Threads Meningkatkan Keamanan dengan Fitur ‘Hidden Words’

Threads, aplikasi media sosial buatan Meta, terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menjaga lingkungan yang lebih aman. Salah satu fitur terbaru yang akan segera hadir adalah “Hidden Words”. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang fitur ini dan bagaimana ia dapat meningkatkan keamanan dalam berinteraksi di Threads.

Apa Itu Fitur Hidden Words

Fitur ‘Hidden Words’ memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan kata-kata atau frasa tertentu yang mereka anggap tidak diinginkan atau berpotensi merugikan dari interaksi mereka di platform. Ini termasuk komentar, pesan pribadi, dan bahkan tagar. Dengan cara ini, Threads berupaya memberikan kontrol lebih kepada pengguna atas apa yang mereka lihat dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten di media sosial.

Bagaimana Cara Kerjanya

Aktivasi Otomatis

Fitur ini akan diaktifkan secara default saat Kamu menggunakan Threads. Artinya, Kamu tidak perlu mengatur apa pun. Threads akan secara cerdas memfilter kalimat atau kata-kata yang dianggap tidak pantas.

Penambahan Kata-kata Buruk

Kamu juga dapat menambahkan kata-kata buruk yang ingin Kamu sembunyikan. Misalnya, kata-kata yang berkaitan dengan kekerasan, perundungan, atau penghinaan. Caranya mudah dengan buka opsi Manage Custom Words and Phrases, lalu ketik kata-kata yang tidak ingin Kamu lihat di Threads.

Filter Emoji

Selain kata-kata, fitur ini juga memungkinkan Kamu memfilter emoji yang memiliki intensi negatif. Jadi, jika ada emoji yang Kamu anggap tidak pantas, Kamu dapat menyembunyikannya.

Manfaat Fitur Hidden Words Pada Threads

Manfaat dari fitur ini sangatlah luas. Pertama, ini membantu dalam mengurangi paparan terhadap konten negatif atau berbahaya. Kedua, ini memberikan pengguna rasa kontrol yang lebih besar atas pengalaman online mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Ketiga, ini dapat berfungsi sebagai alat pencegahan terhadap pelecehan online, memberikan pengguna kemampuan untuk proaktif melindungi diri mereka sendiri.

Mengapa Fitur Hidden Words Penting

Fitur Hidden Words di Threads merupakan inovasi penting dalam menjaga kenyamanan dan keamanan pengguna dalam berinteraksi di media sosial. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat menyaring dan menyembunyikan kata-kata atau frasa yang dianggap tidak pantas atau menyinggung, sehingga memungkinkan pengalaman bermedia sosial yang lebih positif dan inklusif.

Fitur ini membantu dalam mengurangi risiko terpapar pada ujaran kebencian, pelecehan, atau konten negatif lainnya yang bisa berdampak buruk pada kesejahteraan mental pengguna. Selain itu, dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, fitur seperti Hidden Words menjadi langkah proaktif dalam menciptakan ruang digital yang lebih sehat dan mendukung kesejahteraan pengguna. Dengan demikian, Threads tidak hanya menjadi platform untuk berkomunikasi tetapi juga tempat yang aman dan mendukung untuk berinteraksi.

Menimbulkan Pertanyaan

Namun fitur ini juga menimbulkan pertanyaan tentang kebebasan berbicara dan bagaimana media sosial menyeimbangkan perlindungan pengguna dengan hak untuk berkomunikasi secara bebas. Threads telah menekankan bahwa fitur ini sepenuhnya opsional dan pengguna memiliki kebebasan untuk memilih apakah mereka ingin menggunakannya atau tidak.

Dalam menghadapi tantangan keamanan online yang terus berkembang, inisiatif seperti ‘Hidden Words’ menunjukkan komitmen Threads dalam menciptakan ruang yang aman dan inklusif bagi penggunanya. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam perjuangan melawan konten berbahaya dan pelecehan online, dan mungkin menjadi standar baru dalam fitur keamanan media sosial.

Fitur Tambahan

Selain Hidden Words, Threads juga sedang menguji dua fitur tambahan:

Muting

Fitur ini memungkinkanmu menonaktifkan notifikasi khusus untuk interaksi dengan postingan tertentu. Jadi, jika ada postingan yang tidak ingin Kamu terima notifikasi, Kamu dapat mematikannya.

Quote Controls

Fitur ini memungkinkanmu memilih siapa yang dapat mengutip postingan yang Kamu unggah. Ini membantu melindungi privasimu dan mengontrol bagaimana kontenmu disebarkan.

Meskipun kedua fitur ini masih dalam tahap uji coba, Threads berkomitmen untuk terus meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna. Jadi, tunggu saja, fitur-fitur ini akan segera tersedia untuk semua pengguna Threads.

Sebagai penutup, penting bagi kita semua untuk menyadari alat dan fitur yang tersedia untuk melindungi privasi dan keamanan kita online. Fitur ‘Hidden Words’ dari Threads adalah contoh bagaimana teknologi dapat digunakan untuk mendukung kesejahteraan dan keamanan pengguna. Dengan terus mendukung dan menggunakan fitur-fitur seperti ini, kita dapat bersama-sama menciptakan lingkungan online yang lebih aman dan lebih menyenangkan bagi semua orang.

Dengan fitur Hidden Words dan inovasi lainnya, Threads berusaha menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi para penggunanya. Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan menghargai satu sama lain di dunia maya! 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments