Tencent Umumkan Pemenang Program CarbonX untuk Meningkatkan Netralitas Karbon

Di tengah kepungan isu perubahan iklim yang semakin mendesak, langkah nyata untuk mencapai netralitas karbon menjadi prioritas global. Tencent, salah satu raksasa teknologi dunia, tidak tinggal diam menghadapi tantangan ini. Melalui program CarbonX, Tencent mengumumkan para pemenang yang berhasil membawa angin segar dalam perjuangan melawan perubahan iklim.

Apa Itu Program CarbonX

Program CarbonX, yang diluncurkan pada Maret 2023, adalah inisiatif yang berani dari Tencent untuk mempercepat pengembangan teknologi rendah karbon. Dengan komitmen dana katalis sebesar RMB 200 juta (sekitar US$28 juta) selama tiga tahun, program ini menargetkan ide-ide inovatif yang mungkin terhambat atau gagal mendapatkan traksi. Fase pertama program ini berfokus pada penangkapan, pemanfaatan, dan penyimpanan karbon (CCUS), serta penghapusan karbon berbasis teknologi.

Dari lebih dari 300 aplikasi yang masuk, 30 finalis terpilih, dan akhirnya 13 tim luar biasa berhasil meraih kemenangan. Mereka yang terpilih menerima dukungan finansial total sekitar RMB 100 juta (US$14 juta) dari Tencent. Ini merupakan bukti komitmen Tencent dalam mendorong inovasi sosial berkelanjutan dalam memerangi perubahan iklim.

Pemenang dan Dukungan Keuangan Tencent

Pada tanggal 23 Mei 2024, perusahaan teknologi asal China, Tencent, mengumumkan pemenang dari program inovatif CarbonX yang bertujuan untuk mempercepat teknologi berbasis karbon dan mendukung netralitas karbon. Program ini merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mengatasi perubahan iklim dan mengurangi dampak negatifnya.

Pemenang dan Dukungan Keuangan Tencent memberikan penghargaan kepada 13 tim luar biasa yang berhasil memenangkan tahap pertama program CarbonX. Tim-tim ini terpilih dari 30 finalis dan lebih dari 300 aplikasi awal. Total dana dukungan finansial yang akan diberikan mencapai sekitar RMB 100 juta (sekitar USD 14 juta). Dana ini akan membantu tim-tim tersebut mengembangkan teknologi mereka dari tahap penelitian atau awal startup hingga skala komersial.

Para pemenang program CarbonX mengeksplorasi solusi inovatif, seperti menggunakan slag baja untuk menangkap dan menyimpan karbon langsung dari knalpot tungku, mengonversi CO2 menjadi bahan bakar penerbangan berkelanjutan dan bahan kimia berharga melalui reaksi elektrokimia atau mikroorganisme, dan menerapkan pendekatan baru untuk menangkap CO2 langsung dari atmosfer dengan harapan dapat memangkas biaya menjadi kurang dari US$150 per ton.

Inovasi Teknologi Pendorong Untuk Mempercepat Netralitas Karbon

Dr. Hao Xu, Wakil Presiden Tanggung Jawab Sosial Berkelanjutan Tencent dan Kepala Laboratorium Netralitas Karbon Tencent, menyatakan, “Inovasi teknologi menjadi kekuatan penggerak untuk mempercepat kemajuan kita menuju netralitas karbon. Program CarbonX kami bertujuan untuk memajukan pertumbuhan teknologi ini, memberikan dampak positif bagi masyarakat, dan menciptakan dasar untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.”

Profesor Jerry Yan, Guru Besar Universitas Politeknik Hong Kong dan Co-chairman Komite Ahli CarbonX, menambahkan, “Untuk membuka jalan menuju ekonomi yang lebih hijau, kita harus mendukung pengembangan teknologi rendah karbon yang canggih. Seperti halnya energi surya dan angin yang dulu dibina sejak awal, solusi-solusi baru seperti CCUS dan penghapusan karbon berbasis teknologi juga membutuhkan dukungan kita sejak dini.”

Dampak Menuju Netralitas

Dengan dukungan misi Tencent ‘Tech for Good’ dan aliansi mitra industri yang sejalan, CarbonX bertujuan untuk membantu teknologi-teknologi canggih ini melompat dari tahap penelitian atau startup awal ke skala komersial. Tujuan utamanya adalah mendukung mereka dalam membuat dampak signifikan menuju target yang diuraikan dalam Perjanjian Paris, yang mencakup pengurangan emisi sebesar 45 persen pada tahun 2030 dan mencapai emisi net-zero pada tahun 2050.

Kesimpulan

Program CarbonX merupakan langkah maju yang signifikan dalam menghadapi perubahan iklim. Dengan dukungan finansial dan kolaborasi antara sektor swasta, akademisi, dan pemerintah, teknologi-teknologi ini dapat berperan penting dalam mencapai netralitas karbon dan menjaga bumi kita untuk generasi mendatang.

Artikel di atas membahas tentang program CarbonX yang diadakan oleh Tencent untuk mempercepat teknologi berbasis karbon dan mendukung netralitas karbon. Program ini bertujuan untuk membantu teknologi-teknologi canggih dalam mengatasi perubahan iklim dan mengurangi dampak negatifnya. Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments