Mau Beli Konsol Game Nintendo Switch? Simak Tips Berikut Ini!

Halo Sobat Diringkas! Apakah kalian termasuk penggemar game Nintendo? Jika iya, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan Nintendo Switch, konsol game yang bisa dimainkan di mana saja dan kapan saja. Nintendo Switch adalah konsol game hybrid yang bisa berfungsi sebagai konsol rumahan atau konsol portabel. Dengan Nintendo Switch, kalian bisa menikmati berbagai game Nintendo yang populer, seperti Super Mario, The Legend of Zelda, Splatoon, Pokémon, dan masih banyak lagi.

Bingung Mau Beli Nintendo Switch?

Namun, sebelum kalian memutuskan untuk membeli Nintendo Switch, ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan terlebih dahulu. Apa saja itu? Yuk simak tips berikut ini!

Pilih Model yang Sesuai dengan Kebutuhan

Mau Beli Konsol Game Nintendo Switch  Simak Tips Berikut Ini! 2

Nintendo Switch memiliki tiga model yang berbeda, yaitu Nintendo Switch – OLED Model, Nintendo Switch, dan Nintendo Switch Lite. Ketiga model ini memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda, sehingga kalian harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kalian.

Berikut adalah perbandingan antara ketiga model Nintendo Switch:

ModelUkuran LayarResolusi LayarBateraiJoy-ConDockingHarga
Nintendo Switch – OLED Model7 inci (OLED)1280 x 720 (portabel) / 1920 x 1080 (TV)4,5 – 9 jamDapat dilepasAda (dengan LAN port)$349,99
Nintendo Switch6,2 inci (LCD)1280 x 720 (portabel) / 1920 x 1080 (TV)4,5 – 9 jamDapat dilepasAda$299,99
Nintendo Switch Lite5,5 inci (LCD)1280 x 720 (portabel)3 – 7 jamTidak dapat dilepasTidak ada$199,99

Jika kalian ingin menikmati game Nintendo dengan layar yang lebih besar dan berkualitas, maka Nintendo Switch – OLED Model adalah pilihan yang tepat. Model ini memiliki layar OLED yang lebih cerah dan kontras daripada layar LCD. Selain itu, model ini juga memiliki docking station yang dilengkapi dengan LAN port untuk koneksi internet yang lebih stabil.

Jika kalian ingin menikmati game Nintendo dengan fleksibilitas yang tinggi, maka Nintendo Switch adalah pilihan yang cocok. Model ini bisa berubah dari mode TV ke mode portabel dengan mudah, hanya dengan melepas atau memasang Joy-Con. Joy-Con adalah kontroler yang bisa dilepas dari konsol dan digunakan secara terpisah atau bersama-sama.

Jika kalian ingin menikmati game Nintendo dengan harga yang lebih terjangkau, maka Nintendo Switch Lite adalah pilihan yang hemat. Model ini adalah versi mini dari Nintendo Switch yang hanya bisa dimainkan secara portabel. Model ini tidak memiliki Joy-Con yang bisa dilepas atau docking station untuk mode TV.

Pilih Game yang Sesuai dengan Selera

Nintendo Switch memiliki banyak game yang bisa kalian mainkan, mulai dari game eksklusif Nintendo hingga game dari developer lain. Kalian bisa membeli game dalam bentuk fisik (cartridge) atau digital (download). Kalian juga bisa mendapatkan game gratis atau berlangganan layanan Nintendo Switch Online untuk menikmati game online dan game klasik.

Berikut adalah beberapa rekomendasi game Nintendo Switch yang populer:

  • The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom
    Game ini adalah game petualangan epik di dunia fantasi Hyrule. Kalian akan berperan sebagai Link, seorang pahlawan yang harus menyelamatkan putri Zelda dari kekuatan jahat Ganon. Game ini memiliki grafis yang indah, gameplay yang seru, dan cerita yang menarik.
  • Mario Kart 8 Deluxe
    Game ini adalah game balapan yang menyenangkan dan kompetitif. Kalian bisa memilih karakter favorit kalian dari dunia Super Mario dan berlomba di berbagai lintasan yang unik dan penuh tantangan. Game ini bisa dimainkan hingga 8 pemain secara lokal atau online.
  • Splatoon 3 Sizzle Season
    Game ini adalah game tembak-tembakan yang kreatif dan berwarna-warni. Kalian akan bergabung dengan salah satu tim dari dua tim yang bertarung untuk menguasai wilayah dengan cat. Game ini memiliki mode cerita, mode kooperatif, dan mode kompetitif.
  • Pokémon Brilliant Diamond and Shining Pearl
    Game ini adalah game RPG yang mengajak kalian untuk menjelajahi dunia Pokémon di wilayah Sinnoh. Kalian bisa memilih salah satu dari tiga Pokémon awal dan berpetualang untuk menangkap, melatih, dan bertarung dengan Pokémon lain. Game ini adalah remake dari game Pokémon Diamond and Pearl yang dirilis pada tahun 2006.

Pilih Aksesori yang Sesuai dengan Kebutuhan

Nintendo Switch juga memiliki berbagai aksesori yang bisa kalian gunakan untuk meningkatkan pengalaman bermain kalian. Beberapa aksesori yang bisa kalian pertimbangkan adalah:

  • MicroSD Card
    Kartu ini berguna untuk menyimpan data game digital kalian. Nintendo Switch memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB, sedangkan Nintendo Switch Lite memiliki kapasitas sebesar 64 GB. Jika kalian sering membeli game digital, maka kalian mungkin perlu kartu microSD untuk menambah ruang penyimpanan kalian.
  • Screen Protector
    Pelindung layar ini berguna untuk melindungi layar Nintendo Switch kalian dari goresan atau kerusakan. Layar Nintendo Switch terbuat dari plastik, bukan kaca, sehingga lebih mudah tergores. Jika kalian sering membawa Nintendo Switch kalian ke mana-mana, maka kalian mungkin perlu screen protector untuk menjaga layarnya tetap mulus.
  • Carrying Case
    Tas bawa ini berguna untuk menyimpan dan melindungi Nintendo Switch kalian saat bepergian. Tas bawa ini biasanya memiliki tempat untuk menyimpan konsol, Joy-Con, cartridge, kabel, dan aksesori lainnya. Jika kalian sering bermain Nintendo Switch secara portabel, maka kalian mungkin perlu carrying case untuk memudahkan kalian membawanya.
  • Pro Controller
    Kontroler ini berguna untuk memberikan kenyamanan dan presisi yang lebih baik saat bermain Nintendo Switch. Pro Controller memiliki bentuk dan ukuran yang mirip dengan kontroler konsol lainnya, seperti PlayStation atau Xbox. Jika kalian sering bermain game yang membutuhkan kontroler yang lebih ergonomis, maka kalian mungkin perlu Pro Controller untuk mendukung kalian.

Kesimpulan

Nintendo Switch adalah konsol game yang menawarkan banyak kelebihan dan keunikan. Konsol ini bisa dimainkan di mana saja dan kapan saja, serta memiliki banyak game yang menarik dan berkualitas. Namun, sebelum membeli Nintendo Switch, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti model, game, dan aksesori.

Semoga tips di atas bisa membantu kalian dalam memilih Nintendo Switch yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kalian. Jika kalian punya pertanyaan atau feedback tentang artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments