motor Kehabisan Oli?

Lalu, bagaimana cara mengetahui jika motor kita kehabisan oli? Apa saja tanda-tandanya? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri motor kehabisan oli yang perlu kita waspadai:

Bunyi di RPM rendah

Apa Ciri-Ciri Motor Kehabisan Oli 2

Salah satu ciri-ciri motor kehabisan oli adalah munculnya bunyi “tek tek tek” yang terdengar di RPM rendah. Bunyi ini berasal dari gesekan antara rocker arm dengan katup yang tidak mendapatkan pelumasan dari oli. Biasanya, bunyi ini akan semakin keras jika kita menaikkan gas atau mempercepat motor.

Bunyi “tek tek tek” ini menunjukkan bahwa oli mesin tidak naik ke kepala silinder, sehingga bagian mekanisme katup yang juga terletak di dalam kepala silinder tidak mendapatkan pelumasan. Akibatnya, gesekan antara dua komponen logam ini akan menimbulkan panas dan kerusakan pada mesin.

Tarikan motor terasa berat

Apa Ciri-Ciri Motor Kehabisan Oli 3

Ciri-ciri motor kehabisan oli selanjutnya adalah tarikan motor terasa berat atau tertahan. Oli berfungsi untuk melumasi komponen mesin yang saling bergesekan, sehingga apa yang dilumasi oleh oli pastilah menjadi licin dan ringan. Sebaliknya, jika oli habis atau kurang, maka komponen mesin tidak akan terlumasi dengan baik dan akan mengalami gesekan yang tinggi.

Akibatnya, tarikan motor akan terasa berat atau tertahan, karena mesin harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan roda. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga akan menjadi lebih boros, karena mesin membutuhkan lebih banyak energi untuk mengatasi gesekan.

Mesin motor panas terlalu cepat

Apa Ciri-Ciri Motor Kehabisan Oli 4

Ciri-ciri motor kehabisan oli yang lain adalah mesin motor panas terlalu cepat atau overheat. Ini juga masih berkaitan dengan gesekan antara komponen mesin yang tidak terlumasi oleh oli. Gesekan ini akan menimbulkan panas yang berlebihan pada mesin, sehingga suhu mesin akan naik dengan cepat.

Mesin motor yang panas terlalu cepat bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya, seperti piston, ring piston, silinder, dan sebagainya. Selain itu, mesin motor yang overheat juga bisa menyebabkan asap putih keluar dari knalpot atau bahkan mesin mati tiba-tiba dan tidak bisa distarter lagi.

Cara Mencegah Motor Kehabisan Oli

Apa Ciri-Ciri Motor Kehabisan Oli 5

Setelah mengetahui ciri-ciri motor kehabisan oli, tentu kita tidak ingin hal itu terjadi pada motor kesayangan kita. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah motor kehabisan oli, yaitu:

  • Mengganti oli secara rutin sesuai dengan anjuran pabrikan atau bengkel resmi. Biasanya, interval penggantian oli berkisar antara 2.000 km hingga 4.000 km tergantung dari jenis dan kualitas oli yang digunakan.
  • Mengecek volume oli secara berkala dengan menggunakan tongkat pengukur (dipstick) atau lubang pengintip (sight glass) yang ada di mesin. Pastikan volume oli berada di antara batas atas dan batas bawah yang ditandai dengan garis atau titik pada pengukur. Jika volume oli kurang dari batas bawah, segera tambahkan oli sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.
  • Menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan kondisi berkendara. Pilihlah oli yang memiliki viskositas (keenceran) dan kualitas yang tepat untuk mesin motor kita. Jangan menggunakan oli yang terlalu encer atau terlalu kental, karena bisa mengganggu aliran dan pelumasan oli pada mesin. Juga, jangan menggunakan oli yang sudah kadaluarsa atau bercampur dengan kotoran, karena bisa merusak mesin.

Kesimpulan

Dalam menjaga kesehatan dan kinerja mesin motor, penting untuk memperhatikan kondisi oli. Kehabisan oli dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin dan mengurangi performa motor. Dalam artikel ini, kita telah membahas ciri-ciri motor kehabisan oli, antara lain bunyi di RPM rendah, tarikan motor yang berat, dan mesin yang panas terlalu cepat. Untuk mencegah motor kehabisan oli, kita perlu mengganti oli secara rutin, memeriksa volume oli secara berkala, dan menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

Merawat oli dengan baik adalah investasi untuk menjaga keandalan dan umur panjang mesin motor kita. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kita dapat menghindari kerusakan yang lebih serius dan mengoptimalkan performa motor. Jadi, jangan lupa untuk selalu memeriksa dan mengganti oli sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Jaga motor kesayangan Anda agar tetap dalam kondisi prima dan siap melaju dengan nyaman dan aman di jalan raya.

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri motor kehabisan oli yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang perawatan motor. Jika ada pertanyaan atau feedback mengenai artikel ini, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments