Mukbang Tapi Tetap Kurus? Ini Rahasianya

Bagi kamu pecinta kuliner pasti tidak asing dengan konten mukbang bukan? Mukbang adalah bahasa korea yang merupakan gabungan dari “meoknun” (먹는 = makan) dan “bangsong” (방송 = siaran) yang berarti siaran (broadcast) makan. Seorang youtuber yang membuat konten mukbang identik dengan makan dalam jumlah banyak dan hebatnya mereka memakan habis semuanya hanya dengan seorang diri lho. Anehnya, beberapa dari mereka tetap kurus meski makan sebanyak itu. Kira-kira apa ya rahasianya? Kita bahas yuk!  

Rahasia Tetap Kurus

Ternyata ada beberapa faktor bagaimana seorang konten kreator mukbang bisa tetap kurus meski sudah makan dalam porsi banyak. Beberapa alasannya adalah berikut ini :

Makan Makanan Sehat

Meski dalam video terlihat bahwa youtuber mukbang hampir tidak pernah makan makanan yang bergizi dan jarang menampilkan konten makanan sehat, sebenarnya di balik itu mereka tetap mengonsumsi makanan sehat. Kebanyakan orang korea lebih suka menyantap sayur yang direbus, seafood dan menghindari makanan seperti fast-food. Bahkan sangat memungkinkan bahwa para youtuber mukbang menghitung kalori makanan sehari-harinya. Konten yang ditampilkan tidak selalu merepresentasikan kehidupan asli mereka di balik layar bukan?

Mengurangi Makanan Manis

Orang yang menggunakan pola hidup sehat adalah mereka yang mau mengurangi konsumsi jenis makanan atau minuman manis. Makanan atau minuman manis yang mengandung fruktosa dapat mengganggu hormon nafsu makan, karena fruktosa akan disimpan sebagai lemak dan tidak dikonversi menjadi energi. Tidak heran lagi jika sering mengemil makanan manis akan menambah berat badan. Beberapa orang Korea yang jadi youtuber mukbang biasanya lebih memilih untuk minum Barley Tea untuk minuman selain air putih karena dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu pencernaan dan meningkatkan antioksidan. Camilan manis bisa diganti dengan makan makanan yang berserat seperti sereal, buah, sayuran, kacang, almond atau edamame.

Konsumsi Air Putih

Dengan mengonsumsi air putih, kita akan menjaga tubuh agar tetap terdehidrasi. Tapi tahukah kamu bahwa program diet oleh youtuber mukbang bisa dilakukan hanya dengan mengonsumsi air putih? Ya, dengan mengonsumsi air putih, mereka akan cepat merasa kenyang sehingga bisa membantu mengurangi porsi makan. Selain itu air putih dapat membantu mereka dalam mengatur berat badan karena air putih mampu membakar lebih banyak kalori sekitar 2% – 3%. Air putih juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh agar lebih baik. 

Mengonsumsi Suplemen

Demi menjaga berat badan agar tetap kurus, youtuber mukbang sampai mengonsumsi suplemen pembakar lemak, lho. Diimbangi dengan olahraga rutin dan makan makanan sehat, rupanya mereka juga mengonsumsi suplemen pembakar lemak. Suplemen ini juga berguna sebagai penahan rasa lapar. Tidak heran meski banyak dalam porsi yang tidak wajar, badan mereka tetap kurus.

Rutin Berolahraga

Cara paling efektif bagi youtuber mukbang untuk menjaga tubuhnya tetap kurus adalah dengan rutin berolahraga. Dengan berolahraga setidaknya 3 – 4 kali dalam seminggu akan membuat tubuh menjadi segar bugar dan membakar lemak yang ada. Kalori yang didapat dari makanan pun akan terbakar. Selain itu, dengan berolahraga lemak akan terkonversi menjadi massa otot. Berat masa otot tidak akan mempengaruhi berat badan, dengan itu mereka akan tetap kurus. Hanya karena kita tidak melihat mereka berolahraga, bukan berarti mereka tidak melakukannya bukan?

Metabolisme Tubuh yang Bagus

Apakah kamu tipe orang yang cepat buang air besar setelah makan banyak? Jika iya, kemungkinan besar kamu memiliki metabolisme tubuh yang bagus. Beberapa orang yang terlahir dengan metabolisme tubuh yang bagus akan cepat mengolah makanan dalam sistem pencernaannya. Dengan ini, makanan tidak akan dikonversi menjadi lemak karena makanan tidak tersimpan dalam waktu lama di perut. Makanan yang masuk akan langsung dikirim ke usus dan dibuang sebanyak apa yang dimakan. Menjadi youtuber mukbang artinya mereka sudah memahami bahwa tubuh mereka memiliki metabolisme yang bagus. maka dari itu mereka tidak akan khawatir berat badannya bertambah. 

Kesimpulannya, meski mereka adalah seorang youtuber mukbang yang terlihat makan makanan tidak sehat, di balik layar mereka tetap berusaha menjaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan sehat, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan air putih dan tetap rajin berolahraga agar memiliki metabolisme tubuh yang bagus. Bagaimana? Apakah kamu sekarang berminat untuk jadi youtuber mukbang

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments