Ketika Kuda Nil ‘Terbang’, Penemuan Baru Mengungkap Kemampuan Luar Biasa Mamalia Besar

Ada sebuah penelitian baru yang menarik perhatian banyak orang. Penelitian ini menemukan bahwa hipopotamus, hewan besar yang biasanya kita lihat santai berendam di sungai, ternyata memiliki kemampuan yang mengejutkan. Mereka bisa ‘terbang’! Tentu saja, ini bukan terbang seperti burung, tapi lebih kepada gerakan cepat mereka di dalam air yang membuat mereka seolah-olah melayang di atas permukaan.

Artikel ini akan membahas temuan menarik tersebut dan mengupas tuntas bagaimana hipopotamus, yang dikenal dengan tubuh besarnya, bisa melakukan gerakan luar biasa ini. Kita akan melihat lebih dekat studi yang dilakukan oleh para peneliti, bagaimana mereka melakukan pengamatan, dan apa implikasi dari temuan ini bagi pemahaman kita tentang hewan besar ini.

Apa Itu Hewan Hipopotamus

Pertama-tama, mari kita kenali lebih dekat siapa hipopotamus ini. Hipopotamus, atau sering disebut kuda nil, adalah hewan herbivora besar yang tinggal di sub-Sahara Afrika. Mereka memiliki tubuh yang besar dan berat, dengan kepala yang besar dan mulut yang lebar. Hipopotamus menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam air untuk menjaga suhu tubuhnya tetap dingin di bawah terik matahari Afrika.

Hipopotamus Bisa Terbang

Hipopotamus, hewan darat terbesar yang sering kali memiliki berat lebih dari 2.000 kilogram, mungkin tidak terlihat seperti makhluk yang bisa terbang. Penelitian yang dilakukan oleh Royal Veterinary College (RVC) di Inggris ini membawa kita pada pemahaman baru tentang kemampuan lokomosi hewan darat berukuran besar. Dalam studi yang diterbitkan di jurnal PeerJ, para peneliti menemukan bahwa saat berlari cepat, kuda nil dapat melakukan trotting sebuah cara berjalan di mana mereka mengangkat keempat kaki dari tanah secara bersamaan hingga 0,3 detik dalam satu waktu. Ini adalah sebuah fenomena yang jarang sekali ditemukan pada hewan darat berukuran besar lainnya.

Hasil Studi Penelitian

Studi ini mengambil data dari video yang direkam oleh The Guardian di Flamingo Land Resort, North Yorkshire, di mana dua ekor kuda nil diamati pergerakannya di padang mereka selama siang hari. Selain itu, peneliti juga mengumpulkan rekaman video dari internet untuk mendapatkan rentang perilaku dan gerakan yang lebih luas dari kuda nil yang ada di alam liar.

Peneliti John Hutchinson, Profesor biomekanika evolusi dan penulis utama studi ini, mengatakan, “Kerja dengan hipopotamus memang sulit karena mereka cenderung berada di air dan jarang dilatih untuk dipelajari di kebun binatang. Mereka juga sangat berbahaya. Itulah sebabnya ilmu pengetahuan tahu sedikit tentang bagaimana hipopotamus bergerak sebelum penelitian kami. Kami senang dapat memberikan studi pertama yang secara khusus mengungkap bagaimana hipopotamus berjalan dan berlari. Melihat bagaimana hipopotamus terangkat saat bergerak cepat benar-benar mengesankan”

Penelitian Menarik Dari Segi Ilmiah dan Implikasi Praktis

Hasil penelitian ini tidak hanya menarik dari segi ilmiah, tetapi juga memiliki implikasi praktis, terutama bagi kebun binatang dan lembaga konservasi. Pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana kuda nil bergerak dapat membantu dalam merancang habitat yang lebih baik dan meningkatkan kualitas perawatan yang diberikan kepada mereka. Selain itu, penemuan ini juga memberikan wawasan baru tentang bagaimana ukuran tubuh hewan berpengaruh terhadap cara mereka bergerak di darat.

Apakah Berarti Semua Hewan Darat Besar Memiliki Kemampuan Serupa

Tidak, tidak semua hewan darat besar memiliki kemampuan serupa. Penelitian ini menyoroti keunikan hipopotamus dalam bergerak. Hewan-hewan besar lainnya, seperti gajah, badak, atau kuda nil, memiliki cara bergerak yang berbeda. Setiap spesies memiliki adaptasi unik untuk lingkungannya, termasuk dalam hal gerakan.

Penemuan ini akan meningkatkan pemahaman tentang bagaimana ukuran hewan darat besar memengaruhi gerakan mereka di daratan. Sebelumnya, penelitian mengindikasikan bahwa hipopotamus sering menggunakan gaya berjalan dengan empat kaki (quadrupedal), dengan urutan kaki kiri belakang, kiri depan, kanan belakang, dan kanan depan, mirip dengan gajah. Kini, penelitian ini mengungkap bahwa hipopotamus bisa terangkat dari tanah ketika bergerak cepat, seperti halnya mamalia lain seperti kuda, meskipun jarang terjadi pada hewan besar.

Kesimpulan

Hipopotamus mungkin terlihat seperti hewan yang tenang dan lamban, tapi jangan salah, mereka memiliki kemampuan yang luar biasa. Penelitian ini membuktikan bahwa masih banyak hal yang bisa kita pelajari dari alam dan makhluk yang hidup di dalamnya. Siapa tahu, mungkin suatu hari nanti kita akan melihat hipopotamus ‘terbang’ di sungai-sungai Afrika dengan mata kepala sendiri.

Itulah sekilas tentang penelitian baru yang menemukan bahwa hipopotamus bisa ‘terbang’ saat bergerak cepat. Semoga artikel ini memberikan Kamu informasi yang menarik dan pengetahuan baru tentang dunia alam. Terima kasih telah membaca, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments