Discord Merilis Soundboard, Fitur Asik Untuk Menambah Kelucuan

Discord, aplikasi obrolan dan komunikasi suara populer untuk para gamer, telah merilis fitur baru yang disebut Soundboard. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bereaksi dengan suara saat mereka bergabung dengan server yang mengaktifkan Soundboard. Soundboard diluncurkan perlahan, tetapi diperkirakan akan dimulai dari sekitar 6 April. Hal yang menyenangkan tentang Soundboard ini adalah pengguna dapat mengunggah suara mereka sendiri ke tab Soundboard dan mengedit titik masuk dan keluar suara.

Pengguna juga dapat menyesuaikan nama suara dan mengatur emoji terkait untuk menu Soundboard. Selain itu, pengguna dapat menyesuaikan volume suara, dan jika suaranya terlalu keras, mereka dapat mengecilkannya sedikit.

Batasan Slot Discord Soundboard

Server tanpa booost dapat memiliki 12 slot Soundboard, sedangkan server dengan Tier 1 dapat memiliki 24 slot, Tier 2 dapat memiliki 35 slot, dan Tier 3 dapat memiliki 48 slot Soundboard.

Bagaimana cara menggunakan Soundboard

  1. Masuk ke voice channel.
  2. Saat di dalam voice channel, klik tombol soundboard.
  3. Setelah itu akan muncul UI Soundboardnya, disitu bisa menambahkan suara sesukamu.
  4. Klik suara yang di inginkan untuk mengeluarkan suara dari Soundboard tersebut.
Step 2.
Step 3.

Cara menambahkan suara Soundboard ke Server

Cara menambahkan suara Soundboard ke Server

Untuk menambahkan suara Soundboard ke server, Admin bisa pergi ke Server Settings lalu klik Soundboard. Batasan file yang bisa di upload:

  1. File harus bertipe atau berekstensi MP3.
  2. Maksimal ukuran file adalah 512KB.
  3. Panjang file maksimal 5 detik.

Ada juga memberikan batasan kepada member biasa agar tidak bisa menambahkan suara sesuka mereka, hal ini bisa dilakukan dengan cara:

  1. Buka Server Settings > Roles.
  2. Pilih role yang diinginkan untuk dibatasi.
  3. Di tab Permission, cari Manage Expressions.
  4. Aktifkan untuk memperbolehkan mengupload/menambah suara, matikan untuk melarang/membatasi role tersebut untuk menambahkan suara.

Kenapa di server saya tidak ada Soundboard?

Soundboard baru dirilis sehingga tidak semua server memilikinya, saat ini fitur tersebut perlahan mulai tersedia di berbagai server. Server yang memiliki member dibawah 50 orang dikatakan oleh beberapa sumber telah memiliki fitur ini.

Untuk server yang lebih besar harap bersabar ya, mungkin beberapa hari/minggu kedepan semua server telah memilikinya!

Bagaimana cara mematikan suara Soundboard?

Pengguna yang tidak ingin menggunakan fitur soundboard dapat mengatur volume soundboard ke nol di pengaturan Discord mereka. Fitur ini menjadi lebih baik bagi pengguna Discord Nitro karena mereka dapat memutar suara dari server yang berbeda. Namun, fitur ini dapat dinonaktifkan dengan masuk ke pengaturan server dan menonaktifkan efek suara untuk semua orang atau suara eksternal.

Discord telah memberi pengguna kendali penuh atas fitur ini, sehingga kita dapat mencegah troll menggunakannya. Panduan server adalah fitur baru lainnya yang menunjukkan kepada pengguna apa yang terjadi dengan server. Fitur ini menyoroti beberapa informasi penting dan dapat diakses dengan masuk ke server home, akan saya bahas nanti (jika sempat).

Kesimpulannya, fitur Soundboard baru dari Discord adalah tambahan yang bagus untuk pengguna yang suka menambahkan suara lucu dan konyol ke server mereka. Pengguna dapat menyesuaikan dan mengontrol pengaturan Soundboard, dan Discord telah memberi pengguna kendali atas fitur tersebut untuk mencegah troll menggunakannya. Panduan server juga merupakan fitur baru yang berguna yang membantu pengguna memahami apa yang terjadi di server. Secara keseluruhan, Discord terus berinovasi dan menyediakan fitur-fitur baru yang membuat aplikasi ini semakin menyenangkan bagi pengguna.

Semoga Membantu!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments