Keuntungan Alat Penjernih Air dan Cara Memilih yang Tepat

Air bersih adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Air bersih tidak hanya berguna untuk minum, memasak, dan mandi, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan tubuh. Air yang tercemar oleh kotoran, bakteri, virus, logam berat, atau zat kimia berbahaya dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare, tifus, hepatitis, kanker, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan air bersih yang aman dan sehat, kita perlu menggunakan alat penjernih air. Alat penjernih air adalah alat yang berfungsi untuk menyaring, menghilangkan, atau mengurangi kandungan zat-zat yang tidak diinginkan dalam air. Ada berbagai jenis alat penjernih air yang tersedia di pasaran, dengan teknologi dan cara kerja yang berbeda-beda.

Jenis Alat Penjernih Air Beserta Manfaat

Berikut ini adalah lima jenis alat penjernih air yang umum digunakan, beserta manfaatnya untuk kesehatan:

Alat Penjernih Air RO (Reverse Osmosis)

Alat penjernih air RO adalah alat yang menggunakan membran semipermeabel untuk memisahkan air dengan zat-zat terlarut di dalamnya. Alat ini sangat efektif untuk menjernihkan air yang keras, asin, atau mengandung banyak logam berat dan zat kimia berbahaya, seperti arsenik, fluorida, timah, klorin, nitrat, dan sulfat. Alat ini juga dapat membasmi bakteri, virus, dan kuman yang ada dalam air.

Manfaat alat penjernih air RO untuk kesehatan adalah:

  • Meningkatkan kualitas rasa dan aroma air, sehingga lebih enak untuk diminum.
  • Mencegah penyakit yang disebabkan oleh logam berat dan zat kimia berbahaya, seperti kanker, keracunan, gangguan saraf, dan lain-lain.
  • Mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan kuman, seperti diare, tifus, hepatitis, dan lain-lain.

Alat Penjernih Air UV (Ultraviolet)

Alat penjernih air UV adalah alat yang menggunakan sinar ultraviolet untuk membunuh bakteri, virus, dan kista yang dapat menimbulkan penyakit. Alat ini adalah alat yang ramah lingkungan, karena tidak menggunakan bahan kimia apapun dalam proses penjernihannya. Alat ini cocok digunakan untuk air yang memiliki kadar TDS (Total Dissolved Solids) rendah, seperti air danau atau sungai.

Manfaat alat penjernih air UV untuk kesehatan adalah:

  • Mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan kista, seperti diare, tifus, hepatitis, dan lain-lain.
  • Menjaga kandungan mineral dan zat esensial dalam air, karena tidak mengubah komposisi kimia air.
  • Menghemat biaya dan energi, karena tidak membutuhkan listrik dan bahan kimia.

Alat Penjernih Air UF (Ultra Filtration)

Alat penjernih air UF adalah alat yang menggunakan serat fiber berongga yang berfungsi sebagai filter untuk menyaring kotoran dari dalam air. Alat ini dapat menghilangkan partikel-partikel besar, seperti lumpur, pasir, debu, dan kotoran organik. Alat ini juga dapat menghilangkan bakteri, virus, dan kuman yang ada dalam air.

Manfaat alat penjernih air UF untuk kesehatan adalah:

  • Meningkatkan kualitas kejernihan dan kesegaran air, sehingga lebih nyaman untuk digunakan.
  • Mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan kuman, seperti diare, tifus, hepatitis, dan lain-lain.
  • Mudah untuk dirawat dan dibersihkan, karena tidak mudah tersumbat oleh kotoran.

Alat Penjernih Air Karbon Aktif

Alat penjernih air karbon aktif adalah alat yang menggunakan karbon aktif sebagai media untuk menyerap zat-zat yang tidak diinginkan dalam air. Alat ini dapat menghilangkan bau, rasa, warna, klorin, pestisida, dan zat organik lainnya yang ada dalam air. Alat ini juga dapat mengurangi kadar logam berat dan zat kimia berbahaya dalam air.

Manfaat alat penjernih air karbon aktif untuk kesehatan adalah:

  • Meningkatkan kualitas rasa dan aroma air, sehingga lebih enak untuk diminum.
  • Mencegah penyakit yang disebabkan oleh klorin, pestisida, dan zat organik lainnya, seperti kanker, alergi, iritasi, dan lain-lain.
  • Mencegah kerusakan pada peralatan rumah tangga yang menggunakan air, seperti mesin cuci, dispenser, dan lain-lain.

Alat Penjernih Air Ionisasi

Alat penjernih air ionisasi adalah alat yang menggunakan listrik untuk mengubah struktur molekul air menjadi air alkali dan air asam. Air alkali adalah air yang memiliki pH tinggi, sedangkan air asam adalah air yang memiliki pH rendah. Air alkali dapat digunakan untuk minum, sedangkan air asam dapat digunakan untuk kebersihan dan kecantikan.

Manfaat alat penjernih air ionisasi untuk kesehatan adalah:

  • Meningkatkan keseimbangan pH tubuh, sehingga lebih sehat dan bugar.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga lebih kebal terhadap penyakit.
  • Meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan gigi, karena memiliki sifat antioksidan dan antibakteri.

Keuntungan Menggunakan Alat Penjernih Air

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan alat penjernih air:

Air Lebih Aman untuk Minum

Alat penjernih air menghilangkan bakteri penyebab penyakit dan mikroorganisme lainnya. Teknologi seperti Reverse Osmosis (RO) dan Ultrafiltrasi (UF) membantu memastikan air yang diminum bebas dari kontaminan.

Menghilangkan Zat Padat Terlarut

Air yang mengandung zat padat terlarut tidak layak diminum. Alat penjernih air dapat menghilangkan zat-zat ini sehingga Kamu mendapatkan air yang lebih murni.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Air bersih membantu menjaga kesehatan kulit. Dengan menggunakan alat penjernih air, Kamu dapat mengurangi risiko iritasi kulit akibat klorin atau bahan kimia lainnya.

Mengurangi Penggunaan Botol Air Mineral

Dengan memiliki alat penjernih air di rumah, Kamu tidak perlu lagi membeli botol air mineral. Ini membantu mengurangi limbah plastik dan biaya.

Mengurangi Risiko Penyakit

Air yang terkontaminasi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, disentri, tifus, kolera, dan polio. Menggunakan alat penjernih air membantu melindungi kesehatanmu.

Hemat Biaya Jangka Panjang

Meskipun biaya awal membeli alat penjernih air mungkin lebih tinggi, namun dalam jangka panjang, Kamu akan menghemat biaya karena tidak perlu membeli air mineral botolan.

Ramah Lingkungan

Dengan menggunakan alat penjernih air, Kamu mengurangi konsumsi botol plastik sekali pakai yang merusak lingkungan.

Tips dan Cara Memilih Alat Penjernih Air

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara memilih alat penjernih air yang tepat dan cocok sesuai dengan kebutuhanmu:

Cek debit air dan sesuaikan dengan kebutuhan

Kamu harus mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan setiap hari, dan berapa besar kapasitas alat penjernih air yang Kamu pilih. Jangan sampai alat penjernih air tidak mampu memenuhi kebutuhan, atau malah terlalu berlebihan.

Pilih berdasarkan media penyaringan yang digunakan

Ada berbagai jenis media penyaringan yang digunakan oleh alat penjernih air, seperti filter mekanik, filter karbon aktif, filter osmosis balik, filter ultraviolet, filter ionisasi, dan lain-lain. Setiap media penyaringan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, serta kemampuan untuk menyaring zat-zat tertentu dalam air. Kamu harus memilih media penyaringan yang sesuai dengan masalah air yang Kamu hadapi, seperti kotoran, bakteri, virus, logam berat, zat kimia, dan lain-lain.

Perhatikan cara pemasangannya

Kamu harus memilih alat penjernih air yang mudah dipasang dan dirawat. Kamu juga harus memperhatikan lokasi pemasangan alat penjernih air, apakah di dalam atau di luar rumah, di dapur atau di kamar mandi, di atas atau di bawah wastafel, dan lain-lain. Pastikan alat penjernih air terpasang dengan baik dan aman, serta tidak mengganggu aktivitasmu.

Pertimbangkan memilih produk yang dijual dalam satu paket

Beberapa alat penjernih air dijual dalam satu paket yang sudah lengkap dengan semua komponen dan aksesoris yang dibutuhkan, seperti filter, selang, keran, dan lain-lain. Hal ini akan memudahkan Kamu dalam proses pemasangan dan perawatan alat penjernih air. Kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau daripada membeli komponen dan aksesoris secara terpisah.

Ingatlah untuk memilih alat penjernih air yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitasnya. Semoga artikel ini membantu Kamu memahami manfaat dari penggunaan alat penjernih air.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments