Cara Dapat Uang dari Subscene: Panduan Lengkap untuk Kontributor Subtitle

Halo sobat Diringkas! Apakah Anda suka menonton film atau serial TV dengan subtitle bahasa Indonesia? Apakah Anda pernah berpikir untuk membuat subtitle sendiri dan berbagi dengan orang lain? Jika ya, maka artikel ini cocok untuk Anda. Karena di sini saya akan menjelaskan cara dapat uang dari subscene, sebuah situs yang menyediakan subtitle film dan serial TV dalam berbagai bahasa.

Apa itu Subscene?

Subscene adalah sebuah situs web yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh dan mengunggah subtitle film dan serial TV secara gratis. Subscene memiliki lebih dari 2 juta subtitle dalam lebih dari 50 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Subscene juga memiliki komunitas yang aktif dan ramah, di mana Anda bisa berdiskusi, memberi rating, dan memberi feedback tentang subtitle yang ada.

Bagaimana Cara Menjadi Kontributor Subtitle di Subscene?

Untuk menjadi kontributor subtitle di subscene, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Anda bisa mendaftar di https://subscene.com/register. Setelah itu, Anda bisa mulai membuat subtitle sendiri atau mengedit subtitle yang sudah ada. Anda bisa menggunakan software seperti Aegisub, Subtitle Edit, atau Subtitle Workshop untuk membuat atau mengedit subtitle. Anda juga bisa menggunakan situs web seperti Google Translate atau DeepL untuk menerjemahkan subtitle dari bahasa asing ke bahasa Indonesia.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membuat subtitle:

  • Pastikan subtitle Anda sinkron dengan audio dan video. Anda bisa mengatur timing dan durasi subtitle agar sesuai dengan dialog dan adegan.
  • Pastikan subtitle Anda akurat dan jelas. Anda bisa mengecek ejaan, tanda baca, dan grammar subtitle Anda. Anda juga bisa menyesuaikan gaya bahasa dan istilah yang digunakan sesuai dengan genre dan konteks film atau serial TV.
  • Pastikan subtitle Anda tidak melanggar hak cipta atau aturan subscene. Anda tidak boleh mengambil subtitle dari sumber lain tanpa izin atau tanpa menyebutkan kreditnya. Anda juga tidak boleh menambahkan iklan, promosi, atau link ke situs lain di dalam subtitle Anda.

Setelah subtitle Anda selesai, Anda bisa mengunggahnya ke subscene dengan cara:

  • Masuk ke akun Anda di https://subscene.com/login
  • Pilih film atau serial TV yang ingin Anda tambahkan subtitlenya di https://subscene.com/browse
  • Klik tombol “Upload a new subtitle” di bagian bawah halaman
  • Isi informasi tentang subtitle Anda, seperti judul, bahasa, versi rilis, komentar, dll.
  • Pilih file subtitle Anda yang berformat .srt, .ass, atau .ssa
  • Klik tombol “Upload” dan tunggu hingga proses selesai

Selamat! Anda sudah berhasil menjadi kontributor subtitle di subscene!

Bagaimana Cara Dapat Uang dari Subscene?

Nah, ini dia pertanyaan utama yang mungkin banyak ditanyakan oleh sobat Diringkas. Bagaimana cara dapat uang dari subscene? Apakah ada bayaran untuk setiap subtitle yang kita buat? Jawabannya adalah tidak. Subscene tidak membayar kontributor subtitle secara langsung. Namun, bukan berarti tidak ada cara untuk mendapatkan penghasilan dari subscene. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

  • Membuat blog atau website sendiri yang berisi tentang film atau serial TV yang Anda sukai. Anda bisa menulis review, sinopsis, trivia, atau hal-hal menarik lainnya tentang film atau serial TV tersebut. Kemudian, Anda bisa menambahkan link ke subtitle yang Anda buat di subscene di dalam artikel Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan traffic dan pengunjung ke blog atau website Anda. Selanjutnya, Anda bisa memonetisasi blog atau website Anda dengan cara mendaftar ke program iklan seperti Google Adsense, Media.net, atau lainnya. Anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan subtitle, terjemahan, atau penulisan artikel kepada pengunjung yang tertarik.
  • Membuat channel YouTube yang berisi tentang film atau serial TV yang Anda sukai. Anda bisa membuat video yang berisi review, reaksi, analisis, atau hal-hal menarik lainnya tentang film atau serial TV tersebut. Kemudian, Anda bisa menambahkan link ke subtitle yang Anda buat di subscene di dalam deskripsi atau komentar video Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan subscriber dan penonton ke channel YouTube Anda. Selanjutnya, Anda bisa memonetisasi channel YouTube Anda dengan cara mendaftar ke program iklan YouTube Partner Program, atau dengan cara mendapatkan sponsor, donasi, atau merchandise dari penonton yang tertarik.
  • Membuat akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau TikTok yang berisi tentang film atau serial TV yang Anda sukai. Anda bisa membuat postingan yang berisi foto, video, meme, quote, atau hal-hal menarik lainnya tentang film atau serial TV tersebut. Kemudian, Anda bisa menambahkan link ke subtitle yang Anda buat di subscene di dalam caption atau bio akun Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan follower dan interaksi ke akun media sosial Anda. Selanjutnya, Anda bisa memonetisasi akun media sosial Anda dengan cara mendaftar ke program iklan seperti Facebook Audience Network, Instagram Shopping, Twitter Amplify, atau lainnya. Anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan subtitle, terjemahan, atau endorsement kepada follower yang tertarik.

Kesimpulan dan Penutup

Demikianlah cara dapat uang dari subscene yang bisa saya bagikan kepada sobat Diringkas. Subscene adalah sebuah situs web yang menyediakan subtitle film dan serial TV secara gratis. Untuk menjadi kontributor subtitle di subscene, Anda harus memiliki akun dan mengunggah subtitle yang Anda buat sendiri atau mengedit subtitle yang sudah ada. Untuk mendapatkan penghasilan dari subscene, Anda bisa membuat blog, website, channel YouTube, atau akun media sosial yang berisi tentang film atau serial TV yang Anda sukai dan menambahkan link ke subtitle yang Anda buat di subscene di dalamnya. Kemudian, Anda bisa memonetisasi platform tersebut dengan cara mendaftar ke program iklan atau menawarkan jasa kepada pengunjung.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi sobat Diringkas yang ingin mencari uang dari hobi menonton film atau serial TV. Jika ada pertanyaan, saran, atau kritik perihal artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 😊

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments