Sorotan Utama dari WWDC 2024 Apple

Dunia teknologi kembali dikejutkan dengan deretan pengumuman yang dilakukan oleh Apple dalam acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Acara yang selalu dinantikan oleh para pengembang dan penggemar produk Apple ini, tidak hanya menjadi ajang pamer inovasi terbaru, tetapi juga menjadi bukti nyata dari komitmen Apple untuk terus berinovasi dan memimpin arus perubahan di industri teknologi.

Deretan Pengumuman Dalam WWDC 2024

Apple baru saja menyelesaikan acara keynote di Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024. Dalam acara tahunan Apple tersebut, ada banyak sekali pengumuman menarik dan penting yang disampaikan. Berikut ini deretan pengumuman terbesar yang diungkapkan dalam WWDC 2024:

Sistem AI Baru: Apple Intelligence

Apple memperkenalkan sistem AI baru bernama Apple Intelligence. Sistem ini akan terintegrasi di iPhone, iPad, dan Mac, memberikan kemampuan baru seperti menghasilkan gambar dan merangkum teks. Sistem ini juga sangat menekankan pada keamanan dengan memutuskan apakah akan memproses di perangkat atau menggunakan server cloud Apple.

Peningkatan AI untuk Siri

Siri mendapatkan peningkatan besar dengan AI baru yang lebih terintegrasi. Siri sekarang bisa lebih memahami perintah dan pertanyaan lanjutan, serta dapat mencari informasi di email atau menemukan foto temanmu.

Integrasi ChatGPT di Siri

Siri sekarang terintegrasi dengan ChatGPT dari OpenAI. Siri akan menentukan apakah pertanyaan lebih cocok untuk ChatGPT dan meminta izin sebelum mengirim permintaan tersebut. Fitur ini bisa digunakan secara gratis tanpa perlu akun.

Fitur AI Baru di Aplikasi Apple

Banyak fitur AI baru diluncurkan di aplikasi Apple dalam iOS 18, termasuk kemampuan untuk merangkum email, menghasilkan tanggapan, dan membuat emoji khusus. Aplikasi Photos juga mendapatkan kemampuan untuk mencari foto menggunakan bahasa alami dan membersihkan objek di latar belakang gambar.

Pusat Kontrol yang Lebih Dapat Disesuaikan

iOS 18 memperkenalkan Pusat Kontrol baru yang lebih dapat disesuaikan. Pengguna dapat menempatkan ikon aplikasi di layar utama sesuka hati dan mengunci aplikasi tertentu untuk mencegah orang lain menggunakannya.

Dukungan RCS di iPhone

Setelah mengumumkan dukungan RCS tahun lalu, Apple mengonfirmasi bahwa dukungan tersebut akan hadir dengan iOS 18. iMessage juga mendapatkan beberapa pembaruan lainnya seperti kemampuan menjadwalkan teks dan mendukung pesan SMS melalui satelit.

Fitur Baru di Apple TV Plus

Apple TV Plus mendapatkan fitur baru yang memungkinkan pengguna melihat aktor dan karakter yang sedang tampil di layar dengan menggeser remote. Fitur ini juga memungkinkan pengguna menemukan lagu yang sedang diputar dan menambahkannya ke playlist Apple Music.

Aplikasi Passwords Baru

Apple mengungkap aplikasi Password baru yang memungkinkan pengguna melacak detail login di berbagai perangkat. Aplikasi ini mirip dengan pengelola kata sandi lainnya seperti LastPass dan 1Password, dan tersedia di iOS, iPadOS, macOS, visionOS, dan Windows

Fitur Menarik Lainnya Dari WWDC 2024

Berikut beberapa fitur menarik lainnya dari WWDC 2024:

macOS 13: Big Sur Redux

macOS 13 membawa perubahan besar dalam antarmuka pengguna, termasuk desain ulang menu bar dan kontrol pusat. Fitur baru termasuk Dynamic Desktop, yang mengubah latar belakang berdasarkan waktu hari.

Apple CarPlay Wireless

Apple CarPlay sekarang mendukung koneksi nirkabel, memungkinkan pengguna menghubungkan iPhone ke mobil tanpa kabel. Fitur ini akan tersedia di lebih banyak model mobil.

HealthKit 3.0

Apple meningkatkan HealthKit dengan fitur pemantauan kesehatan yang lebih canggih. Pengguna dapat melacak kadar gula darah, tekanan darah, dan tingkat stres dengan lebih akurat.

SwiftUI Everywhere

SwiftUI, kerangka kerja pengembangan antarmuka pengguna, sekarang tersedia di semua platform Apple, termasuk iOS, macOS, watchOS, dan tvOS. Ini memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi yang konsisten di seluruh ekosistem Apple.

WWDC 2024 telah membuktikan bahwa Apple tidak pernah berhenti berinovasi. Dengan pengumuman-pengumuman besar ini, Apple tidak hanya menunjukkan komitmennya terhadap inovasi dan keamanan, tetapi juga terhadap pengalaman pengguna yang lebih intuitif dan personal. Kita semua menantikan bagaimana fitur-fitur baru ini akan mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi dan memudahkan kehidupan sehari-hari kita.

Bagaimana pendapatmu tentang pengumuman terbesar di WWDC 2024? Apakah ada fitur tertentu yang Kamu nantikan? Bagikan pendapatmu dan mari kita diskusikan bersama inovasi-inovasi yang akan datang dari Apple!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments