Ringkasan Dongeng Bawang Merah Bawang Putih

Dongeng Bawang Merah Bawang Putih merupakan salah satu dongeng populer di Indonesia. Cerita ini menceritakan tentang kehidupan dua bersaudari yang bernama Bawang Merah dan Bawang Putih. Keduanya memiliki sifat dan perilaku yang sangat berbeda. Berikut ini adalah ringkasan dari dongeng Bawang Merah Bawang Putih.

Pengenalan

Dalam bagian pengenalan ini, kita akan mengenalkan kisah Bawang Merah Bawang Putih, siapa tokoh-tokohnya, dan latar belakang kisah ini.

Bawang Merah

Karakter Bawang Merah dikenal sebagai sosok yang cerdas dan pandai berbicara. Ia juga dikenal sombong dan sering merendahkan Bawang Putih.

Bawang Putih

Berbeda dengan Bawang Merah, Bawang Putih dikenal sebagai sosok yang lembut dan penyabar. Ia juga dikenal rendah hati dan selalu merendahkan diri sendiri.

Konflik

Konflik dalam cerita dimulai ketika ibu dari Bawang Merah dan Bawang Putih meninggal dunia. Sang ayah kemudian menikah lagi dengan seorang janda yang memiliki seorang putri.

Perlakuan Janda Terhadap Bawang Merah Bawang Putih

Janda tersebut ternyata memiliki sifat yang jahat dan selalu memanjakan putrinya. Bawang Merah dan Bawang Putih seringkali diabaikan dan diperlakukan dengan buruk.

Pertemuan Bawang Merah Bawang Putih dengan Raja

Dalam cerita ini juga menceritakan bagaimana Bawang Merah dan Bawang Putih bertemu dengan raja dan memberikan hadiah yang berbeda-beda. Raja kemudian menjadi tertarik dengan Bawang Putih.

Baca Juga  Ringkasan Cerita Batu Golog

Rencana Janda Jahat

Sang janda jahat kemudian merencanakan sesuatu agar putrinya bisa dinikahi oleh raja. Dia memberi Bawang Putih sebuah tugas yang tidak mungkin bisa diselesaikan.

Bantuan dari Tikus

Bawang Putih dibantu oleh seekor tikus untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh sang janda. Tikus tersebut memberikan ide agar Bawang Putih bisa menyelesaikan tugas tersebut.

Penipuan Sang Janda

Setelah tugas tersebut diselesaikan, sang janda ternyata tidak mau mengakui bahwa Bawang Putih yang telah menyelesaikan tugas tersebut. Dia kemudian memaksakan putrinya agar bisa dinikahi oleh raja.

Pernikahan Raja dengan Bawang Putih

Raja kemudian mengetahui bahwa Bawang Putih lah yang telah menyelesaikan tugas tersebut. Dia kemudian menikahi Bawang Putih dan membuat Bawang Merah merasa cemburu.

Kesedihan Bawang Merah

Bawang Merah kemudian memutuskan untuk pergi dari rumahnya dan menjadi pembantu di rumah raja.

Bawang Merah di Istana Raja

Bawang Merah menjadi pembantu di istana raja dan mengenal seorang pelayan bernama Si Dayang. Dia juga mengetahui bahwa si janda jahat berada di istana dan berencana untuk memperdaya raja lagi.

Bantuan Si Dayang

Si Dayang memberikan bantuan kepada Bawang Merah untuk menggagalkan rencana janda jahat. Mereka membuat sebuah rencana agar raja bisa mengetahui kebenaran.

Pengakuan Sang Janda

Rencana mereka berhasil dan sang janda jahat akhirnya mengakui kesalahannya. Raja kemudian menghukum janda tersebut dan memberikan hadiah kepada Bawang Merah dan Si Dayang.

Kebahagiaan Bawang Merah

Bawang Merah akhirnya bisa kembali ke rumahnya dengan kebahagiaan dan tanpa rasa cemburu lagi. Dia juga meminta maaf kepada Bawang Putih atas perilakunya yang sombong dan merendahkan.

Ringkasan dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih

Dongeng Bawang Merah Bawang Putih menceritakan tentang dua orang saudara perempuan yang memiliki sifat yang sangat berbeda. Bawang Merah yang sombong dan suka merendahkan Bawang Putih yang baik hati dan sabar.

Baca Juga  Ringkasan Cerita Batu Golog

Kedua saudara ini pun saling cemburu dan bersaing. Namun, suatu hari Bawang Putih mendapatkan tugas dari sang janda jahat untuk menenun kain dengan benang emas. Bawang Merah yang iri dan cemburu, kemudian mengambil kain tersebut dan menyelesaikannya dengan curang.

Akhirnya, sang janda jahat memperdaya raja dengan memberikan hadiah kepada Bawang Merah. Namun, Bawang Merah yang merasa bersalah dan tak bahagia memutuskan untuk pergi dari istana dan hidup dengan rendah hati.

Di istana, Bawang Merah menjadi pembantu dan bertemu dengan seorang pelayan bernama Si Dayang. Mereka berdua akhirnya bekerja sama untuk menggagalkan rencana janda jahat dan membuktikan kebenaran kepada raja.

Setelah sang janda jahat mengakui kesalahannya, Bawang Merah mendapatkan hadiah dari raja dan bisa kembali ke rumahnya dengan bahagia. Dia juga meminta maaf kepada Bawang Putih atas perilakunya yang sombong dan merendahkan.

Dari cerita ini, kita bisa belajar tentang pentingnya kejujuran, rendah hati, dan persahabatan. Kita juga diingatkan bahwa sifat sombong dan merendahkan orang lain akan membawa kita pada kegagalan.

Kesimpulan

Dongeng Bawang Merah Bawang Putih merupakan kisah yang sangat populer di Indonesia. Cerita ini mengajarkan kita tentang nilai-nilai kejujuran, rendah hati, dan persahabatan. Kita juga dapat memetik hikmah bahwa sifat sombong dan merendahkan orang lain akan membawa kita pada kegagalan.

Langganan
Beritahu dari
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar