Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna

Halo sobat Diringkas! Apakah kamu pernah mengalami masalah baju luntur saat mencuci? Pasti sebel banget kan kalau baju kesayangan kamu jadi berubah warna dan ada bercak-bercak aneh di sana-sini. Tapi jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan memberikan tips cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna dengan bahan alami yang mudah didapatkan.

Baju luntur biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Menjemur pakaian basah langsung di bawah terik matahari
  • Tidak memperhatikan instruksi mencuci pakaian, khususnya bagi pakaian berbahan tertentu
  • Mencuci semua baju berwarna yang berbeda secara bersamaan

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna dengan Bahan Alami

Untuk menghindari hal-hal tersebut, sebaiknya kamu selalu memisahkan baju sesuai warnanya saat mencuci. Jangan mencampurkan baju putih atau warna pastel dengan baju lain yang warnanya terang atau gelap. Selain itu, perhatikan juga label pada pakaian untuk mengetahui cara mencuci yang tepat.

Namun, jika baju kamu sudah terlanjur luntur, jangan buru-buru dibuang atau diberikan ke orang lain. Kamu masih bisa menyelamatkannya dengan beberapa cara berikut ini.

1. Vetsin dan Detergen

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna 2

Vetsin atau MSG (monosodium glutamate) adalah bumbu dapur yang biasa digunakan untuk menambah rasa pada masakan. Ternyata, vetsin juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna, lho. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampur sedikit vetsin dengan detergen saat mencuci pakaian. Setelah itu, kucek pakaian hingga noda mulai memudar.

2. Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna 3

Jeruk nipis mengandung asam yang bisa membantu menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Caranya, gosokkan potongan jeruk nipis di permukaan baju yang terkena lunturan. Lakukan selama 5 menit lalu diamkan sebentar. Setelah itu, cuci baju seperti biasa. Kamu juga bisa menggunakan lemon karena sama-sama mengandung tingkat asam yang tinggi.

3. Cuka

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna 4

Cuka tidak hanya bisa digunakan untuk cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna, tetapi juga bisa membasmi jamur dan mengembalikan warna pakaian yang kekuningan. Untuk menggunakannya, cukup campurkan cuka dengan air hangat yang diberi detergen dan garam. Rendam pakaian tersebut sekitar 15 hingga 30 menit lalu cuci seperti biasa.

4. Alkohol

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna 5

Alkohol juga bisa menjadi solusi untuk cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Kamu hanya perlu meneteskan alkohol pada bagian yang terkena luntur sampai noda berangsur pudar. Setelah itu, kucek kembali pakaian menggunakan detergen.

5. Baking Soda

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna 6

Baking soda adalah salah satu bahan alami yang serbaguna dan bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna. Caranya sangat mudah, cukup campurkan baking soda dan detergen ke dalam air hangat. Rendam pakaian berwarna yang luntur selama kurang lebih 15 menit. Kucek pakaian perlahan lalu angkat dan keringkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara menghilangkan noda luntur pada baju berwarna dengan bahan alami yang bisa kamu coba di rumah. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa membuat pakaian kamu kembali bersih dan cerah.

Jika kamu punya pertanyaan atau feedback seputar artikel ini, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Kami akan senang mendengar pendapat kamu. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments