Cara Memperbaiki Flashdisk 0 Byte dengan Mudah dan Cepat

Halo, sobat Diringkas! Apakah kamu pernah mengalami masalah flashdisk 0 byte? Masalah ini biasanya terjadi ketika flashdisk tidak bisa dibaca oleh komputer atau laptop, dan kapasitasnya terlihat 0 byte. Padahal, sebenarnya flashdisk masih berisi data penting yang ingin kamu akses. Lalu, bagaimana cara memperbaiki flashdisk 0 byte ini?

Tenang saja, sobat Diringkas. Di artikel ini, kami akan memberikan beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah flashdisk 0 byte. Namun, sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui penyebab dan gejala dari masalah ini. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Penyebab dan Gejala Flashdisk 0 Byte

Flashdisk 0 byte adalah kondisi di mana flashdisk tidak bisa menampilkan kapasitas dan data yang sebenarnya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Kerusakan fisik. Jika flashdisk terjatuh, terbentur, atau terkena air, maka ada kemungkinan komponen di dalamnya rusak dan menyebabkan masalah 0 byte.
  • Kerusakan logis. Jika flashdisk tidak dicabut dengan aman dari komputer atau laptop, atau terkena virus, maka ada kemungkinan struktur file system di dalamnya rusak dan menyebabkan masalah 0 byte.
  • Kesalahan format. Jika flashdisk diformat dengan sistem file yang tidak sesuai dengan komputer atau laptop yang digunakan, maka ada kemungkinan flashdisk tidak bisa terbaca dan menyebabkan masalah 0 byte.

Gejala dari masalah flashdisk 0 byte adalah sebagai berikut:

  • Flashdisk tidak bisa dibuka atau diakses di komputer atau laptop.
  • Flashdisk tidak menampilkan kapasitas yang sebenarnya, melainkan 0 byte.
  • Flashdisk menampilkan pesan error seperti The disk in drive X is not formatted. Do you want to format it now? atau Please insert a disk into removable disk.

Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, maka kemungkinan besar flashdisk kamu mengalami masalah 0 byte. Namun, jangan khawatir, sobat Diringkas. Masalah ini masih bisa diatasi dengan beberapa cara yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Memperbaiki Flashdisk 0 Byte

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperbaiki flashdisk 0 byte, antara lain:

Cara 1: Menggunakan Disk Management

Disk Management adalah fitur bawaan Windows yang bisa kamu gunakan untuk mengelola partisi dan drive di komputer atau laptop kamu. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memeriksa dan memperbaiki flashdisk 0 byte dengan langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan flashdisk ke komputer atau laptop kamu.
  2. Buka Disk Management dengan cara klik kanan pada ikon This PC atau My Computer, lalu pilih Manage, kemudian pilih Disk Management.
  3. Cari flashdisk kamu di daftar drive yang muncul di Disk Management. Biasanya, flashdisk akan ditandai dengan warna abu-abu dan bertuliskan Unallocated atau Unknown.
  4. Klik kanan pada flashdisk kamu, lalu pilih New Simple Volume.
  5. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk membuat partisi baru pada flashdisk kamu. Pilih sistem file yang sesuai dengan komputer atau laptop kamu, misalnya FAT32 atau NTFS.
  6. Setelah proses selesai, coba buka flashdisk kamu dan lihat apakah data-data kamu sudah muncul kembali.

Perlu diketahui bahwa cara ini akan menghapus semua data yang ada di dalam flashdisk kamu. Oleh karena itu, jika data-data kamu sangat penting dan tidak ingin hilang, sebaiknya kamu mencoba cara lain yang lebih aman.

Cara 2: Menggunakan CMD

CMD atau Command Prompt adalah aplikasi bawaan Windows yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan perintah-perintah tertentu di komputer atau laptop kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa dan memperbaiki flashdisk 0 byte dengan langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan flashdisk ke komputer atau laptop kamu.
  2. Buka CMD dengan cara klik kanan pada ikon Start, lalu pilih Command Prompt (Admin) atau Windows PowerShell (Admin).
  3. Ketik perintah diskpart dan tekan Enter untuk membuka aplikasi Diskpart.
  4. Ketik perintah list disk dan tekan Enter untuk melihat daftar disk yang terhubung ke komputer atau laptop kamu.
  5. Ketik perintah select disk X dan tekan Enter untuk memilih flashdisk kamu. Ganti X dengan nomor disk yang sesuai dengan flashdisk kamu, misalnya disk 1 atau disk 2.
  6. Ketik perintah clean dan tekan Enter untuk menghapus semua partisi dan data yang ada di dalam flashdisk kamu.
  7. Ketik perintah create partition primary dan tekan Enter untuk membuat partisi baru pada flashdisk kamu.
  8. Ketik perintah format fs=fat32 quick dan tekan Enter untuk memformat flashdisk kamu dengan sistem file FAT32 secara cepat. Kamu bisa mengganti fat32 dengan ntfs jika kamu ingin menggunakan sistem file NTFS.
  9. Ketik perintah exit dan tekan Enter untuk keluar dari aplikasi Diskpart dan CMD.
  10. Coba buka flashdisk kamu dan lihat apakah data-data kamu sudah muncul kembali.

Perlu diketahui bahwa cara ini juga akan menghapus semua data yang ada di dalam flashdisk kamu. Oleh karena itu, jika data-data kamu sangat penting dan tidak ingin hilang, sebaiknya kamu mencoba cara lain yang lebih aman.

Cara 3: Menggunakan Software Pihak Ketiga

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba menggunakan software pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memperbaiki flashdisk 0 byte. Ada banyak software yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Software ini bisa kamu unduh secara gratis dari situs resminya, yaitu https://www.easeus.com/data-recovery-software/. Kamu bisa menggunakan software ini untuk memeriksa dan memperbaiki flashdisk 0 byte dengan langkah-langkah berikut:

  1. Sambungkan flashdisk ke komputer atau laptop kamu.
  2. Buka EaseUS Data Recovery Wizard yang sudah kamu instal di komputer atau laptop kamu.
  3. Pilih flashdisk kamu di antara daftar drive yang muncul di layar, lalu klik tombol Scan untuk memulai proses pemindaian.
  4. Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Software ini akan menampilkan semua data yang bisa dipulihkan dari flashdisk kamu, termasuk data yang terhapus atau tersembunyi.
  5. Pilih data-data yang ingin kamu kembalikan, lalu klik tombol Recover untuk menyimpannya di lokasi yang kamu inginkan.
  6. Setelah proses pemulihan selesai, coba buka flashdisk kamu dan lihat apakah data-data kamu sudah muncul kembali.

Perlu diketahui bahwa cara ini tidak akan menghapus data yang ada di dalam flashdisk kamu, melainkan hanya memulihkannya dari kondisi 0 byte. Oleh karena itu, cara ini lebih aman dan direkomendasikan jika data-data kamu sangat penting dan tidak ingin hilang.

Konklusi

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memperbaiki flashdisk 0 byte. Masalah ini memang cukup mengganggu, terutama jika flashdisk berisi data penting yang ingin kamu akses. Namun, jangan panik, sobat Diringkas. Masalah ini masih bisa diatasi dengan beberapa solusi yang telah kami jelaskan di atas.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengatasi masalah flashdisk 0 byte. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau pengalaman terkait dengan topik ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Kami akan senang mendengar dari kamu.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis, sobat Diringkas. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments