Fitur AI Baru Spotify Mengubah Permintaan Teks Menjadi Playlist

Spotify, platform musik streaming terkemuka, kembali menghadirkan inovasi terbaru yang akan memanjakan para penggemar musik. Kali ini, mereka memperkenalkan fitur AI Playlist yang memungkinkan pengguna untuk membuat daftar putar lagu hanya dengan menggunakan perintah tertulis kepada kecerdasan buatan (AI). Bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang bisa kita lakukan dengan fitur ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

Bagaimana Fitur AI Playlist Bekerja

Dengan fitur AI Playlist, pengguna tidak perlu lagi repot-repot memilih lagu satu per satu untuk membuat daftar putar yang sesuai dengan suasana hati. Cukup dengan mengetikkan beberapa teks, Spotify akan mengolahnya menjadi daftar putar yang cocok. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan fitur ini:

Fitur AI Baru Spotify Mengubah Permintaan Teks Menjadi Playlist
  1. Buka Aplikasi Spotify: Pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Spotify di perangkatmu.
  2. Buka Perpustakaan Kamu: Di aplikasi Spotify, buka bagian “Perpustakaan” atau “Library” untuk melihat koleksi lagu-lagu yang sudah kamu simpan.
  3. Buat Daftar Putar Baru: Klik tombol + di pojok kanan atas layar untuk membuat daftar putar baru.
  4. Pilih AI Playlist (Beta): Dari opsi yang muncul, pilih AI Playlist (Beta).
  5. Tulis Pesan Teks: Ketikkan apa yang kamu inginkan. Spotify akan memberikan beberapa saran teks yang bisa kamu coba. Misalnya, kamu bisa meminta daftar putar musik yang santai untuk menenangkan diri.
  6. Tunggu Keajaibannya: Setelah mengetik pesan teks, tunggu sejenak. AI Spotify akan melakukan keajaibannya dengan memilih lagu-lagu yang sesuai dengan permintaanmu.
  7. Lihat Lagu-Lagunya: Setelah proses selesai, kamu akan melihat daftar lagu yang telah dipilih oleh AI. Jika kamu puas, aktifkan tombol “Buat” untuk menyimpan daftar putar tersebut.

Apakah Fitur Ini Hanya Untuk Pengguna Premium

Iya, fitur AI Playlist ini hanya tersedia bagi pengguna Spotify Premium di aplikasi Android atau iOS. Jadi, bagi yang belum menjadi pelanggan premium, mungkin saatnya mempertimbangkan untuk meng-upgrade akunmu agar dapat menikmati fitur ini secara penuh.

Masih Tahap Beta dan Belum Tersedia Secara Global

Fitur AI Playlist yang diperkenalkan oleh Spotify pertama kali tersedia bagi pelanggan Premium di Inggris dan Australia. Sayangnya, fitur ini masih dalam tahap beta dan belum tersedia secara global. Spotify menggunakan model bahasa besar (large language model; LLM) untuk mengolah permintaan teks dari pengguna dan menciptakan daftar putar berdasarkan prompt yang berisi kombinasi genre, suasana hati, artis, dan sejenisnya. Namun fitur ini tidak akan menampilkan hasil prompt yang tidak mengandung musik seperti merek tertentu atau sesuatu yang menyinggung.

Kelebihan Fitur AI Playlist Spotify

Fitur AI Playlist yang diperkenalkan oleh Spotify memiliki beberapa kelebihan menarik yang akan memudahkan pengguna dalam menikmati musik favorit. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai kelebihan fitur ini:

  1. Kemudahan dalam Membuat Daftar Putar:
    • Dengan fitur AI Playlist, pengguna tidak perlu lagi memilih lagu satu per satu untuk membuat daftar putar. Cukup dengan mengetikkan beberapa teks, Spotify akan mengolahnya menjadi daftar putar yang sesuai dengan permintaanmu. Ini sangat menghemat waktu dan usaha.
  2. Personalisasi Berdasarkan Preferensi:
    • Fitur ini memperhitungkan preferensi musik pengguna. Meskipun AI memilih dari berbagai genre, dekade, dan artis, preferensimu akan membantu AI membentuk daftar putar yang lebih sesuai dengan selera.
    • Kamu dapat mengetikkan pesan teks yang menggambarkan suasana hati atau jenis musik yang diinginkan, dan AI akan memilih lagu-lagu yang cocok.
  3. Pratinjau Sebelum Menyimpan:
    • Sebelum menyimpan daftar putar, kamu dapat melihat pratinjau semua lagu yang dipilih oleh AI. Jika ada yang ingin kamu ubah, masih ada kesempatan untuk menyempurnakannya.
  4. Mengurangi Kebosanan:
    • Fitur ini membantu mengatasi kebosanan karena kamu dapat dengan mudah menciptakan daftar putar baru berdasarkan suasana hati atau momen tertentu.
  5. Inovasi Teknologi AI:
    • Spotify terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan. Fitur AI Playlist adalah salah satu contoh bagaimana teknologi ini dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Batasan dan Tips Penggunaan

Meskipun fitur ini sangat menarik, ada beberapa batasan yang perlu diperhatikan:

  • Hanya untuk Pelanggan Premium: Fitur AI Playlist hanya tersedia bagi pengguna Spotify Premium di aplikasi Android atau iOS.
  • Tidak Boleh Tentang Merek atau Acara Terkini: Permintaan teks tidak boleh berhubungan dengan merek tertentu, acara terkini, atau deskripsi yang tidak terkait dengan musik.
  • Berikan Preferensi: Meskipun AI Spotify akan memilih lagu dari berbagai genre, dekade, dan artis, preferensi kamu akan membantu AI membentuk daftar putar yang lebih sesuai dengan selera.

Dengan fitur AI Playlist, Spotify semakin memudahkan pengguna dalam menikmati musik favorit. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba fitur ini dan buat daftar putar yang pas dengan suasana hatimu!

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
ZenCortex
ZenCortex
1 month ago

This website is an absolute gem! The content is incredibly well-researched, engaging, and valuable.