Kenapa RGB Merupakan Warna Cahaya?

Halo, teman-teman! Kali ini saya mau berbagi tentang warna cahaya. Apa sih warna cahaya itu? Dan kenapa RGB merupakan warna cahaya? Yuk, kita simak penjelasannya!

Warna cahaya adalah warna yang dihasilkan oleh sumber cahaya, seperti matahari, bintang, api, atau lampu. Warna cahaya berbeda dengan warna pigmen, yang dihasilkan oleh benda yang menyerap dan memantulkan cahaya. Warna pigmen biasanya menggunakan model warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black), sedangkan warna cahaya menggunakan model warna RGB (Red, Green, Blue).

RGB adalah singkatan dari Red (Merah), Green (Hijau), dan Blue (Biru). Ketiga warna ini disebut sebagai warna primer aditif, yaitu warna yang dapat dicampur untuk menghasilkan warna lain.

Misalnya, jika kita mencampur merah dan hijau, kita akan mendapatkan kuning. Jika kita mencampur merah dan biru, kita akan mendapatkan magenta. Jika kita mencampur hijau dan biru, kita akan mendapatkan cyan. Dan jika kita mencampur ketiganya dengan intensitas yang sama, kita akan mendapatkan putih.

RGB merupakan warna cahaya karena ketiganya adalah spektrum cahaya yang berbeda.

Cahaya sendiri memiliki spektrum yang berbeda-beda, seperti pelangi yang terbentuk ketika cahaya putih dipantulkan oleh prisma. Dengan menggunakan prisma, kita bisa melihat bahwa cahaya putih sebenarnya terdiri dari berbagai spektrum cahaya yang memiliki panjang gelombang dan frekuensi yang berbeda. Merah adalah spektrum cahaya dengan panjang gelombang terpanjang dan frekuensi terendah. Biru adalah spektrum cahaya dengan panjang gelombang terpendek dan frekuensi tertinggi. Hijau adalah spektrum cahaya di antara keduanya.

Dengan menggunakan RGB, kita bisa membuat berbagai warna cahaya dengan cara menambahkan atau mengurangi intensitas dari masing-masing warna primer. Intensitas dari warna primer biasanya diukur dengan skala 0-255, di mana 0 berarti tidak ada cahaya dan 255 berarti cahaya penuh. Misalnya, jika kita ingin membuat warna merah tua, kita bisa menggunakan kode RGB (128,0,0), yang berarti intensitas merah adalah 128, hijau adalah 0, dan biru adalah 0. Jika kita ingin membuat warna abu-abu, kita bisa menggunakan kode RGB (128,128,128), yang berarti intensitas ketiga warna primer adalah sama.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang warna cahaya dan RGB. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments