Sora, Model AI Terbaru dari OpenAI Mampu Membuat Video Hanya dengan Teks!

Sora, sebuah inovasi terbaru dari OpenAI, telah memukau para penggemar kecerdasan buatan. Dengan kemampuan menghasilkan video berdasarkan perintah teks, Sora membuka pintu bagi kreativitas dan eksplorasi visual yang menarik.

Apa Itu Sora?

Sora adalah model kecerdasan buatan atau AI yang mampu menghasilkan video berdurasi hingga satu menit hanya dengan perintah teks yang relatif sederhana. OpenAI mengklaim bahwa Sora dapat menciptakan adegan kompleks dengan banyak karakter, jenis gerakan tertentu, dan detail subjek serta latar belakang yang akurat. Ini memungkinkan pengguna untuk mengungkapkan ide-ide mereka dalam bentuk visual tanpa harus memiliki keterampilan editing video yang rumit.

Cara Menggunakan Sora

Untuk menggunakannya kita diharuskan kemungkinan harus berlangganan ChatGPT Plus, setelah berlangganan hal dibawah ini adalah yang diperlukan untuk membuat video hanya dengan menggunakan teks.

  1. Perintah Teks: Pengguna memberikan perintah teks kepada Sora, yang berfungsi sebagai panduan untuk membuat video. Misalnya, kamu dapat menulis, “Tampilkan adegan perjalanan di hutan dengan burung terbang di atasnya.”
  2. Pemahaman Objek dan Lingkungan: Sora memahami objek dan lingkungan yang harus berinteraksi di dunia nyata. Misalnya, dalam video, Sora dapat menggambarkan seorang perempuan berjalan di jalan kota dengan lampu gedung yang terpantul di permukaan air. Detail seperti goyangan pakaian dan orang-orang sibuk di latar belakang semuanya berasal dari satu teks prompt.
  3. Keamanan dan Metadata: OpenAI memprioritaskan keselamatan saat meluncurkan Sora. Model ini hanya tersedia di OpenAI Red Teaming Network, yang terdiri dari pakar individu, lembaga penelitian, dan organisasi masyarakat sipil. OpenAI juga menyertakan metadata pada video yang menandai konten yang dihasilkan oleh Sora sebagai buatan AI. Ini membantu mengungkap asal usul video dan memastikan transparansi.

Kelebihan Sora

Kelebihan Sora
  • Kreativitas Tanpa Batas: Sora memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video dengan konsep yang unik dan beragam hanya dengan perintah teks.
  • Efisien: Tidak perlu mengedit video secara manual atau memiliki pengetahuan tentang editing video yang kompleks.
  • Potensi Komersial: Sora dapat digunakan untuk membuat iklan, presentasi, atau konten visual lainnya dengan cepat dan mudah.

Kelemahan Sora

Kelemahan sora
  • Keterbatasan Durasi: Saat ini, Sora hanya dapat menghasilkan video berdurasi hingga satu menit. Pengguna yang membutuhkan video lebih panjang mungkin perlu menggabungkan beberapa klip.
  • Ketergantungan pada Teks Prompt: Hasil video sepenuhnya bergantung pada perintah teks yang diberikan. Jika perintah tidak cukup jelas, hasilnya mungkin tidak sesuai harapan.
  • Limitasi pada promt tertentu: Untuk saat ini, video yang di hasilkan sora banyak memiliki kelemahan, salah satunya adalah “Physics”. Untuk penjelasan lengkapnya kamu bisa lihat video dibawah ini.

Kesimpulan

Sora adalah langkah maju yang menarik dalam penggabungan teks dan video. Dengan potensi kreatif yang tak terbatas, kita dapat berharap melihat lebih banyak karya visual yang dihasilkan oleh Sora di masa depan. 🌟

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments