Apakah Kamu Tahu Cara Balik Nama Mobil?

Halo Sobat Diringkas! Jadi, kali ini kita mau ngomongin tentang sesuatu yang penting banget buat para pemilik mobil, yaitu proses balik nama mobil. Mungkin sebagian dari kalian udah pernah mengalaminya, tapi buat kalian yang belum, jangan khawatir! Artikel ini bakal kasih kalian panduan lengkap tentang cara balik nama mobil yang perlu kalian tahu. Yuk, simak informasinya sampai habis!

Jadi begini, balik nama mobil itu tujuannya adalah supaya kepemilikan mobil kalian jadi sah dan sesuai dengan hukum. Bayangin deh, kalian udah punya mobil sendiri tapi masih ada nama orang lain di dokumennya, pasti kurang mantap kan? Nah, biar semuanya jadi legal dan kalian bisa dengan bangga bilang “Ini mobil saya!”, balik nama mobil itu wajib dilakukan.

Simak Panduan Lengkapnya!

Apakah Kamu Tahu Cara Balik Nama Mobil 2

Oke, sekarang kita masuk ke pokok bahasannya. Pertama-tama, kalian perlu kumpulin beberapa dokumen penting. Nah, dokumen-dokumen ini biasanya yang kalian butuhin:

  1. STNK asli dari pemilik sebelumnya.
  2. BPKB asli dari pemilik sebelumnya.
  3. Surat Keputusan Penunjukan Tempat Pembuatan Samsat (SKTP) asli.
  4. Fotokopi KTP kalian dan juga pemilik sebelumnya.
  5. Kalau ada, jangan lupa surat kuasa kalau ada pihak lain yang akan mewakili dalam proses balik nama.

Setelah kalian kumpulin semua dokumen ini, kita lanjut ke langkah berikutnya. Nah, langkah selanjutnya adalah datang ke Samsat terdekat.

Di Samsat, kalian bakal diminta isi formulir permohonan balik nama mobil dan juga lampirkan semua dokumen yang udah kalian kumpulin tadi. Pastikan semua dokumen lengkap dan sesuai persyaratan ya!

Setelah selesai mengisi formulir dan melampirkan dokumen-dokumen, kalian akan dapet nomor antrian.

Apakah Kamu Tahu Cara Balik Nama Mobil 3

Nah, sambil nunggu giliran kalian, pastikan buat bayar biaya administrasi yang ditentuin sama Samsat. Bisa dicek dulu biayanya sebelumnya biar enggak kaget ya!

Rincian Biaya Untuk Mengurus Pembalikan Nama

Apakah Kamu Tahu Cara Balik Nama Mobil 4

Berikut adalah perkiraan biaya untuk beberapa proses terkait balik nama mobil:

  1. Penggantian BPKB baru diperkirakan sekitar Rp375.000.
  2. Pengurusan dokumen mutasi diperkirakan sekitar Rp250.000.
  3. Penerbitan TNKB baru diperkirakan sekitar Rp100.000.
  4. Pembuatan STNK baru diperkirakan sekitar Rp200.000.
  5. Proses balik nama kendaraan bermotor diperkirakan sekitar 1 persen dari harga beli mobil.
  6. Biaya untuk melakukan balik nama mobil diperkirakan sekitar Rp100.000.

Harap dicatat bahwa biaya-biaya ini hanya perkiraan dan bisa berbeda tergantung pada wilayah atau kebijakan yang berlaku di tempat kalian melakukan proses balik nama.

Setelah pembayaran selesai, jangan lupa simpan baik-baik bukti pembayaran kalian.

Nah, sekarang untuk prosesnya bakal dilakukan sama petugas Samsat. Nantinya kalian bakal dapet STNK dan BPKB baru yang atas nama kamu sebagai pemilik mobil. Yeay!

Eits, ingat ya, jangan lupa simpan STNK dan BPKB baru ini dengan baik. Jangan sampai hilang, karena itu adalah bukti kepemilikan mobil kalian. Jadi, selalu bawa STNK dan BPKB ini kalau kalian mau nyetir mobil. Safety first, kan?

Sekarang, apakah kalian sudah tahu? Proses ini memang membutuhkan waktu dan perhatian ekstra, tetapi sangat penting untuk memastikan kepemilikan mobilmu sah dan sesuai dengan hukum. Jangan ragu untuk mengikuti panduan ini dan jika ada kebingungan, selalu ada petugas di Samsat yang siap membantu. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam proses balik nama mobilmu!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments