5 Tips Sukses Menjalankan Usaha di Instagram

Halo, Sobat Diringkas! Apakah Anda salah satu pelaku usaha yang menggunakan Instagram sebagai salah satu media pemasaran? Jika iya, maka Anda sudah berada di jalur yang tepat. Instagram adalah salah satu sosial media terpopuler dan terbaik untuk berbisnis di tahun 2023 ini.

Namun, tidak cukup hanya dengan membuat akun bisnis Instagram dan mengunggah foto produk Anda secara sembarangan. Anda perlu mengetahui cara jualan di Instagram yang efektif agar bisa menarik perhatian, membangun kepercayaan, dan meningkatkan penjualan.

5 Tips Sukses Menjalankan Usaha di Instagram

Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan 5 tips sukses menjalankan usaha di Instagram yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Simak baik-baik ya!

1. Optimalkan Profil Bisnis Instagram Anda

Profil bisnis Instagram adalah hal pertama yang dilihat oleh calon pelanggan Anda ketika mereka mengunjungi akun Anda. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa profil Anda terlihat profesional, informatif, dan menarik.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengoptimalkan profil bisnis Instagram Anda:

  • Foto profil: Gunakan logo atau gambar yang merepresentasikan bisnis Anda dengan jelas dan konsisten.
  • Bio: Tulis deskripsi singkat tentang bisnis Anda, apa yang Anda tawarkan, dan nilai tambah yang Anda berikan kepada pelanggan. Gunakan kata kunci yang relevan dengan niche Anda dan emoji untuk membuatnya lebih menarik.
  • Link: Sertakan link menuju website atau landing page Anda di bio. Anda juga bisa menggunakan layanan seperti Linktree untuk membuat link yang berisi beberapa tautan penting lainnya, seperti kontak, testimoni, atau promo.
  • Kontak: Aktifkan fitur kontak di akun bisnis Instagram Anda agar pelanggan bisa menghubungi Anda melalui telepon, email, atau pesan langsung.

2. Gunakan Instagram Ads untuk Menjangkau Audiens Baru

Salah satu keuntungan menggunakan akun bisnis Instagram adalah Anda bisa membuat iklan untuk menjangkau audiens baru yang sesuai dengan target pasar Anda. Dengan Instagram Ads, Anda bisa memilih tujuan kampanye, audiens, anggaran, durasi, format, dan konten iklan Anda.

Ada beberapa jenis format iklan yang bisa Anda gunakan di Instagram, antara lain:

  • Photo Ads: Iklan berupa foto tunggal yang muncul di feed atau stories.
  • Video Ads: Iklan berupa video pendek yang muncul di feed, stories, atau reels.
  • Carousel Ads: Iklan berupa beberapa foto atau video yang bisa digeser oleh pengguna.
  • Collection Ads: Iklan berupa kumpulan produk yang bisa dibeli langsung dari Instagram.
  • Explore Ads: Iklan berupa foto atau video yang muncul di halaman explore.
  • IGTV Ads: Iklan berupa video pendek yang muncul di IGTV.
  • Shopping Ads: Iklan berupa produk yang bisa ditandai dengan harga dan detailnya.

Untuk membuat iklan di Instagram, Anda bisa menggunakan Facebook Ads Manager atau fitur Promote di aplikasi Instagram. Pastikan Anda membuat iklan yang menarik, relevan, dan sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

3. Membuat Instagram Stories dengan Link Produk

Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan Anda mengunggah foto atau video pendek yang akan hilang dalam 24 jam. Fitur ini sangat cocok untuk menampilkan sisi lain dari bisnis Anda, seperti behind the scene, testimoni, tips, atau promo.

Selain itu, jika akun bisnis Instagram Anda sudah memiliki lebih dari 10 ribu pengikut atau sudah terverifikasi, Anda bisa menambahkan link produk ke stories Anda. Dengan begitu, pengguna bisa langsung mengakses produk tersebut dengan menggeser layar ke atas.

Cara membuat Instagram Stories dengan link produk adalah sebagai berikut:

  • Buat foto atau video yang ingin Anda unggah ke stories. Anda bisa menambahkan stiker, teks, filter, atau efek lainnya sesuai keinginan Anda.
  • Ketuk ikon rantai di bagian atas layar dan masukkan link produk yang ingin Anda sertakan. Pastikan link tersebut valid dan berfungsi dengan baik.
  • Ketuk Selesai dan unggah stories Anda. Anda bisa melihat berapa banyak orang yang mengklik link produk Anda di insights stories.

4. Membuat Feed Instagram yang Dapat Dibeli

Feed Instagram adalah kumpulan foto atau video yang Anda unggah ke akun bisnis Instagram Anda. Feed Instagram yang dapat dibeli adalah feed yang memungkinkan pengguna untuk melihat harga dan detail produk yang Anda tawarkan dengan mengetuk foto atau video tersebut.

Cara membuat feed Instagram yang dapat dibeli adalah sebagai berikut:

  • Pastikan akun bisnis Instagram Anda sudah terhubung dengan katalog produk di Facebook atau Shopify.
  • Unggah foto atau video yang menampilkan produk Anda ke feed Instagram. Anda bisa menggunakan foto produk sendiri atau hasil kolaborasi dengan influencer.
  • Ketuk Tag Produk dan pilih produk yang ingin Anda tandai dari katalog produk Anda. Anda bisa menandai hingga 5 produk per foto atau 20 produk per carousel.
  • Sesuaikan posisi dan ukuran tag produk agar tidak mengganggu tampilan foto atau video Anda.
  • Selesai dan publikasikan postingan Anda. Pengguna bisa mengetuk tag produk untuk melihat harga dan detailnya, lalu mengetuk Beli Sekarang untuk melakukan pembelian.

5. Bangun Kemitraan dengan Influencer Instagram

Influencer Instagram adalah orang-orang yang memiliki pengaruh besar di sosial media, terutama di kalangan pengikut mereka. Mereka biasanya memiliki niche atau topik tertentu yang mereka kuasai, seperti fashion, beauty, travel, atau lifestyle.

Dengan membangun kemitraan dengan influencer Instagram, Anda bisa memperluas jangkauan bisnis Anda, meningkatkan kredibilitas merek Anda, dan mendapatkan testimoni positif dari orang-orang yang dipercaya oleh audiens Anda.

Cara membangun kemitraan dengan influencer Instagram adalah sebagai berikut:

  • Tentukan tujuan dan anggaran Anda dalam melakukan strategi influencer marketing.
  • Cari influencer yang sesuai dengan niche, target pasar, dan nilai-nilai bisnis Anda. Anda bisa menggunakan tools seperti HypeAuditor, Upfluence, atau AspireIQ untuk membantu Anda.
  • Hubungi influencer yang Anda pilih dan tawarkan kerjasama yang saling menguntungkan. Jelaskan apa yang Anda harapkan dari mereka dan apa yang bisa Anda berikan sebagai imbalannya.
  • Berikan kebebasan kepada influencer untuk membuat konten yang sesuai dengan gaya dan audiens mereka. Jangan lupa untuk memantau dan mengukur hasil dari kerjasama tersebut.

Kesimpulan

Itulah 5 tips sukses menjalankan usaha di Instagram yang bisa kami bagikan kepada sobat Diringkas. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kami yakin bisnis Anda akan semakin berkembang dan bersaing di sosial media ini.

Jika ada pertanyaan atau feedback mengenai artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Kami akan senang mendengar pendapat Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Semoga bermanfaat!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments