Ini Dia Cara Mengembalikan Video TikTok yang Terhapus

Pernahkah kamu secara tidak sengaja menghapus salah satu video di TikTok dan kamu ingin mengembalikan video tersebut? Berikut adalah semua hal yang perlu kamu ketahui tentang bagaimana cara untuk mengembalikan video yang telah dihapus.

TikTok merupakan salah satu sosial media paling populer di dunia saat ini, dan jutaan orang membanjiri platform ini setiap harinya untuk mengeksplorasi sejumlah konten tak terbatas di aplikasi tersebut dan mengunggah video mereka sendiri.

Tentu saja kamu bisa menghapus video yang pernah kamu upload kapanpun kamu mau, tetapi apa yang terjadi jika kamu menghapus video dan ternyata menyesal? apakah ada cara untuk mengembalikan video tersebut? Berikut adalah segala hal yang perlu diketahui.

Apa itu aplikasi TikTok?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengembalikan video tiktok yang sudah terhapus, kita harus mengetahui dulu apa itu TikTok? TikTok merupakan sebuah aplikasi fenomena media sosial yang sangat terkenal hingga saat ini. Dirilis secara publik pada 2016 di Tiongkok dengan nama Douyin, kemudian melakukan ekspansi secara internasionalnya menjadi nama TikTok pada 2018, platform ini menjelma menjadi pusat video pendek kreatif online.

Kamu sebagai pengguna bisa membuat video pendek dengan durasi 15 detik dengan beragam alat kreatif seperti musik, filter, dan efek visual lainnya. Keunikan dari TikTok sendiri berada pada keanekaragaman konten, mulai dari tarian-tarian yang viral, konten edukasi, kecantikan, otomatif, dan lainnya.

Aplikasi ini juga menghadirkan sebuah fitur For Your Page atau FYP yang memberikan kamu video-video yang sesuai dengan selera dan membuat pengalaman menonton menjadi lebih personal. Bukan sekadar hiburan belaka, TikTok juga berhasil menciptakan tren baru dan meme internet, memberikan peluang konten kreator untuk berkembang dan menyatukan pengguna dari seluruh dunia dalam platform video pendeknya.

Kenapa video TikTok bisa terhapus?

Sebagai sosial media yang berbasis video pendek, tentu saja konten utama yang disajikan dalam aplikasi ini merupakan berupa video. Terkadang beberapa kendala teknis muncul pada sosial media ini, salah satunya seperti video TikTok yang terhapus.

Apa penyebabnya? terdapat beberapa penyebab terkait hal tersebut, namun dua alasan yang paling umum adalah karena video yang melanggar aturan dari TikTok atau memang pengguna menghapus video tersebut, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Apakah kamu dapat mengembalikan video yang dihapus di TikTok?

Sayangnya, setelah kamu menghapus video di TikTok, tidak ada cara untuk mengembalikannya melalui aplikasi tersebut.

Namun apabila kamu pernah menggunakan pilihan ‘Save to device’ dalam pengaturan video kamu, maka video tersebut mungkin sudah tersimpan di galeri kamera perangkat kamu saat kamu pertama kali ingin mempostingnya. Begini cara untuk memeriksa apakah pengaturan ini sudah diaktifkan:

  1. Buka TikTok.
  2. Tekan tombol tambah untuk membuka kamera, dan buat klip singkat.
  3. Klik centang, lalu ‘Selanjutnya.’
  4. Scroll ke bawah dan ketuk ‘Pilihan lainnya.’
  5. Pastikan opsi ‘Simpan ke perangkat’ sudah diaktifkan.

Cara ini akan membantu kamu ketika kamu sudah menghapus video di TikTok dan ingin mengembalikannya lagi, sehingga kamu tetap memiliki konten yang bisa kamu upload ulang di aplikasi tersebut.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments