Mengenal QRIS: Ketahui Cara Kerja dan Manfaatnya

QRIS atau Quick Response Indonesia Standard adalah sistem pembayaran digital yang semakin populer di Indonesia. Sistem ini dikembangkan oleh Bank Indonesia sebagai upaya untuk mengintegrasikan berbagai metode pembayaran digital yang sudah ada di Indonesia, seperti e-wallet, internet banking, dan mobile banking. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang QRIS, cara kerjanya, dan manfaatnya bagi masyarakat.

Apa Itu QRIS?

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah sistem pembayaran nirkontak yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2019. QRIS digunakan sebagai standar nasional untuk pembayaran nirkontak dengan kode QR.

QRIS dibuat sebagai upaya untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik yang ada di Indonesia agar lebih mudah diakses dan digunakan oleh masyarakat. Sebelum adanya QRIS, terdapat berbagai jenis pembayaran nirkontak yang berbeda-beda di Indonesia, seperti OVO, Go-Pay, dan LinkAja. Hal ini menyebabkan kesulitan bagi pelanggan dan pedagang untuk menggunakannya secara universal.

Dengan adanya QRIS, pelanggan hanya perlu memindai kode QR pada aplikasi pembayaran mereka untuk melakukan transaksi dengan pedagang yang menggunakan sistem pembayaran nirkontak lainnya. Hal ini mempermudah proses transaksi nirkontak dan meningkatkan efisiensi dalam sistem pembayaran di Indonesia.

QRIS juga diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, terutama bagi masyarakat yang belum memiliki akses ke sistem perbankan. Dengan QRIS, pelanggan dapat melakukan transaksi keuangan tanpa harus membuka rekening bank terlebih dahulu. Hal ini juga dapat membantu pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang tunai dalam sistem pembayaran, sehingga mengurangi risiko keamanan dan memudahkan dalam pelacakan transaksi keuangan.

Selain itu, QRIS juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi bagi pedagang dalam melakukan transaksi nirkontak. Dalam sistem QRIS, pedagang hanya perlu menggunakan satu kode QR untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi pembayaran yang berbeda-beda. Hal ini mempermudah proses transaksi nirkontak bagi pedagang dan meminimalkan biaya administrasi yang harus dibayarkan untuk menggunakan berbagai jenis aplikasi pembayaran nirkontak yang berbeda.

Secara keseluruhan, QRIS dibuat sebagai upaya untuk mengintegrasikan sistem pembayaran nirkontak yang ada di Indonesia dan meningkatkan efisiensi dalam sistem pembayaran secara keseluruhan. QRIS juga diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan bagi masyarakat dan membantu pemerintah untuk mengurangi penggunaan uang tunai dalam sistem pembayaran.

Bagaimana Cara Kerja QRIS?

Mengenal QRIS Ketahui Cara Kerja dan Manfaatnya

Cara kerja QRIS terbilang cukup sederhana. Pada dasarnya, QRIS merupakan sistem yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi menggunakan aplikasi pembayaran digital yang sudah didukung oleh QRIS. Berikut adalah cara kerja QRIS secara umum:

  1. Merchant atau penjual menampilkan QR Code di layar atau pada media cetak, seperti poster atau brosur.
  2. Pembeli membuka aplikasi pembayaran digital yang sudah didukung oleh QRIS.
  3. Pembeli memindai QR Code yang ditampilkan oleh merchant menggunakan aplikasi pembayaran digital yang sudah didukung oleh QRIS.
  4. Pembeli mengisi jumlah pembayaran dan melakukan konfirmasi.
  5. Transaksi berhasil dilakukan.

Apa Manfaatnya Menggunakan QRIS?

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran, antara lain:

  1. Praktis dan efisien: QRIS memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi hanya dengan memindai QR Code yang sudah ditampilkan oleh merchant. Transaksi juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa harus membawa uang tunai.
  2. Aman dan terpercaya: QRIS menggunakan sistem keamanan yang canggih sehingga pengguna tidak perlu khawatir mengenai keamanan transaksi mereka.
  3. Integrasi: QRIS memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai metode pembayaran digital yang sudah ada di Indonesia dengan mudah, seperti e-wallet, internet banking, dan mobile banking.
  4. Transparansi: QRIS memungkinkan pengguna untuk melacak transaksi mereka dengan mudah dan memperoleh informasi yang jelas mengenai transaksi tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan QRIS?

Untuk menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran, pengguna harus melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasi pembayaran digital yang sudah mendukung QRIS, seperti GoPay, OVO, atau DANA.
  2. Pilih menu “Bayar dengan QRIS”.
  3. Pindai QR Code yang ditampilkan oleh merchant.
  4. Masukkan jumlah pembayaran dan konfirmasi transaksi.
  5. Transaksi berhasil dilakukan.

Kesimpulan

QRIS adalah sistem pembayaran digital yang cukup populer di Indonesia. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi menggunakan berbagai metode pembayaran digital yang sudah ada di Indonesia dengan mudah dan praktis. Selain itu, QRIS juga aman, terperc

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments