Mengenal IPNU IPPNU, Organisasi Pelajar Nahdlatul Ulama

Halo, sobat Diringkas! Apakah kalian tahu apa itu IPNU IPPNU? Mungkin kalian sudah pernah mendengar atau bahkan menjadi anggotanya. IPNU IPPNU adalah organisasi pelajar yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU), salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. IPNU singkatan dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama, sedangkan IPPNU singkatan dari Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama. Organisasi ini bergerak di bidang kepelajaran, kemasyarakatan, dan keagamaan.

Mengenal IPNU IPPNU, Organisasi Pelajar Nahdlatul Ulama

Sejarah IPNU IPPNU

Mengenal IPNU IPPNU, Organisasi Pelajar Nahdlatul Ulama 2

IPNU lahir pada tanggal 1 Maret 1954 di Surabaya, sebagai wadah bagi para pelajar NU yang ingin berjuang untuk mempertahankan aqidah Ahlussunnah wal Jamaah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). IPNU juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan pelajar NU.

IPPNU lahir pada tanggal 2 Maret 1955 di Malang, sebagai bagian dari departemen keputrian IPNU. Namun kemudian, IPPNU memisahkan diri dari IPNU dan menjadi organisasi otonom yang sejajar dengan IPNU. IPPNU memiliki tujuan yang sama dengan IPNU, yaitu membina dan mengembangkan potensi pelajar putri NU.

Akidah, Asas, dan Tujuan IPNU IPPNU

IPNU IPPNU memiliki akidah yang sama dengan NU, yaitu akidah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyyah, yang mengikuti empat mazhab dalam fikih (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali), serta menghormati khilafiyah dalam masalah-masalah furu’iyah.

Asas IPNU IPPNU adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah sesuai dengan pemahaman Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyyah.

Tujuan IPNU IPPNU adalah:

  • Menjaga dan mempertinggi aqidah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyyah.
  • Menjaga dan mempertinggi kesatuan dan persatuan bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan pelajar NU.
  • Membina dan mengembangkan potensi pelajar NU dalam bidang kepelajaran, kemasyarakatan, dan keagamaan.
  • Menyebarkan nilai-nilai Islam wasathiyah (moderat) yang rahmatan lil alamin (berkah bagi semesta).

Kegiatan IPNU IPPNU

IPNU IPPNU memiliki berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencapai visi dan misi organisasi. Beberapa kegiatan yang sering dilakukan oleh IPNU IPPNU adalah:

  • Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA), yaitu kegiatan pengenalan organisasi bagi anggota baru yang meliputi materi tentang sejarah, akidah, asas, tujuan, struktur, program kerja, serta tata cara berorganisasi di IPNU IPPNU.
  • Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD), yaitu kegiatan pembekalan bagi anggota yang akan menjadi pengurus atau kader organisasi yang meliputi materi tentang kepemimpinan, manajemen organisasi, komunikasi, motivasi, serta keterampilan dasar berorganisasi.
  • Latihan Kepemimpinan Lanjutan (LKL), yaitu kegiatan peningkatan kapasitas bagi pengurus atau kader organisasi yang meliputi materi tentang analisis situasi, perencanaan strategis, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, serta keterampilan lanjutan berorganisasi.
  • Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), yaitu kegiatan rutin yang dilakukan oleh IPNU IPPNU untuk membantu anggotanya dalam hal akademik, seperti bimbingan belajar, konsultasi, diskusi, seminar, workshop, dll.
  • Kegiatan Kemasyarakatan (KMS), yaitu kegiatan yang dilakukan oleh IPNU IPPNU untuk berkontribusi dalam pembangunan masyarakat, seperti pengabdian masyarakat, bakti sosial, donor darah, penanaman pohon, dll.
  • Kegiatan Keagamaan (KGA), yaitu kegiatan yang dilakukan oleh IPNU IPPNU untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan anggotanya, seperti pengajian, dzikir, shalat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, dll.

Contoh Kasus IPNU IPPNU

Salah satu contoh kasus yang menunjukkan peran IPNU IPPNU dalam masyarakat adalah ketika mereka mengadakan aksi solidaritas untuk korban gempa bumi di Sulawesi Barat pada Januari 2021. IPNU IPPNU menggalang dana dan mengirimkan bantuan berupa sembako, pakaian, selimut, tenda, obat-obatan, dan lain-lain kepada para korban yang terdampak bencana. IPNU IPPNU juga melakukan doa bersama untuk mendoakan keselamatan dan kesembuhan bagi para korban.

Kesimpulan

IPNU IPPNU adalah organisasi pelajar Nahdlatul Ulama yang bergerak di bidang kepelajaran, kemasyarakatan, dan keagamaan. IPNU IPPNU memiliki akidah Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyyah, asas Al-Qur’an dan As-Sunnah, serta tujuan untuk menjaga aqidah, kesatuan bangsa, kualitas pendidikan, potensi pelajar NU, dan nilai-nilai Islam wasathiyah. IPNU IPPNU memiliki berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mencapai visi dan misi organisasi, seperti MAKESTA, LKD, LKL, KBM, KMS, dan KGA. IPNU IPPNU juga berperan aktif dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, seperti korban bencana alam.

Demikian artikel tentang pengertian IPNU IPPNU yang telah kami rangkum untuk sobat Diringkas. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan sobat Diringkas tentang organisasi pelajar NU. Jika sobat Diringkas memiliki pertanyaan atau tanggapan terkait artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments