NCT LAB Lengkap Rilis 10 Lagu, SM Entertainment Tepati Janji

Bagi kalian NCTzen pasti tidak asing dengan proyek SM Entertainment yang satu ini. Ya, NCT LAB yang dinanti banyak penggemar, akhirnya lengkap merilis single tracknya yang ke-10 pada 6 Desember 2023 lalu. Bagi kalian yang belum tahu apa itu NCT LAB, jangan khawatir. Kita kupas tuntas proyek kebanggaan SM Entertainment ini, yuk!

Apa Itu NCT LAB?

Salah satu dari tiga agensi Kpop besar di Korea yaitu SM Entertainment merilis proyeknya dengan nama NCT LAB yang merupakan bagian dari SM Station. Fokus NCT LAB ditujukan untuk Idol NCT yang mana nantinya semua member NCT akan merilis single baru dengan formasi solo maupun unit gabungan dari anggota NCT 127, NCT Dream dan WayV. Member NCT akan menulis liriknya sendiri, bahkan menjadi komposer untuk singlenya sendiri. 

SM Entertainment saat perilisan pada 27 Januari 2022 lalu memberi pernyataan,

“NCT LAB telah diatur ulang menjadi saluran pengarsipan musik NCT sendiri, terlepas dari SM STATION yang sudah ada selama ini. Selain perilisan musik dan video musik, NCT LAB pun berencana untuk merilis album kompilasi, dan penggemar diharapkan dapat menikmati NCT LAB dengan cara yang lebih beragam,”

Single Track Rilisan NCT LAB

Sejak 2022, NCT LAB sudah merilis sederet single track NCT yang dimulai dengan proyek Mark Lee dengan judul “Child”. 6 Desember 2023 lalu di jam 18.00 KST (16.00 WIB) NCT LAB lengkap merilis single ke-10 dengan judul “Marine Turtle” dengan empat member gabungan yaitu Kun dan Xiaojun dari WayV serta Chenle dan Renjun dari NCT Dream. Sesuai yang dijanjikan, NCT LAB lengkap dengan 10 single track sejak perilisan Februari 2022 sampai akhir tahun 2023 ini. Apa saja 9 single track rilisan NCT LAB? Berikut lagu-lagunya! 

1. Mark Lee – Child

(Mark – Child MV)

Single rilisan NCT LAB diawali dengan “Child” oleh Mark Lee yang dirilis pada 4 Februari 2023 lalu. Lagu bergenre hip hop dengan synth bass dan gitar elektrik ini bercerita tentang kecemasan dan rasa tidak percaya diri yang sewajarnya dirasakan anak muda yang sempat ingin menjauh dari banyak orang dan lingkungan sekitarnya. Mark sebagai penulis lagu ini sendiri mengungkapkan isi hatinya yang tidak diketahui banyak orang seperti yang nampak pada layar. 

Hebatnya, single ini langsung menduduki chart music di Korea bahkan menempati peringkat pertama Spotify dan Bugs, menempati peringkat kedua di Melon Real Time dan urutan ke-12 dua Mel0n Top100. Bahkan single ini uga menempati peringkat pertama di iTunes berbagai negara. 

2. Haechan, Doyoung, Mark & Shotaro – coNEXTion (Age of Light)

(Haechan, Doyoung, Mark & Shotaro – coNEXTion (Age of Light) Performance Video)

Single kedua rilisan NCT LAB adalah lagu yang dibawakan oleh Haechan, Doyoung dan Mark dengan judul coNEXTion(Age of Light). Lagu berdurasi 7 menit 32 detik ini dilengkapi performance video dengan Shotaro NCT sebagai dancernya. Single coNEXTtion ini dirilis pada 20 Maret 2022 dan ternyata lagu ini merupakan proyek inisiasi Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata bersama dengan Korea Creative Content Agency (KCCA) yang bertajuk “Age of Light

3. Kun, Taeil & Yangyang – Rain Day

(Kun, Taeil & Yangyang – Rain Day MV)

Single ketiga rilisan NCT LAB adalah “Rain Day” yang dibawakan dengan anggun melalu harmoni vokal Kun, Taeil dan Yangyang. Single ini dirilis pada 19 Juli 2022 dengan genre medium tempo R&B dengan bass lembut. Lagu ini menceritakan tentang kedambaan untuk mendapatkan kembali cinta yang lama hilang dengan menilik kembali masa lalu yang indah. Pada video musiknya nampak ketiganya sedang menikmati musim panas di tepi danau dengan kilas balik kenangan indah bersama-sama. 

Kun yang merupakan leader dari NCT unit WayV langsung turut andil dalam menulis lirik lagu, composing dan aransemen lagu. Sedangkan Yangyang berfokus penuh pada perannya sebagai rapper dengan menampilkan pesonanya. Harmonisasi Taeil dan Yangyang juga tidak kalah indahnya dalam membentuk lagu ini secara utuh. 

4. Jaehyun – Forever Only

(Jaehyun – Forever Only MV)

Bagi penggemar Jamal alias Jaehyun NCT, pasti tidak asing dengan single satu ini. “Forever Only” yang dirilis pada 18 Agustus 2022 ini merupakan langkah besar Jaehyun karena menjadi single solo pertama sejak ia debut pada tahun 2016. Genre R&B dengan riff gitar dan vokal khasnya, mampu menggetarkan hati penggemar. Pesan yang disampaikan lewat lagu ini pun cukup emosional, karena bermakna harapan agar seseorang tetap disisinya meski dunia perlahan-lahan mulai meninggalkannya.

Hanya dengan kaos polos putih dan celana hitam dan berlatar ruangan dengan lantai kayu, lagu ini mampu menempati peringkat 120 di Circle Digital Chart Korea Selatan dan menempati peringkat 14 di Penjualan Digital Billboard. Tak hanya karena konsepnya yang indah dan murni, Jaehyun menampilkan kebolehannya dengan ikut andil dalam penulisan liriknya sendiri. Sungguh penuh talenta, tampan dan luar biasa.

5. Ten – Birthday

(Ten – Birthday MV)

SM Entertainment belum hebat jika melewatkan Ace satu ini, Ten NCT. NCT LAB merilis single ke-5 dengan judul “Birthday” oleh Ten pada 26 Oktober 2022 lalu. Genre yang diusung adalah R&B Dance dengan instrumen drum dan marimba. Terasa sangat sensual dan romantis, lagu ini mengisahkan tentang rasa bahagia yang dijalani bersama sang kekasih sampai-sampai indahnya terasa seperti ulang tahun yang bahagia. Tidak hanya dengan pesona dancenya yang sensual dan memukau, suara lembut yang khas oleh Ten mampu menggiring lagu ini untuk menduduki puncak Top Song di iTunes 13 negara.

6. Mark – Golden Hour

(Mark – Golden Hour MV)

Kembali mengisi proyek NCT LAB, Mark hadir dengan singlenya yang berjudul “Golden Hour”. Lagu yang dirilis pada 7 April 2022 ini memiliki gambar telur mata sapi pada covernya karena memiliki sejarah yang unik. Pada suatu ketika disaat NCT sedang melangsungkan syuting konten, terlihat Mark sedang berusaha untuk menggoreng telur. Karena gagal, hal ini justru dinilai lucu oleh netizen dan mereka gemas dibuatnya. Sampai-sampai salah seorang OP mengunggah postingan potongan video memasak yang gagal tersebut dan menandai Chef Gordon Ramsay di sosial media X miliknya.

Postingan akun NCTzen @NE0TOUCH di sosial media X-nya :

“@Gordon Ramsay, my boyfriend was making eggs… What do you think?”

Hal ini menginspirasi mark selama proses penciptaan lirik lagunya hingga ia menyebutkan nama Gordon Ramsay di liriknya. Di suatu kesempatan ketika ia melakukan tur konser, ia juga mengucapkan terima kasih pada OP tersebut saat ia tahu si OP hadir di konsernya. 

7. Jaehyun – Horizon

(Jaehyun – Horizon MV)

Member dengan julukan “Valentine Boy” ini kembali merilis single dalam proyek NCT LAB yang diberi judul “Horizon”. Lagu yang ditulis oleh Jaehyun sendiri ini dirilis pada 8 Agustus 2023 lalu dengan konsep musim panas yang romantis. Inspirasinya datang ketika ia sedang naik pesawat dan melihat pemandangan saat lepas landas. Bahkan ia sampai harus jauh-jauh datang ke Italia untuk proses syuting video klipnya.  

8. Taeil & Haechan – N.Y.C.T

(Taeil & Haechan – N.Y.C.T MV)

Duo member bersuara merdu, yaitu Taeil dan Haechan ikut andil dalam proyek NCT LAB melalui lagunya yang berjudul N.Y.C.T (New York City). Keduanya ikut andil dalam penulisan lirik dan composing lagunya, mengingat ini adalah proyek NCT LAB. Lagu dengan genre R&B diiringi piano dan gitar ini memberikan kesan romantis. Nuansa romantis juga dimunculkan melalui visual klip video mereka yang seolah sedang berjalan-jalan di New York bersama NCTzen. Single ini dirilis pada 7 September 2023 lalu dengan harmonisasi luar biasa oleh keduanya. 

9. Kun – Phantom Remix

(Kun – Phantom Remix MV)

Member genius dari NCT ini tentu tidak kalah andil dalam meramaikan proyek NCT LAB. Dengan keahliannya dalam composing lagu, kali ini Kun ikut andil dengan merilis lagu WayV yang diremix habis-habisan. Rilis tanggal 15 November 2023 lalu, lagu ini mulanya dirilis ke platform SoundCloud. Lagu Phantom yang diremix ini memberikan kesan heroik, megah dan powerful. Keahliannya dalam composing lagu memang tidak lagi diragukan, mengingat Kun adalah member yang meremix intro dan outro NCT Nation . 

10. Kun, Xiaojun, Renjun, Chenle – Marine Turtle

(Kun, Xiaojun, Renjun, Chenle – Marine Turtle MV)

Single ke-10 proyek NCT LAB dimeriahkan oleh member China line NCT bersuara emas, yaitu Kun, Xiaojun, Renjun dan Chenle. Single ini rilis pada 6 Desember 2023 lalu dengan latar belakang tepi pantai. Lagu ini bermakna sangat dalam, mereka yang telah berhasil menghadapi dan melewati masa sulit akhirnya menemukan jalan kembali pulang yang digambarkan seperti bayi penyu. Dalam kesempatan kali ini, Chenle berhasil debut sebagai komposer dan Mark berpartisipasi sebagai penulis lirik untuk versi bahasa Koreanya. 

Proyek NCT LAB memang menjadi proyek yang sangat dinanti-nantikan karena unitnya tidak menentu yang membuat proyek ini memiliki keunikan tersendiri di setiap singlenya. Dari total 20 member NCT dengan 10 single NCT LAB yang rilis, mari terus kita nantikan comeback NCT LAB sampai semua member kebagian porsinya ya, Sijeuni~

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments