Gerakan Block Out 2024, Mengajak Netizen untuk ‘Nge-Block’ Artis yang Bungkam Soal Konflik di Gaza

Di tengah gempuran informasi dan berita yang tak henti-hentinya, terkadang kita menemukan keheningan yang mencolok dari mereka yang biasanya lantang bersuara. Konflik di Gaza telah lama menjadi sorotan dunia, namun masih ada saja figur publik, khususnya artis, yang memilih untuk bungkam.

Dari keheningan ini, muncul gerakan baru di media sosial yang dikenal dengan “Block Out”, sebuah ajakan bagi netizen untuk ‘nge-block’ atau mengabaikan artis yang tidak menggunakan pengaruh mereka untuk berbicara tentang isu penting seperti konflik di Gaza. Bagaimana gerakan ini mempengaruhi popularitas para selebriti dan apa saja dampaknya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Apa Itu Gerakan Block Out 2024

Gerakan Block Out adalah seruan online yang mengajak pengguna media sosial untuk memblokir akun selebritas yang tetap bungkam mengenai krisis kemanusiaan di Gaza. Para netizen merasa frustrasi karena beberapa artis tidak menggunakan pengaruh mereka untuk menarik perhatian terhadap situasi mengerikan di wilayah tersebut.

Gerakan ini muncul sebagai respons terhadap meningkatnya polarisasi dan konflik yang terjadi di media sosial. Banyak netizen merasa jenuh dan terganggu dengan konten-konten yang memprovokasi atau tidak berdasar yang seringkali disebarkan oleh beberapa artis dan publik figur. Sebagai bentuk protes, mereka memilih untuk ‘nge-block’ akun-akun tersebut agar tidak lagi menerima update dari mereka.

Block Out menjadi simbol solidaritas netizen terhadap mereka yang terdampak konflik. Gerakan ini juga menjadi pengingat bahwa di balik glamor dan hiburan, terdapat tanggung jawab sosial yang harus diemban. Dengan mengabaikan artis yang tidak berbicara, netizen berharap dapat mengirimkan pesan bahwa kepedulian terhadap isu kemanusiaan harus diutamakan.

Artis yang Terkena Dampak

Beberapa artis terkena dampak dari gerakan ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Billie Eilish: Penyanyi dan pencipta lagu ini kehilangan 1,1 juta pengikut di Instagram karena dianggap bungkam soal Gaza.
  2. Selena Gomez: Aktris dan penyanyi ini juga kehilangan banyak pengikut di platform media sosial.
  3. Zendaya: Artis lain yang masuk dalam daftar blokir akun karena tidak menyuarakan isu Palestina.
  4. Kim Kardashian dan Kylie Jenner: Keduanya kehilangan ratusan ribu hingga jutaan pengikut baik di Instagram maupun platform lainnya.
  5. Beyonce dan Rihanna: Penyanyi-penyanyi ini juga terdampak gerakan ini.

Video yang Memicu Gerakan

Gerakan ini dipicu oleh video TikTok dari pemengaruh Haley Kalil di Met Gala pada 7 Mei. Dalam video tersebut, Haley melakukan sinkronisasi bibir dengan kalimat “Biarkan mereka makan kue.” Ungkapan ini mirip dengan Revolusi Perancis ketika ketidakpedulian Ratu Marie Antoinette terhadap penderitaan orang miskin menjadi simbolis. Video Kalil mendapat reaksi keras di media sosial, dan netizen menyatakan bahwa sudah waktunya untuk melakukan “guillotine digital” kepada selebritas yang tidak menggunakan sumber daya mereka untuk membantu yang membutuhkan.

Dampak Dari Gerakan Block Out 2024

Dampak dari Gerakan Block Out 2024 terhadap selebritas sangat signifikan. Berikut beberapa efek yang terjadi:

Kehilangan Pengikut

Banyak selebritas mengalami penurunan jumlah pengikut di media sosial setelah gerakan ini dimulai. Beberapa artis, seperti Billie Eilish, Selena Gomez, Zendaya, Kim Kardashian, dan Kylie Jenner, kehilangan ratusan ribu hingga jutaan pengikut di Instagram dan platform lainnya.

Pengaruh Terhadap Reputasi

Gerakan ini memperlihatkan betapa pentingnya tanggung jawab sosial bagi selebritas. Ketika mereka bungkam terhadap isu-isu penting seperti konflik di Gaza, reputasi mereka dapat tercoreng. Netizen menilai selebritas berdasarkan sikap dan tindakan mereka, dan ketidakpedulian dapat berdampak negatif pada citra publik.

Peningkatan Kesadaran

Gerakan Block Out 2024 berhasil meningkatkan kesadaran tentang konflik Israel dan Palestina. Dengan memblokir akun artis yang tidak berbicara tentang situasi di Gaza, netizen berusaha mengubah narasi dan memperjuangkan keadilan. Gerakan ini juga mengajak masyarakat untuk lebih kritis terhadap penggunaan pengaruh oleh selebritas.

Pengaruh pada Industri Hiburan

Beberapa selebritas mungkin merasa tekanan dari penggemar dan rekan seprofesi untuk berbicara tentang isu-isu global. Gerakan ini memperlihatkan bahwa ketika selebritas menggunakan platform mereka untuk menyuarakan isu-isu penting, mereka dapat mempengaruhi perubahan positif dalam masyarakat.

Gerakan Block Out 2024 menunjukkan bagaimana pengguna media sosial dapat berkolaborasi untuk menyuarakan isu-isu penting. Meskipun beberapa artis terkena dampak, gerakan ini juga memperkuat kesadaran akan krisis kemanusiaan di Gaza. Semoga gerakan ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk berbicara dan bertindak demi perdamaian dan keadilan di seluruh dunia. Mari kita bersama-sama memperjuangkan hak asasi manusia dan menghentikan kebisuan terhadap penderitaan orang lain.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments