Aplikasi Antivirus Untuk Gadget (HP, Komputer & Laptop) Perlukah?

Halo sobat diringkas, mungkin pernah terlintas di pertanyaan di otak kita sebagai pengguna gadget “Apakah aplikasi antivirus itu diperlukan?“. Jawaban ringkas dari pertanyaan itu relatif pada pengguna, apabila kamu sudah tau etika dan tata cara berinternet secara sehat maka aplikasi antivirus tambahan tidak diperlukan, namun jika kamu adalah orang normal pada umumnya yang tidak terlalu lihai dalam berinternet ria maka jawabannya adalah perlu.

Alasan mengapa antivirus tidak penting

Antivirus seperti yang kita ketahui adalah program untuk menjaga gadget kita dari serangan virus berbahaya yang tersebar di internet, namun apa alasannya kita perlu atau tidaknya menggunakan antivirus? Berikut adalah beberapa alasan yang sudah saya ringkas.

Aplikasi Antivirus itu berat

Yess ini adalah alasan pertama yang paling mutlak bagi para kaum pc/laptop/hp kentang, antivirus bekerja secara berkala dan menggunakan lumayan banyak CPU untuk prosesnya. Bagi kaum mendang-mending hal ini sudah sangat menyeramkan. Namun apabila kamu memiliki spek gadget yang mumpuni maka menginstall aplikasi antivirus tambahan tidaklah terlalu buruk.

Perlu diperhatikan apabila kamu seorang gamer, menggunakan aplikasi antivirus pada sebagian game bisa memperlambat kinerja game itu sendiri. Bahkan pada platform terkenal seperti Steam saja mengidentifikasikan bahwa antivirus dapat menyebabkan gangguan pada penggunaan platformnya.

Anti-virus Software

Anti-virus software hooks very deep into user systems and can affect disk and network operations which will cause issues with Steam. Some games also use copy protection technology that can appear as malicious software to an AV scanner, resulting in potential false-positive alerts.

Tulisan diatas bisa kamu cek sendiri di Steam Support :: Programs Which May Interfere with Steam.

Baca Juga  Alasan Mengapa Kamu Perlu Menggunakan VPN

Untuk orang yang menggunakan gadget untuk keperluan sehari-hari antivirus yang memberatkan sistem dapat memperlambat pekerjaan atau kegiatan yang sedang dilakukan, entah itu browsing, nonton film atau bahkan bersosial media.

Android dan iOS tidak perlu antivirus

Jawaban ringkasnya adalah sebab malware dan virus yang beredar di internet kebanyakan dibuat untuk menyerang sistem operasi Windows, sedangkan untuk android sebagai salah satu OS yang berfundamental Linux maka seharusnya memiliki imunitas terhadap virus yang beredar, untuk iOS kurang lebih alasannya sama dengan android masing-masing memiliki imunitas terhadap virus.

Untuk android seharusnya sudah terinstall secara otomatis aplikasi yang bernama Google Play Protect, aplikasi itu berfungsi sebagai scan aplikasi yang akan diinstall. Secara default jika pengaturan tidak ada yang dirubah android akan ada peringatan setiap menginstall aplikasi diluar dari playstore, jadi jika ada aplikasi yang tiba-tiba minta diinstall jangan diizinkan ya!

Virus tidak datang secara tiba-tiba tanpa sebab

Sangat langka kasus dimana virus tiba-tiba terinstall di gadget kita, sebagian besar orang yang terkena virus biasanya melakukan sesuatu sebagai pemicu yang dapat menyebabkan gadget terinfeksi virus.

Metode penyebaran virus yang populer adalah dengan menyebarkan link diinternet dan memanfaatkan pengguna gadget yang terkecoh untuk membuka link tersebut entah melalui email, pesan pribadi, atau link yang ditemukan di beranda sosial media. Ketika pengguna gadget mengklik link “virus” ini, secara tidak sadar terkadang akan terjadi sesuatu hal seperti tiba-tiba ada file yang terdownload, dan secara tidak sengaja file yang didownload tadi dibuka oleh pengguna yang penasaran dengan file itu, hal itu adalah salah satu metode yang paling populer.

Masih ada beberapa metode lain tentang bagaimana virus bekerja dan darimana dia bisa datang, jadi tetap berhati-hati ketika beraktifitas di internet ya!

Baca Juga  Steam, Origin, Epic Games, Paypal diblokir Kominfo Begini Solusinya!

Alasan mengapa antivirus itu penting

Aplikasi antivirus sebagai teman pencegah kelalaianmu

Sebagai manusia yang normal, pada umumnya lumrah untuk melakukan kesalahan yang tidak disengaja, ketika hal ini terjadi maka antivirus yang terprogram dengan baik akan menjadi teman terbaik untuk menyelamatkanmu.

Contohnya ketika tidak sengaja mengklik link phising, antivirus akan secara otomatis mengeluarkan himbauan bahwa website yang kamu tuju berbahaya dan langsung mengkarantina/memblokir website tersebut sehinga di kemudian hari kamu tidak akan melakukan hal yang sama.

aplikasi antivirus

Aplikasi Antivirus dari bawaan windows sudah sangat cukup

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa windows defender atau aplikasi antivirus windows bawaan adalah antivirus yang tidak berguna, informasi itu sudah tidak benar ya teman-teman sebab windows secara berkala mengupdate windows defender dan tidak bisa dipungkiri bahwa windows defender adalah salah satu antivirus terbaik.

Secara default windows defender sudah aktif jadi apabila tidak mengubah peraturan apapun di komputer maka pasti kamu secara otomatis sudah bisa terbilang aman, tidak perlu menginstall aplikasi antivirus lainnya. Karena menginstall antivirus lebih dari 1 dapat menyebabkan konflik dan gadget akan menjadi lamban.

Jadi semisal katakanlah kamu tidak setuju dengan pernyataan diatas, boleh mencoba menginstall antivirus yang beredar dan pilihlah secara hati-hati.

Tips berselancar di interenet

Setelah mengetahui penting dan tidak pentingnya sebuah antivirus, berikut adalah tips yang bisa saya berikan untuk kalian para pembaca diringkas.

  • Selalu update antivirus, entah itu bawaan atau aplikasi antivirus lainnya.
  • Hindari klik link/tautan dari sumber yang tidak diketahui.
  • Jangan mengisi informasi pribadi di form entah di website atau dimanapun itu apabila terlihat tidak meyakinkan, lebih baik tanya kepada orang yang setidaknya mengerti tentang internet untuk memastikannya.
  • Selalu update sistem operasi ketika tersedia versi terbaru.
  • Gunakan password yang berbeda di setiap platform yang digunakan, kita tidak akan pernah tau kapan akan terjadi peretasan pada sebuah database, jadi alangkah lebih baik jika berjaga-jaga.
  • Backup data secara rutin, mau itu di google drive atau iCloud.
  • Jangan download file sembarangan dan hati-hati saat mengeklik tombol download di sebuah situs, siapa tau tombol itu adalah tombol jebakan.
  • Jangan gunakan aplikasi bajakan untuk keperluan sehari-hari, belilah lisensi aplikasi tersebut apabila terbukti berguna untuk kebutuhan.
Baca Juga  Bagaimana Cara Kerja Internet? Penjelasan Simpel dan Detail

Itu dia tips berselancar di internet yang perlu kamu ketahui agar terbebas dari virus-virus aneh yang beredar.

Kesimpulan

Aplikasi antivirus memang terkadang diperlukan, saya bahkan mengakui pernah terkena virus secara tidak sadar karena kelalaian saya. Namun, ketika kita sudah mengerti tentang etika berinternet secara tidak langsung kita juga seharusnya tidak perlu menggunakan antivirus, pembuat virus sebagian besar hanya mengincar orang yang teledor dan memiliki tingkat membaca yang minim.

Berhati-hati adalah kunci utama agar terhindar dari virus, kenali lingkungan dan pengalaman akan menjadi guru terbaik dalam mengetahui seluk beluk internet.

Jadi aplikasi antivirus bisa penting dan tidak penting tergantung dari setiap individu ya teman-teman. Semoga artikel ini bisa mencerahkan kamu yang sedang bingung tentang antivirus!

Langganan
Beritahu dari
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar