Kia EV9 Raih Gelar Mobil Terbaik Dunia di Ajang World Car Awards 2024

Pada tahun 2024, dunia otomotif kembali memeriahkan momen prestisius yaitu World Car Awards. Acara ini mengumpulkan para juri otomotif dari berbagai penjuru dunia untuk menilai dan memilih mobil-mobil terbaik dalam berbagai kategori. Tahun ini, perhelatan tersebut menghadirkan sejumlah kejutan menarik.

Kia EV9, Mobil Terbaik Dunia

Salah satu momen paling dinanti adalah pengumuman mobil terbaik dunia. Dan pada tahun 2024, gelar World Car of the Year jatuh kepada Kia EV9. Mobil listrik ini berhasil mengalahkan pesaing-pesaingnya dengan performa yang luar biasa. Dengan desain futuristik dan teknologi canggih, Kia EV9 membuktikan diri sebagai mobil yang layak menyandang gelar tertinggi.

Kia EV9 bukan hanya sekadar mobil listrik biasa. Berdasarkan hasil seleksi dari para juri, Kia EV9 berhasil meraih dua penghargaan sekaligus yaitu World Car of the Year dan World Electric Vehicle. Ini merupakan pencapaian gemilang bagi Kia, yang sebelumnya telah meraih tiga kemenangan di World Car Awards sejak tahun 2020.

Performa dan Desain Unggul

Apa yang membuat Kia EV9 begitu istimewa? Pertama, mari kita lihat dari segi performa. Mobil ini didukung oleh platform E-GMP (Electric-Global Modular Platform), yang memungkinkan penggunaan baterai generasi keempat untuk performa yang lebih baik. Jangkauan baterai yang luas dan waktu pengisian yang cepat membuat Kia EV9 menjadi pilihan yang praktis untuk mobilitas sehari-hari.

Selain performa, desain Kia EV9 juga patut diperhatikan. Dengan bentuk yang aerodinamis dan garis-garis tegas, mobil ini terlihat modern dan futuristik. Interior yang luas dengan tujuh kursi membuatnya cocok untuk keluarga atau perjalanan bersama teman-teman.

Harga yang Bersaing

Kia EV9 juga menawarkan harga yang bersaing di pasar mobil listrik. Dengan kombinasi performa, desain, dan harga yang menguntungkan, Kia EV9 menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang ingin beralih ke mobil ramah lingkungan.

Masa Depan Listrik

Kia EV9 membuktikan bahwa masa depan otomotif adalah listrik. Dengan teknologi yang terus berkembang dan kesadaran akan lingkungan yang semakin tinggi, mobil listrik semakin diminati. Kia sebagai produsen mobil global terus berinovasi untuk memberikan solusi mobilitas yang lebih baik.

Ajang World Car Awards 2024

Selain mobil terbaik dunia, World Car Awards 2024 juga memberikan penghargaan untuk kategori-kategori lain yang tak kalah menarik. Berikut adalah beberapa penghargaan yang diberikan selain mobil terbaik:

World Luxury Car

Pada kategori ini, BMW 5 Series / i5 berhasil meraih predikat mobil mewah terbaik. Dengan kombinasi performa tinggi dan kenyamanan yang elegan, BMW 5 Series / i5 menjadi pilihan para pecinta mobil premium.

World Performance Car

Bagi para penggemar mobil sport, Hyundai IONIQ 5 N adalah jawabannya. Mobil ini dinobatkan sebagai mobil performa terbaik berkat mesin bertenaga dan handling yang tajam. IONIQ 5 N membuktikan bahwa performa tinggi tidak harus mengorbankan kenyamanan.

World Electric Vehicle

Kia EV9 juga meraih penghargaan ganda sebagai mobil listrik terbaik. Dengan jangkauan baterai yang luas dan waktu pengisian yang cepat, mobil ini membuktikan bahwa masa depan otomotif adalah listrik.

World Urban Car

Dalam kategori ini, Volvo EX30 menjadi pilihan terbaik. Dengan desain kompak dan fitur-fitur modern, mobil ini cocok untuk mobilitas di perkotaan yang padat.

World Car Design of the Year

Terakhir, Toyota Prius dinobatkan sebagai mobil dengan desain terbaik. Desainnya yang unik dan futuristik berhasil mencuri perhatian para juri. Prius membuktikan bahwa desain yang menarik bisa sejalan dengan teknologi ramah lingkungan.

Kriteria Yang Digunakan Para Juri Dalam Memilih Pemenang

World Car Awards memiliki kriteria penilaian yang ketat untuk menentukan mobil-mobil terbaik di dunia. Berikut adalah beberapa kriteria yang digunakan oleh para juri dalam memilih pemenang:

  1. Volume Produksi: Mobil yang dinominasikan harus diproduksi dalam jumlah minimal tertentu setiap tahun. Misalnya, untuk kategori World Car of the Year, mobil harus diproduksi dalam volume setidaknya 10.000 unit per tahun.
  2. Harga: Mobil harus memiliki harga di bawah level mobil mewah di pasar utama mereka. Ini memastikan bahwa mobil yang dinilai mencakup berbagai segmen pasar.
  3. Ketersediaan di Pasar: Mobil harus “dijual” di setidaknya dua pasar utama (seperti China, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin, dan Amerika Serikat) di setidaknya dua benua terpisah selama periode 1 Januari 2022 hingga 30 Maret 2023.
  4. Kategori Khusus: Selain kategori utama, ada juga penghargaan untuk mobil listrik, mobil mewah, mobil performa, dan lainnya. Setiap kategori memiliki kriteria khusus yang harus dipenuhi.
  5. Performa, Keamanan, Nilai, dan Inovasi: Para juri menilai mobil berdasarkan performa, keamanan, nilai, inovasi, dan signifikansi di pasar.
  6. Desain: Kategori World Car Design of the Year menilai desain mobil secara khusus. Mobil yang dinominasikan di kategori lain juga otomatis masuk dalam kategori ini.

Juri World Car Awards terdiri dari 93 jurnalis otomotif dari 28 negara yang memastikan penilaian dilakukan dengan obyektivitas, kredibilitas, dan integritas tinggi.

Dengan penghargaan-penghargaan ini, industri otomotif semakin bersemangat untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi para penggemar mobil di seluruh dunia. Selamat kepada para pemenang World Car Awards 2024!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments